O1. Bujang Lantai 1

47K 6.2K 1.4K
                                    

Kosan lantai pertama diisi dengan Haikal, Lingga, Januar, Rangga, Jingga dan Caesar. Tiap malam kerjaan mereka ketawa ketiwi sambil makan kuaci. Rosie kadang kesel banget sama tingkah mahluk dakjal kayak mereka soalnya tiap abis makan kuaci pasti bekasnya langsung di lempar turun—alih-alih mereka buang ke tempat sampah.

Tiap hari Rosie bakal naik sambil menenteng sapu lidinya. Kalo udah kayak gitu Haikal yang masih belum berangkat ke kampus pasti bakal membuat banyak alasan pembelaan yang sukses membuat si penjaga kos naik tensi.

“Kenapa sih kalian itu susah banget buang sisa kuaci kalian?” Tanya Rosie sambil nahan emosi.

“Maaf ya, Mba Mawar. Mba taukan kalo Rangga itu orang termager sedunia. Istilah kasarnya sih gini mba...diatas orang mager masih ada Rangga. Jadi, dia paling nggak bisa disuruh mba buat buang tempat sampah kalo penuh.”

Tuhkan emang ini anak satu paling mulutnya pengen diulek-ulek!

“Terus kenapa nggak yang lain aja buangnya?”

“Aduh mba mawar taukan kalo penduduk lantai satu itu gimana? Caesar alergi pegang tempat sampah, mba. Dia terbiasanya pegang black card aja ama duit.” Jawabnya dengan muka yang penuh penghayatan yang demi apapun Rosie sama sekali gak bakal simpati.

“Terus yang lain? Lingga? Januar? Jingga? Atau kamu?”

Haikal mulai garuk-garuk kepala, ah dah ketebak kalau si biang keladi ini lagi cari alasan.

“Gini loh, mba. Lingga itu anak organisasi banget jadi nggak ada waktu buat buang tempat sampah. Januar anaknya terlalu kutu buku, mba. Jadinya tiap malem dia ngapel ama buku. Terus kalo Jingga...aduh nggak bisa mba soalnya dia kalo disuruh suka minta imbalan dibeliin chiki, kan rugi atuh mba kalo tiap nyuruh dia. Apalagikan kita anak kosan, uang terbatas.”

Rosie memutar bola matanya malas.

“Uang terbatas katanya tapi tiap hari isi snapgramnya nongkrong mulu,”

Haikal cuman nyengir tanggepin sindiran si penjaga kos.

“Nah, terus kenapa bukan kamu yang buang?”

Haikal memejamkan matanya, dahlah mulai lagi adegan drama bocah satu ini.

“Haikal adalah mahluk yang sangat menjunjung kekompakan, kebersamaan dan kesetiaan, mba. Jadi, kalo temen saya nggak mau dan nggak bisa. Masa iya saya harus bisa? Kan itu namanya bukan kesetiakawanan, mba.” Jawabnya.

Benar-benar ya si Juru bicara satu ini!

Banyak banget alasannya!

“Lagian nih ya, mba. Gadis itu punya keistimewaan yaitu menjaga kebersihan dan memegang tanggung jawab sebagai calon Ibu. Ya...anggap aja ini latihan buat mba kalo seumpama udah nikah dan punya anak yang gemes-gemes tapi rada nyusahin kayak kami bujang lantai satu.” Haikal menjawab sambil tersenyum.

“Tau ah. Capek mba ladenin kamu terus. Bikin naik tensi! Awas aja besok mba liat ada kuaci lagi! Mba pukul kalian satu-satu pake sapu lidi!” Ancam Rosie sambil pukul-pukul sapu lidi di tembok.

“Hati-hati, mba. Ntar kepleset. Kepleset di hati saya aja meresahkan mba apalagi kalo kepleset di tangga!” Teriak Haikal saat melihat Rosie menuruni tangga.

Sialan bener itu Haikal!

Rosie bersumpah kalo aja besok kuacinya masih dibuang di bawah—dia bakal datangin kamar mereka terus buang bekas kuaci itu di atas kasur mereka!

Tiap hadapin bujang lantai satu rasanya jiwa rose upin-ipinnya bakal kambuh. Gimana enggak, tiap hari ada aja masalahnya. Udah berisik, buang sampah kuaci, suka bawa lari sendal bujang lantai dua sampai pernah didatengin emaknya anak kecil karena bola anaknya di bawa lari sama Jingga.

Pokoknya ngeselin abis!

-

caper (6)

woi si mawar datang
lagi, hahaha.

lingga : pasti cermah lagi.

caesar : lain kali sogok beliin dia
daster 5 biji.

rangga : dia ngomel apalagi?

biasalah masalah kuaci.

jingga : kayaknya di masa lalu
mba mawar punya mantan yang
suka kuaci makanya dendam banget
sama kuaci.

januar :

dahlah amjim lupain aje.
dah pergi orangnya.

eh, btw jadikan bentar malem
main kartu ama anak bujang
lantai 3?

lingga : iyelah, kan dah
janjian ama dery.

januar lu ikutkan?

januar : gua mau belajar ngedit
di bujang lantai 2 ☺

ah g seru lo.

rangga : tau tuh.
bolos aja udeh.

januar : udah janji ama kak
jeffrey ☺

mati aja lu.

lingga : woi kal cepetan kesini!
kata keti, dosen udah
otw amjim!

amjim!
kalo gua telat lu bilang
aje gua ke wc mau boker.
read by 5.

Haikal buru-buru ngambil sisir buat nyisir rambutnya yang masih berantakan. Masalah grup kenapa namanya caper karena ya gitu kepanjangannya calon pengangguran. Tau dah, bujang lantai satu emang paling ada-ada aja kelakuannya.

Katanya gini, kalo lulus kuliah ujung-ujungnya mereka akan memasuki masa pengangguran sebelum akhirnya dapat kerja. Jadi kalau mau makan bareng Haikal sisa teriak satu kali kayak gini...

Anak caper, makan pecel lele yuk di Mang Setya!

Jadi, kalo mau makan sisa manggil anak caper. Nggak usah lagi manggil satu-satu nama. Ya, niatnya buat mengurangi energi teriak juga sih. Walaupun Haikal suka teriak tapi kalo berurusan sama bujang lantai satu, ini suara keburu habis soalnya mereka pada suka pura-pura tuli.

Dahlah, sekian perkenalan bujang lantai satu karena Haikal mau berangkat kuliah dulu. Maklum yang ngajar Pak Dio yang galaknya allahu akbar bisa buat pingsan. Ehehehe, canda. Tapi, serius doi galak banget.

-

caesar - jingga - januar - lingga- rangga - haikal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

caesar - jingga - januar - lingga
- rangga - haikal.

KOSAN 23 BUJANG Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang