18. Pembuktian nol lebih kecil dari satu

399 34 27
                                    

Sebelumnya mau mengenang dikit dulu aja.

Mata kuliah wajib semester atas yang mengerikan di tempat saya kuliah itu ada dua, yaitu Aljabar Abstrak sama Analisis Real. Biasanya dua mata kuliah ini jadi primadona bagi para mahasiswa untuk mengulang dan terus mengulang mata kuliahnya, wkwkwkwk.

Sebagai salah seorang mahasiswa yang beruntung bisa mengambil mata kuliah atas, saya termasuk mahasiswa bego yang malah ngambil Analisis Real, padahal pengantar-pengantarnya belum saya ambil :))

Mata kuliah dasar yang harusnya diambil sebelum ngambil Anreal itu: Logika Matematika, Matematika Diskrit, sama Pengantar Analisis. Dan begonya, waktu itu saya baru ngambil matkul Logika, udah sok-sokan ngambil Anreal, wkwkwkwkwkwk. (yang ngambil mata kuliah ke atas ini cuma dua dari angkatan saya, malah lebih sedikit dari kakak-kakak tingkat yang ngulang, ngoahahaha).

Tapi, tbh, ini matkul ini lumayan seru sih, karena bener-bener abstrak banget, di sini bener-bener mainin logika sama nalar. Agak beda sama Aljabar Abstrak yang masih lumayan banyak komputasinya, kalau menurut saya Anreal ini udah bener-bener kayak ngetes kemampuan imajinasi kita :))

Salah satu yang dipelajari? Ya pembuktian nol itu lebih kecil dari satu.

Eh, tunggu. Itu harusnya di Pengantar Analisis deng, bukan di Anreal :)) Nah, kebayang kan matkul Anreal lebih abstraknya gimana?

Dan, yep, 0 < 1 itu sebenernya bisa dibuktikan secara matematis. Dan berikut saya lampirkan pengerjaan saya setelah beberapa tahun tidak mengingat-ngingat mata kuliah Pengantar Analisis :))

 Dan berikut saya lampirkan pengerjaan saya setelah beberapa tahun tidak mengingat-ngingat mata kuliah Pengantar Analisis :))

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Panjang? Itu belum seluruhnya, loh.

Harusnya dibuktiin juga (-x)(-x) = (x)*(x) = x^2 (iya, ngebuktiin kalau negatif kali negatif itu positif, dan bukan dengan alesan ngaco keburukan dilakukan dengan keburukan itu baik, wkwkwkwk).

Di Anreal sendiri banyak banget pembuktian semacem ini yang tingkatnya lebih advance, dan yep, that's fun, actually :)) hahahaha.

Kuliah di jurusan matematika itu ...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang