"Bapak.....biasa?" Senyum Ale pada tamu yang baru datang ....panji si pelari pagi ....yang diajak bicara tersenyum dan mengambil posisi di kursi dekat kasir ...
Pak panji usia awal 50an ....tinggal di Cluster Emerald bintaro jaya ...pensiun lebih awal untuk membuat start up jualan hasil bumi online ....anak dua satu kuliah di bandung ....satu di jogja ....
obrolan dengannya membuat ale termotivasi untuk berbisnis dengan sungguh sungguh ...dan juga wajahnya tidak jelek ...lumayan menambah kesegaran pagi pagi....
"Gimana perkembangan?" Ujar pak Panji memulai pembicaraan...
"Iyo selalu lebih passionate pak ....dia anggap ladang kami ini industri ....inovasi dan improvement harus setiap minggu ...i don't get it aja...." keluh Ale ...
"Tapi kamu kan yang lebih lama di bisnis ini le ....you should know better " lanjut si bapak ...
Ale yang sedang memotong daun bawang terdiam ... "aku pikir ...aku tahu apa yang terbaik buatku sendiri pak ...bukan buat iyo...." jawabnya kemudian ...
"Dan bedanya adalah?" Bingung Pak panji ...
"Aku nganggap usahaku ini sarang pak ...rumah....save place untukku dan kuharap untuk semua orang ....mereka bukan komoditas....." lirih Ale sedih ....
"Tapi improvement kan baik le...." lanjut panji lembut ...
"I know pak ....tapi aku ngerasa jiwa tempat ini udah beda ...." keluhnya ...
"Berperasaan itu baik le ...tapi jangan sampai itu menjegalmu...." usul Pak Panji ...
"Ini legacy mu dan sahabatmu kan? Pertahankan yang kamu percaya ....tapi yang lebih penting ....pertahankan tempat ini...." ujar Pak Panji ....pelayan datang membawakan pesanannya ...
"Bapak makan dulu ...nanti kita ngobrol lagi ya...." ucap Ale pamit ....Panji mengangguk ....
*********
" yo , sibuk?" Ujar Ate ditelepon ....satrio yang sedang melihat lihat laporan keuangan di kantor Warung berhenti sejenak ..."gak terlalu te ....kenapa ? " ujarnya seraya melepas kacamata dan mengambil minum....
"Belakangan ini Ale sering cerita soal pak Panji ....kamu pernah ketemu? " selidik Ate ...
"Eng. .nggak sih ......dia datang saat gue kena shift siang ....kata Ale suka lari pagi lewat warung ....tapi saat gue jaga gak pernah dateng ....kenapa gitu....?" Bingung Iyo ...
"I don't know ....salah gak sih kalo aku ngerasa terancam ...." lirih Ate....
"Dia punya anak dua ...kalo lo pikir dia se tim sama lo dan Ale ...gue rasa nggak..." timpal Iyo ...
"It's seems that Ale nemuin Jati di diri pak Panji ....dia terus terusan ngomongin ni orang yo ....wajar dong gue insecure ...." kesal Ate ...
Iyo sedikit tertawa "lo keluar negeri ama ale deh te ...nikahin ...biar kalian gak ketemunya insecure lagi ...insecure lagi ....jati lagi jati lagi ...bosen gue dengernya ..." lanjutnya ....
"Ya gimana yo ....ale kan orangnya gitu ..." lirih Ate .....
" dia mau belajar kok te ....rada susah tapi dia mau ...tinggal elu nya aja arahin ...lupain itu laki ...2006 udah kapan tau... jangan terlalu berlarut larut sama kenangan...."
" gue juga kenangan kan yo ...kebetulan kenangan yang berhasil..." Ate tersenyum pahit melihat langit langit kantor .....
"Kalo lo mau buat kenangannya jadi berhasil beneran ....bukan sekedar kebetulan berhasil ...you have to make it work Mauliate Nasution...dia satu satunya buat elo ...it means elo juga harus jadi satu satunya buat dia..." lanjut Iyo panjang lebar ...
KAMU SEDANG MEMBACA
05.TRAFFIC
Narrativa generaleJika kalian menemukan cerita ini ini adalah bagian ke 5 dari seri eternity karena kita bersama agar semua lebih mudah ....tapi maaf ...aku memang orang yang sulit