11. Ketika Pengabdian Dianggap Kerja Biasa

429 45 9
                                    

Sebenernya tulisan ini agak membuat memori-memori buruk beberapa tahun yang lalu kembali sih, hahaha. Nggak sengaja tiba-tiba inget waktu lagi ngumpul sama temen-temen dan secara nggak langsung kebahas hal ini.

Di Indonesia mungkin udah dikenal Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Dan dalam kasus ini saya cuma mau bahas tentang pengabdian aja.

FYI, saya tinggal di satu desa yang sebenernya nggak terlalu belakang-belakang amat, tapi tetep saya melihat secara langsung berbagai fenomena yang biasanya dijadiin bahan buat sedih-sedihan di televisi. Kayak temen putus sekolah (dan jujur, ini terjadi ke temen sebangku saya pas masih SD, loh), terus terpaksa jadi sopir truk, kerja serabutan, dan bahkan di antara mereka malah jadi anak jalanan (bahasa kasarnya ya preman), yang pernah saya nggak sengaja ketemu dan dia bilang sendiri buat malu ikut reuni karena kondisinya sekarang, bahkan ada juga yang mau sekolah harus naik truk tronton tentara dulu biar nyampe ke sekolah. Tapi, tetep nggak semuanya kayak gitu, ada juga yang akhirnya buka bisnis kerudung, punya toko sendiri, ada yang kuliah masuk ITB. ya pokoknya desa saya nggak terlalu maju tapi nggak terlalu belakang-belakang amat lah buat pendidikannya.

Nah, saya merupakan salah seorang yang beruntung yang bisa sekolah bener-bener di pusat kota waktu SMA, dan saya ngerasa banyak perbedaan antara sekolah saya yang dulu dengan pas SMA. Lalu, selama waktu lewat dalam 3 tahun, kan akhirnya tiba waktunya buat milih tempat kuliah, ya? Dan ketika itu, walaupun secara nggak langsung, saya yakin orang tua saya nggak percaya saya bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, istilahnya, ya ... tau lah ya? Selain itu saya juga nggak belajar di luar sekolah formal (kayak les, bimbel dan lain-lain). Jadi, ketika saya minta ujian mandiri UI sama UGM, orang tua saya bahkan nolak, ketinggian kayaknya, hehe :) Jadilah pada akhirnya saya cuma memanfaatkan SBMPTN dengan seadanya, dan untungnya saya bisa ngebuktiin bahwa saya mampu bersaing, walaupun pada awalnya saya juga sempet putus asa sih karena takutnya emang beneran nggak lulus :)

Pengalaman sekolah saya akhirnya jadi pemicu buat saya ngajar di daerah saya sendiri (kebetulan jarak antara tempat kuliah sama rumah saya nggak terlalu jauh). Waktu semester 3 tiba, saya ngeliat papan pengumuman yang katanya membutuhkan 'tutor', dan jujur waktu itu saya nggak pikir panjang, saya langsung apply padahal saya belum punya pengalaman apa-apa sebagai guru. Yaaa, bayangin aja, masih tingkat dua, masih masa-masanya kepanitiaan dan organisasi, terus apply pekerjaan yang padahal udah jelas tingkat kesibukannya gimana (btw, ini full time loh, bukan part time, satu minggu >20 jam kerja), tapi saya juga kaget bisa keterima kerja di sana.

Apakah saya seneng? Ya jelas lah! Karena tempat itu merupakan salah satu wadah buat saya untuk membagikan pengalaman serta ilmu yang selama ini saya dapatkan. Pokoknya masa-masa awal itu jadi masa-masa yang menarik buat saya. Saya selalu coba motivasi mereka buat belajar, terus selain itu coba motivasi juga buat lanjutin sekolah. Dan hasilnya? Walaupun nggak semua keterima di perguruan tinggi negeri, tapi tetep mereka cari sekolah swasta buat ngelanjutin sekolahnya. And yes, i'm proud of them, bahkan ada salah satu siswa yang sampai pertukaran pelajar, dan sumpah demi apapun, rasa bahagia pas tau hal itu bener-bener nggak tergambarkan :)

Terus, kan saya seumuran sama mereka ya (saya sekolahnya kecepetan), jadi saling sapanya juga lebih sering kayak temen daripada 'guru dan murid', hahahaha.

Nah, hal nggak enak mulai terjadi, ketika ada satu masa seorang atasan saya berkata, 'Jadi manusia jangan munafik, pasti kerja juga tujuannya uang lah'.

Saya kerja di sana, sumpah, demi apapun, murni cuma buat ngajar tanpa embel-embel apapun because i know what motivate me. Saya nggak tau sih atasan saya itu merasa atau nggak, tapi selama saya kerja di sana rasanya saya nggak pernah minta gaji, mau gaji turun tepat waktu atau nggak, jujur saya nggak nyatet. Karena ... ya, emang tujuan saya nggak ke sana :) That's hurt my feeling, hahaha.

Mungkin nggak sedikit dari rekan-rekan kerja saya di sana yang tujuannya memang buat uang, tapi bukan berarti semua orang tujuan buat ngajar itu hanya untuk uang, ada juga yang pengabdian :) Di saat itulah saya mulai ngerasa nggak nyaman buat kerja di sana, and i quit working. Dan di saat itu jugalah saya merasa saya bukan seorang pengabdi yang baik karena keputusan saya untuk keluar karena kalimat itu malah lebih kuat dibanding meneruskan motivasi saya :)

But, i just wanna take a note to everyone who read this. Tolong kalau mau membenarkan pendidikan, itu nggak cuma didukung dari satu arah.

Bangun tempat usaha belajar dengan niat membantu orang-orang, bukan semata-mata untuk uang. Kemudian, untuk orang tua, bantulah tempat belajar yang sungguh-sungguh memberikan pendidikan, bukan asal memberikan uang agar anak-anaknya bisa sekolah :)

Saya nggak mau bilang saya orang baik, tapi di luar sana masih banyak orang baik yang niat membantu bukan hanya untuk kebutuhan materi. Jangan bunuh mereka dengan pandangan sendiri. Karena kalau orang baik itu mati, yang mau membantu siapa lagi? :)

Kuliah di jurusan matematika itu ...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang