Setelah berbulan-bulan memerangi diri sendiri dari rasa malas dan tak termotivasi, akhirnya mulai ngerjain penelitian mandiri tanpa pembimbing.
Terima kasih banyak buat banyak orang yang udah ngasih motivasi, bener-bener berarti buat saya (colek mbak Arabicca69, wkwkwk).
Setelah dipikir-pikir, akhirnya mutusin biar sekalian munculin progress di sini aja. Dari dulu sebenernya takut sih kalau nampilin progress penelitian di internet (idenya dicuri atau semacemnya), tapi kalau dipikir-pikir, nampilin progress juga bisa bikin saya termotivasi. jadi, daripada dipendem sendiri tapi akhirnya nggak diapa-apain, akhirnya saya mutusin buat yaa ... gitu deh.
Pindah haluan dari skripsi yang ngebahas Image processing ke Matematika Biologi, dan sedikit mengganti 'matematika biologi' yang umumnya ngebahas penyakit jadi ngebahas interaksi sosial. Sebenernya udah kepikiran tentang ini dari masih kuliah, tapi gara-gara skripsi, jadinya nggak pernah sempet mikirin.
Goal-nya ngeliat fenomena tingkat kriminalitas (space-nya sendiri belum tau, masih secara umum) untuk jangka panjang. Awalnya terkhusus ke kasus korupsi, tapi setelah saya pikir-pikir, bisa diterapin ke seluruh bentuk kriminal (pencurian, pembunuhan juga mungkin walaupun sedikit 'mustahil', KDRT, atau bahkan sekadar orang-orang yang suka nyebar berita hoax atau pengendalian opini). Jadi intinya, kita bisa ngeliat seberapa besar tingkat kejahatan dan ramalannya di masa mendatang (apakah tinggi atau nggak). Dan kalau misalnya mau diturunin, seberapa banyak tindakan yang harus kita lakukan sehingga tingkat kejahatannya bisa di bawah nilai yang kita inginkan.
Jadi, di sini saya nggak bahas *apa yang harus dilakukan untuk memberantas kejahatan*, melainkan *seberapa banyak tindakan yang harus kita lakukan untuk memberantas kejahatan*, bagaimanapun bentuk tindakan itu (bahkan termasuk nyantet si pelaku kalau emang itu efektif, ups).
Singkatnya, misalnya kita nemu satu berita hoax. Nah, dari 1000 orang yang baca, 900 orang percaya. Nah, berapa orang sih yang harus kita sadari sampai berita hoax itu nggak akan nyebar lagi. Mungkin, jawabannya adalah *semuanya*. Tapi kalau di matematika, ternyata ada batas minimal yang bisa kita tempuh sehingga berita hoax itu pada akhirnya nggak akan nyebar walaupun nggak kita sadarin 900 orang itu semuanya (yang jelas susah, apalagi kalau bebal orangnya, nguehehehe). Tapi, sebenernya isinya lebih kompleks lagi, heeehehe.
Kendalanya? Hmm, kayak biasa. Ngitungnya bener-bener lama, padahal ini udah pake bantuan komputer (kalau manual meninggal duluan). Tapi kadang-kadang lamanya itungan ngebuat saya takut kalau saya melakukan kesalahan dalam pengerjaan. Tadinya mau ngasih ilustrasi bentuk kesimpulannya kayak gimana, tapi saya tunggu dari tadi hasil itungannya juga nggak keluar-keluar, wkwkwk.
Selain itu, sebenernya masih banyak yang harus saya pelajari lagi, termasuk nyari tau faktor-faktor apa aja yang bisa ngebuat seseorang melakukan kejahatan dan semacemnya. So, kalau ada anak hukum/kriminologi/viktimologi, saya harap saya bisa mencari tau dari temen-temen sekalian :') heeehehe.
Selain itu, mungkin ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa ditanyain tentang penelitian ... atau anggep aja iseng-iseng deh, ini. I like sharing. Dan mungkin ada yang bisa ngebagiin pengalamannya juga buat saya yang sok-sokan ngerjain ginian, heeehehe :')
Terima kasih
KAMU SEDANG MEMBACA
Kuliah di jurusan matematika itu ...
Diversos"Kenapa kamu mau masuk jurusan matematika?" "Karena suka ngitung." Kalau jawab kayak gitu, mungkin bakal diketawain sama anak matematika. Buat yang ingin tau seluk beluk mengenai dunia perkuliahan di jurusan ini, silakan dibaca mengenai beberapa pen...