Selalu ada kejadian-kejadian untuk kita bisa terus belajar dan bertumbuh untuk bisa upgrade diri kita secara bertahap. Kegagalan harus kita hadapi untuk menjadi pembelajaran besar bagi diri sendiri yang tidak akan menjadi trauma yang akan terus menerus ngga bisa kita selesaikan.
Kegagalan adalah proses.
Tidak ada satu pun yang benar-benar siap jika diposisi ini. Tentu akan berbagai macam hal yang kita rasain, seperti : menyangkal, sedih, takut, trauma dan kehilangan kepercayaan diri. Tentu ini perasaan-perasaan normal yang siapa saja akan mengalaminya.
Gagal bisa dimaksudkan dengan banyak versi. Misalkan gagal di pendidikan, pekerjaan, pertemanan, keluarga, dan bahkan pasangan. Mungkin kita akan merasakan hal-hal yang bikin kita ngga siap seperti ngerasa diri kita ngga baik atau ngga berpotensi, meragukan kemampuan diri sendiri, ngerasa ngga ingin coba lagi karena kita trauma, dan kita kehilangan kepercayaan diri kita untuk melakukan lagi.
Saya merubah cara berpikir, saat gagal terus-menerus disatu hal. Saya merasa kayak diberi kesempatan besar untuk bisa belajar lebih banyak. Karena kegagalan bukan satu hal yang mudah untuk diterima siapapun, hal-hal seperti rasa kecewa dan sedih pasti mutlak kita rasakan. Tapi, semakin memastikan kegagalan, kita akan menolak untuk menerima situasi tersebut. Dan suatu hari saya mencoba untuk menerima kegagalan tersebut dan perlahan-lahan merubah pola pikir saya untuk memaknai kegagalan sebagai proses, secara perlahan tentu kita akan tergerak untuk bisa keluar dari fase ini dan menemukan hal baru.
Tidak bisa secara singkat bisa kita hilangkan perasaan seperti : emosional, rasa sedih, rasa ngga percaya, kecewa sama diri sendiri. Karena kita yang sudah merencanakan apa yang akan kita capai sesuai dengan estimasi waktu yang sudah kita rencanakan untuk hidup kita sejak awal.
Tidak apa-apa harus merasakan perasaan-perasaan ini, asal kita tetap jadiin kegagalan ini sebagai proses untuk kita semakin tumbuh, terus mencoba dan bisa menjadi pribadi yang semakin hebat kelak.
_Healingbywriting
Gagal bukan tentang kekalahan total, ada saat-saat dimana kita belum saatnya untuk lulus mendapatkan sesuatu yang sedang kita kejar saat itu. Kita masih diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi atau bahkan mencoba hal baru untuk menemukan pengalaman-pengalaman baru untuk kita bisa sampai ditahap yang kita inginkan suatu hari nanti.
Gagal bukan tentang kita kehilangan energi, tapi bagaimana energi kita akan terus bertambah karena kita mampu memaknai kegagalan sebagai proses untuk diri kita sendiri disetiap level pembelajaran, tanpa harus kehilangan kepercayaan diri kita dalam menjalani proses tersebut.Kegagalan membantu kita untuk mengasah diri kita menjadi semakin tangguh dan semakin matang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Healing By Writing
Non-FictionDi Cetak Berisi 152 halaman dengan enam catatan perjalanan :( mengenali diri sendiri, peran hidup & meningkatkan diri, bakat & mimpi, cinta, komunikasikan setiap hal dan pola pikir). Penulis : Emmy Siska Judul Buku : Healing By Writing Ketebalan : 1...