21. Perjuangan Skripsi dari Awal Banget sampai Akhir

329 30 16
                                    

Mumpung masih dalam masa senang setelah yudisium kemarin, akhirnya ingin berbagi pengalaman aja dalam penulisan tugas akhir yang biasa dijadikan syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana. Namanya juga pengalaman pertama ngebuat karya tulis sebagai syarat kelulusan, jadi maklumin aja, ya, ngoahahaha.

Kalau denger cerita orang-orang, banyak banget yang ngomong kalau skripsi itu susah. Tapi menurut saya, kalau udah terbiasa menulis, nggak susah-susah amat kok. Yang bikin susah itu biasanya panduan penulisannya, aturan-aturan blablabla apalagi yang suka memberontak seperti saya kalau diatur-atur kayak gitu :)) Tapi jujur, selama penyusunan tugas akhir, saya tetep ngerasa enjoy walaupun memang ada di saat-saat tertentu ngerasa tertekan dan ... males!

Buat ide nulis skripsi, sebenernya saya udah ada ide dari semester lima, tapi masih bingung memilih antara dua: image processing atau kalkulus fraksional. Alesannya? Karena di lingkungan saya emang rata-rata ngambilnya kalkulus fraksional, lumayan banyak juga dosen yang mumpuni dalam bidang itu. Sedangkan untuk image processing, itu bener-bener murni karena saya pengen aja. Masalahnya, hampir nggak ada dosen yang berkutat di bidang itu

Mengingat ketidaksengajaan saya mengambil jurusan matematika pas SBMPTN dengan alesan suka kepo sama hal-hal berbau matematika sesuai hati nurani, padahal nggak suka ngitung, pilihan saya akhirnya jatoh ke image processing. Bahkan, nggak cuma itu, saya sengaja ngambil topik yang susaaaaaaahhhhh banget (menurut saya loh ya, ngoahahaha) dengan alesan biar dosennya nggak ngerti (toh nggak ada yang berkutat di bidang itu). Jadi, saya mikirnya entar pas diuji, saya bisa menjawab sebebas-bebasnya. Tapi, apakah selancar itu? Ya nggak lah :))

Saking bener-bener nggak ngerti (materinya baru banget, nggak pernah saya pelajari sama sekali, dan emang advanced sih topiknya), saya sampai ngontak penulis-penulis dari daftar pustaka saya cuma buat nanya turunan rumus, definisi, dan segala macem.

Saking bener-bener nggak ngerti (materinya baru banget, nggak pernah saya pelajari sama sekali, dan emang advanced sih topiknya), saya sampai ngontak penulis-penulis dari daftar pustaka saya cuma buat nanya turunan rumus, definisi, dan segala macem

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Oh iya, sebenernya saya ngambil skripsi itu udah dari semester tujuh. Tapi, karena rasa males saya yang sangat membara, apalagi dengan materi yang nggak saya pahami mulu, saya baru mulai bimbingan semester delapan. Itu pun nggak sengaja, gara-gara ada temen yang nge-chat kira-kira kayak gini :

Temen : "Dri, dosen ini mau ketemu kamu?"
Saya : "Hah? Oh, oke, makasih."

Jadi, ceritanya, 'si dosen ini' itu dosen pembimbing pertama saya. Pasti kalau dicariin, pikiran pertamanya langsung ke skripsi, dong (ya iyalah, wong ngilang satu semester). Ternyata, waktu ketemu, yang mau dibicarain itu bukan tentang skripsi, tapi masalah program pengabdian masyarakat yang dulu pernah dia kerjain sama saya :)) Yaa ampun, padahal gara-gara itu, saya ngebut ngerjain skripsi, nggak tidur dua hari cuma buat mahamin materi, dan ternyata dipanggil bukan buat itu :)) Tapi dari sana saya bersyukur, sih. Karena kalau nggak, mungkin sampai sekarang saya belum ngerjain skripsi sama sekali, wkwkwkwk.

Akhirnya karena 'udah ketemu', saya terpaksa 'harus rutin ketemu' dan di sana saya baru nyesel, karena ... kenapa saya harus ngambil topik yang amit-amit cuma biar pas ujian sidang bisa bebas?! Kenapa nggak kepikiran kalau nyusunnya juga bakal susah?! Kelabakan, sumpah dah.

Kuliah di jurusan matematika itu ...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang