Baru ngeliat salah satu keluhan temen (ngomong-ngomong, dia anak desain komunikasi visual) yang ngebahas tentang kesalahan orang-orang dengan menganggap 'gambar dengan gaya seperti itu' adalah gaya vector (atau lebih lanjut saya tulis vektor aja, biar enakeun, huwehehe). Karena saya bukan anak desain, jadi mungkin saya emang kurang sensitif sama hal ini. Tapi, bukan sok pinter juga sih, karena kebetulan saya juga ngambil image processing pas skripsian, jadi saya ngerasa sedikit tau juga masalah ini.
Sebelum masuk ke alesan kenapa gambar-gambar 'yang katanya vektor' di cover wattpad itu sebenernya bukan gambar vektor, saya mau ngasih tau secara garis besar kalau gambar digital itu, diliat dari bagaimana gambar itu tersimpan, bisa dikategorikan jadi dua jenis gambar: bitmap dan vektor.
Karena dibedain, jelas ada bedanya lah ya.
gambar-gambar bitmap itu nyimpen gambarnya perpiksel, alias tiap warna pada titik yang ada di layar itu disimpen, sehingga kalau digambarkan bisa berbentuk matriks. Nah, mungkin karena layar-layar hape atau komputer kita punya ukuran piksel yang cukup besar, kita jadi nggak sadar bahwa bentuk-bentuk halus, smooth, yang kita buat itu sebenernya terdiri atas kotak-kotak kecil yang kalau kita perbesar, gambarnya bisa pecah
Nah, untuk vektor sendiri, di sini kita manfaatin bentuk-bentuk dari formula matematika yang biasanya membentuk objek geometri. Perbedaannya? Karena disimpen dalam bentuk formula, gambar vektor nggak akan pecah kalau diperbesar (kalau di contohnya agak pecah sih, soalnya kalau di-upload di sini harus dijadiin bitmap, tapi buat file aslinya, bener-bener nggak pecah)
Nah, menggambar suatu objek berbentuk geometri secara digital nggak langsung membuatnya menjadi gambar vektor. Kenapa? Karena dari definisinya sendiri, gambar vektor itu gambar yang disimpen dalam bentuk matematika yang jika divisualkan akan membuat sebuah bentuk geometris. Aplikasi-aplikasi di HP sendiri, setau saya jarang (atau malah nggak ada) yang nyediain fasilitas gambar vektor. Gambar-gambar vektor biasanya bisa dibuat dari aplikasi semacem Adobe Illustrator.
Jadi, gambar vektor itu sebenernya bukan gaya gambar, melainkan jenis gambar.
Nah, jadi sekarang coba aja ya zoom gambarnya (kalau bisa sampai 50x lebih besar). Kalau pecah, berarti itu bukan gambar vektor :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Kuliah di jurusan matematika itu ...
Random"Kenapa kamu mau masuk jurusan matematika?" "Karena suka ngitung." Kalau jawab kayak gitu, mungkin bakal diketawain sama anak matematika. Buat yang ingin tau seluk beluk mengenai dunia perkuliahan di jurusan ini, silakan dibaca mengenai beberapa pen...