Awal kenal sudoku itu mungkin sekitar tahun 2006-an. Waktu itu kakak saya beli buku kumpulan sudoku, terus saya ngeliatin pas dia kerjain, ngoahahaha.
Sempet nyoba juga sebenernya, tapi karena itu kan bukan buku punya saya, jadinya ngerasa nggak enak aja kalau ngisi sudokunya (ya kali udah dikerjain terus dihapus lagi). Akhirnya cuma ngerjain beberapa.
Di koran kompas juga sebenernya suka ada sudoku tiap minggunya, tapi di masa-masa itu saya lebih tertarik buat ngerjain TTS yang hadir juga di tiap hari minggu (nggak bohong loh. Keluarga saya kan sempet langganan koran kompas, dan saya cuma nunggu hari minggu aja buat baca komik sama ngisi TTS-nya, wkwkwk). Akhirnya nggak nyentuh sudokunya sama sekali.
Barulah di sekitar akhir tahun 2020, saya mulai nyari-nyari lagi tentang sudoku. Sebenernya awalnya mau nyari tempat buat ngerjain puzzle (sudoku juga puzzle sih, tapi karena saking boomingnya, seolah-olah sudoku punya kategorinya sendiri), terus tiba-tiba kesasar di salah satu website penyedia puzzle. Bentuknya kayak komunitas, jadi bukan mereka yang nyediain puzzle-nya, tapi puzzle-nya dibuat sama kontributor-kontributor yang ingin aja.
Dan ... entah karena sial atau apa, di akhir tahun itu website puzzle-nya emang lagi dipenuhin sama sudoku.
Awalnya saya nggak begitu mau ngerjain sudoku, soalnya udah ngerasa familier aja dan ingin nyobain variasi puzzle-puzzle yang lain. Tapi waktu saya liat-liat, ada salah satu sudoku yang ngebuat saya cukup tertarik buat ngerjain.
Judulnya Miracle Sudoku, dan yang ngebuat saya kaget adalah karena clue angkanya sedikit banget. Seumur hidup saya belum pernah nemu sudoku dengan clue angka yang dikit banget
Ternyata sudoku itu bukan sudoku yang biasa saya kenal, tapi merupakan salah satu variasi dari sudoku.
Buat yang belum kenal sama sudoku, jadi intinya sudoku itu puzzle latin square yang mengharuskan kita mengisi angka di dalam petak (dalam contoh di atas angkanya 1 sampai 9), dengan aturan:
- Tidak ada angka yang sama di setiap baris dan kolomnya
- Tidak ada angka yang sama di setiap area 3x3 yang ditebalkanNah, kalau clue angkanya cuma segitu, berarti jawabannya bisa banyak kan? Tapi ternyata nggak, karena sudoku di atas ada tambahan aturan lain, yaitu:
- Angka yang bersebelahan tidak boleh berurutan
- Angka dengan jarak gerak raja pada catur tidak boleh sama
- Angka dengan jarak gerak kuda pada catur tidak boleh samaYep, aturan-aturan itu berhasil ngebuat solusi sudokunya tunggal. Pas ngerjain pun saya bener-bener tertarik karena rasanya baru kali ini nemuin 'cara baru' buat nyelesein sudoku.
Kalau biasanya sudoku itu dikerjainnya dengan cara nge-scan tiap baris, kolom, dan kotak 3x3nya, di sini saya juga harus merhatiin apakah angkanya berurutan, apakah angka di diagonalnya sama, blablabla yang lain.
Akhirnya saya malah ketagihan main sudoku. Karena banyak juga yang ngirim sudokunya secara online dan gratisan, saya juga nggak perlu 'nggak enakan' karena bisa ngerjainnya secara leluasa :D
Saya juga jadi iseng bikin video pas ngerjain sudoku, ngoahaha.
Sayangnya persudokuan di Indonesia sendiri belum serame di negara-negara lain. Saya udah sekeras mungkin nyari komunitas orang-orang yang suka mainin sudoku, tapi lumayan susah. Kalaupun ada, kebanyakan orang mainnya yang klasik, itu pun computer-crafted, bukan hand-crafted.
Yaaa, mau gimana lagi, ya?
Oh iya, saking kerajingannya, bahkan saya sampai iseng ikut grand prix online-nya, ngoahahaha. Jadi di 2021 itu saya mulai mencoba ikut kompetisi-kompetisi sudoku, termasuk salah satunya grand prix itu.
Kompetisinya itu terdiri dari 8 ronde dan sekarang baru jalan 4 ronde. Walaupun masih ecek-ecek, tapi lumayan seneng juga sih karena bisa menyalurkan hobi secara kompetitif.
Ranking keseluruhannya:
Dan baru lima orang dari Indonesia yang ikutan Grand Prix 2021 ini
Sebenernya harapannya adalah ingin persudokuan di Indonesia jadi ramai (karena sedih main sendirian, ngoahahaha). Tapi, yaaa, mungkin secara keseluruhan emang permainan puzzle di Indonesia kurang diminati.
Saya sendiri juga mulai nyoba ngebuat sudoku, tapi tidak direkomendasikan untuk orang-orang yang belum pernah main sudoku sebelumnya, karena sudoku yang saya buat adalah variasi dari sudoku, hehe :)
Aturan:
- Tak ada angka yang berulang untuk setiap baris, kolom, dan grid 3x3 yang ditebalkan.
- Garis abu menunjukkan palindrom. Angka pada garis palindrom harus dibaca sama baik dari sisi pertama maupun sisi lainnya (contoh: 23432, 2332)Tertarik buat nyoba? :D
KAMU SEDANG MEMBACA
Kuliah di jurusan matematika itu ...
Random"Kenapa kamu mau masuk jurusan matematika?" "Karena suka ngitung." Kalau jawab kayak gitu, mungkin bakal diketawain sama anak matematika. Buat yang ingin tau seluk beluk mengenai dunia perkuliahan di jurusan ini, silakan dibaca mengenai beberapa pen...