10 Tips Berguna untuk Keseharianmu

361 42 3
                                    

1. Kamu sedang berbicara dengan seseorang dan kamu merasa tidak nyaman.

Lihatlah ke tengah dahinya dibanding melihat ke arah matanya, hal ini akan membuatmu lebih nyaman dibanding melihat langsung ke arah matanya yang mungkin akan membuat kamu menjadi gugup.

2. Seseorang sedang mencoba menghindar untuk menjawab pertanyaan yang kamu sampaikan pada saat mengobrol denganmu.

Coba buat percakapannya stop di tengah-tengah sambil terus menjaga kontak mata.Hal ini akan membuatmu seperti menunggu jawabannya dan ia merasa kamu sedang menunggunya.Perlahan ia akan membuka jawabannya sedikit demi sedikit.

3. Kamu baru bergabung pada suatu organisasi, komunitas, atau kelompok baru.

Mungkin kamu kebingungan harus ngapain di awal bergabung dan itu membuatmu sedikit terlihat awkward.Cobalah memulai percakapan dengan seseorang di kelompok tersebut, bisa kamu duluan yang memulai percakapan, atau seseorang telah menyapamu duluan untuk menyambutmu atau juga sekedar mencari teman baru.Mintalah kepadanya untuk menjelaskan sesuatu, apapun itu kepadamu, seperti bagaimana sejarah kelompok ini, atau kegiatan apa yang pernah dan sedang dilakukan kelompok tersebut, atau tentang orang-orangnya.Hal ini akan membuatmu lebih bisa menyesuaikan dengan kondisi baru plus kamu mengetahui informasi-informasi baru.

4. Kamu bertanya/meminta kepada seseorang dan kamu mengharapkan jawaban iya darinya.

Cobalah untuk sedikit mengangguk ketika kamu menyampaikan pertanyaan atau permintaanmu.

5. Kamu ingin meminta seseorang melakukan sesuatu dan kamu ingin ia melakukan yang kamu minta.

Cobalah mengatakan dahulu bahwa mereka tidak bisa melakukan hal tersebut.Sebagian besar orang akan mencoba lebih keras untuk membuktikan seseorang itu salah ketika meragukan kemampuan dan kapabilitasnya.

6. Kamu ingin seseorang lebih fokus pada kata-kata yang kamu sampaikan ketika mengobrol.

Seperti nomor 4, coba untuk perlahan dan sesekali mengangguk ketika menyampaikan sesuatu.

7. Seseorang sedang memulai perdebatan denganmu.

Yang pertama sampaikanlah sesuatu yang baik kepada mereka.Yang kedua, tetap tenang dan diam.Tidak ada hal yang lebih menyebalkan dibandingkan merasa diabaikan.Dengan tetap menjagamu dan emosimu tetap tenang, cobalah untuk melihat dari sudut pandang mereka jika kamu ingin menghindari sebuah perdebatan.

8. Kamu sedang memimpin proyek dengan sebuah tim dan terdapat seseorang yang cenderung malas dan memungkinkan untuk membuat progres tim menjadi terhambat.

Sampaikan tugasnya dengan menyampaikan “mulailah dengan ini” dibanding “kerjakan ini”.Hal tersebut terlihat seperti pekerjaan yang lebih sedikit karena mereka cukup memulai dengan sesuatu yang kecil.Setelah mereka menyelesaikannya, katakan “wah bagus, sekarang coba lanjutkan dengan hal ini” sampai mereka menyelesaikan hal yang kamu ingin mereka lakukan di awal.

9. Seseorang melihat dan terus memperhatikanmu di tempat umum seperti bis, KRL, dan lainnya.

Lihatlah terus ke arah sepatu mereka dan lihat reaksi mereka.

10. Seseorang melakukan kesalahan dan kamu ingin menyampaikannya dengan tidak terlihat seperti menuduh.

Daripada mengatakan “kamu tidak mematikan komputer sebelum kamu pulang kemarin”, katakanlah “komputernya sepertinya menyala semalaman”.Mereka akan belajar dari kesalahannya dan kamu tidak terlihat seperti memojokkan mereka.

Referensi: https://indocean.id/daily-activity/daily-tips/10-trik-psikologi-simpel-yang-bisa-kamu-gunakan-setiap-hari/

Psikologi HariankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang