*
All the time that passed,
Whenever I look back.
*Mom Café, South Korea
"Eomma, aku ingin membantu Halmeoni dulu disana. Dah!" setelah berkata pada Yoona, Hyunjoo berlari ke arah ibu Kyuhyun yang berdiri di balik meja pembayaran café tersebut. Ya, Mom Café adalah kedai yang dibuat oleh kedua orang tua Kyuhyun, untuk menikmati masa-masa santai di hari tua, katanya..
Tinggallah Yoona dan Kyuhyun duduk berhadapan. Yoona mengangkat cangkir latte panasnya kemudian menyesap sedikit guna meredakan debaran jantungnya, mengabaikan mata Kyuhyun yang sekarang sibuk menatapnya.
"Bagaimana kabarmu?"
Yoona meletakkan cangkirnya dan mendongak, "Baik. Kau sendiri?"
"Bisa kau lihat langsung sekarang. Sangat baik," jawab Kyuhyun dengan senyuman. Pria itu memperhatikan Hyunjoo—putranya, sekilas yang saat ini sedang sibuk merecoki ibunya dengan serangan pertanyaan. "Oh ya, maafkan anak nakal itu, Yoona-Ya."
Yoona mengernyit, "Hyunjoo? Maaf untuk apa? Dia baik."
Kyuhyun menghela napas, "Untuk memanggilmu 'Eomma'. Aku sudah mengingatkan berulang kali padanya untuk tidak memanggilmu dengan panggilan itu, tapi dia bersikeras menolaknya," jelas Kyuhyun sembari menggelengkan kepalanya. "Katanya; "Yoona-Ahjumma itu cantik seperti Eomma, Appa. Jadi, biarkan aku tetap memanggilnya dengan sebutan 'Eomma'."
Yoona melirik Hyunjoo sebentar, "Tidak apa-apa, Kyuhyun-Ah. Santai saja.."
Santai saja..
Yoona menghela napasnya. Setelah bertahun-tahun, yang ia lakukan masih tetap sama. Berpura-pura bersikap 'oke' di hadapan Cho Kyuhyun. 'Yoona-Ahjumma itu cantik seperti Eomma, Appa.' Kalimat itu membuatnya mengingat kembali kejadian saat di Loraine tujuh tahun lalu.
Yoona masih ingat, saat itu Kyuhyun dan Kimra duduk di hadapannya dengan tangan Kyuhyun yang mengusap punggung tangan Kimra, mencoba menenangkan gadis itu, walau sejujurnya Yoona juga iri bahwa dia juga butuh untuk ditenangkan.
Bukannya bodoh, dia bahkan sudah paham kemana arah pembicaraan Kyuhyun ketika melihat hal itu di depannya. Dia hanya berpura-pura bodoh, terdiam saat Kyuhyun membuka pembicaraannya dengan kalimat pertama: "Maafkan aku, Im Yoona.."
Seharusnya, yang dia lakukan saat itu langsung pergi dari ruangan itu, karena tanpa Kyuhyun menjelaskan pun dia sudah tahu. Dia sangat paham pilihan mana yang telah Kyuhyun ambil dan kemana tujuan selanjutnya yang akan Kyuhyun tempuh.
Ahn Kimra, pilihannya.
Pernikahan, tujuan selanjutnya.
Yoona tidak sepenuhnya ingat apa yang dibicarakan saat di Loraine, yang ia benar ingat adalah dia dan Kimra hanya diam, sedangkan Kyuhyun berusaha menjelaskan dengan sebaik mungkin dan dengan beberapa penjelasan alasan atas semua hal yang pernah terjadi sebelumnya. Terakhir adalah pria itu meminta maaf dengan sangat tulus padanya, untuk semuanya.
'Oh, aku masih ingat kalimat-kalimat ini,' batin Yoona mengoreksi, bahwa ada beberapa kalimat yang masih tersimpan dengan baik di memori otaknya.
"Yoona, setiap orang mempunyai kesempatan dalam memilih dan ini pilihanku.
Aku paham, pilihanku jelas menyakiti perasaanmu. Tapi kalau kau mau tahu, ini juga menyakiti perasaanku.
Jujur saja, aku memang marah terhadap diriku yang tidak berani bilang aku menyayangimu, saat kau memberitahu bahwa kau akan segera menikah dengan Seunggi.
KAMU SEDANG MEMBACA
THE TIME I LOVED YOU | Kyuhyun ft. Yoona ✔️
Fanfic❝Menjadi teman sudah sepenuhnya cara yang paling benar untuk tetap bisa bersamamu.❞ by 𝑪𝒉𝒐 𝑲𝒚𝒖𝒉𝒚𝒖𝒏