Apa cuman aku aja yang ngerasa kalo hari Jum’at itu semua kegiatan jadi setengah ringan? Kayak sekolah pulang cepet, belajar gak berat, dan enak banget kalo tidur siang sambil denger sholawatan dari masjid buat manggil akhi-akhi jum’atan. Cuman gitu aja Danika mah seneng, asli! Makin seneng lagi karena sekarang kegiatan di posko juga santai. Gak tahu kenapa, mungkin deket akhir pekan? Karena dari tadi pagi cuman evaluasi yang isinya suntikan semangat dan makasih aja. Biasanya kan suka ditambahin jadwal kegiatan atau rapat, entah di Desa, karang taruna, atau bahkan ke Kabupaten. Apakah ini tanda-tanda do’a hamba dikabulkan? BISA REBAHAN! YESSSS!!!“Dan, sibuk?”
Baru aja mau narik selimut, Kay dateng ke kamar sambil cengengesan bawa-bawa kunci motor.
“Nggak, sih. Kenapa?”
Kay tak beranjak dari balik pintu, lalu melihat ke kasur, bantal, selimut, diri aku, dan bilang, “Di luar cerah, kali! Jangan tidur dulu! Main ke stasiun, yuk!” cengirannya makin lebar.
Belum juga jawab iya atau nggak, dia udah narik-narik tangan aku, selimut dibanting, bikin hati meringis sedih, “Jangan pisahkan kami…”
“Cepet! Cepet! Ganti baju! Jangan loyo!” perintahnya lagi. Dasar gak tahu diri!
“Males, ah! Mau tiduuuuuuuur.”
“Nanti aku traktir!”
“Oke! Tunggu lima menit!”
Kay mengacungkan jempol, senyumnya mengembang, “Aku tunggu di luar, ya!”
Hah! Kenapa aku segampangan ini?
Membuka koper, aku setengah hati memilih baju. Otak terus-terusan teriak, “Kenapa lu bilang oke? Ini jam tidur siang! Bukan main! Inget kata mamah, harus tidur! Biar tubuh sehat! Bilang gak bisa aja sama Kay, gih!”
Aku tergiur omongan si otak, makin males karena kerudung gak rapi dari tadi. Tapi hati tiba-tiba ngomong, “Kalo dibatalin, Kay pasti sedih. Gak kebayang senyum ceria tadi ilang, udah mau nunggu di luar, panas-panasan, ter-“
“Bacot! Diam kalian!” umpatanku keluar juga. Kadang otak sama hati aku gak pernah sepaham, heran!
Akhirnya aku ambil kerudung instan, pakai sunscreen asal nempel di wajah, lalu keluar kamar nyari sandal jepit buluk tapi nyaman dipakai itu. Berharga banget pokoknya itu sandal, udah gak tahu berapa ribu jejak kaki yang kita buat, sweet kan, ya? Haha, makanya aku bawa juga ke sini, disimpen di tempat paling aman, dibungkus keresek putih biar debu aja malu buat nempel saking suci dan berartinya sandal itu bagi Danika.
Baru ke luar rumah, belum juga make sandal, hidung unyu aku nyium bau menyengat, “Ya ampun, bau parfume siapa, sih??!!”
Udah gak bisa direm aja ini misuh-misuh. Hidung aku tuh anti wangi nyengat-nyengat club! Cowok kalo jum’atan emang sunah sih pake wewangian. Tapi gak gini juga! Tumpah atau pake sebotol full sih ini yang make?
“Aku, kenapa?”
Dari teras depan Irham menjawab ucapan aku yang lebih ke ‘mendumel’ daripada ‘bertanya’ itu.
Dia menyimpan botol parfume di atas kursi rotan, kedua tangannya kemudian membenarkan sarung.Ya Allah… aku gak tahu kalau malaikat-Mu turun dengan wangi menyengat seperti ini. Jadi ingin segera diberi seperangkat alat shalat dibayar tunai. Mungkin seperti itu kira-kira ucapan temen-temen aku yang caper sama si Irham.
“Nyengat banget tahu, gak?!” Aku sadar ngomong gini kayak ngegas ngajak gelut. Daripada jantung menggila sendiri, mending mulut ngegas! Habisnya dia rapi banget kayak kado, padahal mau jum’atan doang. Oh, apakah ini pesona laki-laki ketika hendak beribadah? Pantes aja di kampus tuh ada temen kelas suka centil ngintip cowok bubaran shalat dari masjid. Gak ada kerjaan banget! Tapi kalo modelnya kayak Irham sih boleh lah. HEH? MIKIR APA AKU BARUSAN???!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
REMEANT: Danika
De TodoNamanya Danika Hisyam, cewek, doyan banget rebahan, gak suka cari ribut, tapi bisa berguna bagi Nusa dan Bangsa kalo gak dipaksa. Rada galak, gak tahu malu -lebih sering malu-maluin sebenernya, deket sama Rahma, dan ngerasain rindu berlebih ke sahab...