32. 9 SKS rasa 24 SKS

99 12 5
                                    

Ternyata sudah sekitar 8 minggu saya menjalani kuliah lanjutan ini, dan baru selesai minggu UTS juga. Waduh, ternyata sudah sejauh itu perjalanannya.

Pengalaman pertama kuliah daring, dengan beban yang, ehem, lumayan berat, akhirnya 1/8-nya sudah saya lewati (dengan asumsi lulus tepat waktu, hehe). Banyak suka banyak dukanya.

Tapi sukanya di awal-awal doang, sebelum masuk kuliah. Semasa kuliah, isinya duka semua :(

Hahahaha, nggak deng.

Sebenernya kayak yang diarahin saya dosen wali, saya diminta ngambil 9 sks aja dulu, terus perhatiin sanggup atau nggak. Sekarang, saya bener-bener bersyukur karena saya ngedengerin omongan dosen itu, karena minggu-minggu awal emang bikin pengen nangis sih, ngoahahaha. Ternyata kuliah dengan "hanya" 9 sks emang nggak segampang itu.

Bedanya? Hmm, apa ya. Kalau menurut saya, di S2 ini emang udah dituntut untuk paham basic dari mata kuliah-mata kuliah yang diajarkan, jadinya kebanyakan dosennya ngebut. Alias, harus belajar memahami sendiri di luar kelas. Bahkan ada satu mata kuliah yang isinya dipadetin dari dua mata kuliah pas dulu S1.

Oh iya, ada juga salah satu dosen saya yang cuma ngasih materi sebelum kelas (sekitar dua atau tiga hari sebelumnya), terus pas masuk kelas cuma nanya "ada yang mau ditanyain?"

Kalau nggak ada? Ya udah, kelasnya bubar. Ini beneran loh, wkwkwk.

Jujur, kalau pas S1 dulu mungkin saya bakal seneng. Selain bikin banyak waktu buat main, materinya juga nggak se-advanced sekarang. Kalau sekarang kayak gitu? Duh, malah bikin nangis. Mana nggak bisa ketemu langsung sama temen-temen buat saling curhat.

Intinya, malah jadi tetep harus belajar di luar jam kuliah. Mandiri, pula, dan referensinya itu, gilaaa, buat bacanya aja bener-bener muter otak buat ngertiin apa yang dimaksud sama penulis. Padahal rencana awalnya, ngeliat yang cuma 9 sks, pingin kuliah sambil kerja aja. Tapi kalau dipikir-pikir lagi? Hmmm, mungkin saya bakal meninggal gara-gara kuliah kerja kuliah kerja mulu.

Tambahan, kadang-kadang ada tugas yang deadline-nya juga hari sabtu atau minggu. Bahkan, ada juga yang satu mata kuliah, tiap pertemuan, dikasih dua tugas sekaligus.

Sukanya? Hmm, sebenernya dosennya asik-asik, bisa diajak diskusi, tapi kadang-kadang serem juga kalau kita udah dituntut bisa sesuatu yang menurut beliau-beliau ini "sangat dasar". Kadang-kadang malu kalau ketauan nggak bisa, wkwkwk. Apalagi, buat saya yang hampir setahun nggak pernah megang buku kuliah (buku catetan, bukan buku referensi, karena nggak pernah punya ... padahal nyatet juga nggak sih).

Tapi, yaa, udah kadung juga. Jadi harusnya nggak dijadiin masalah. Berat nggak berat, kan emang udah dipilih jalannya. Jadi, harus dijalani juga konsekuensinya, hehehe.

Tapi jadi kangen nulis (sumpah deh, beneran hampir nggak ada waktu).

Kuliah di jurusan matematika itu ...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang