(masih) #Edisi Ramadhan: Lebaran

855 194 30
                                    

Suara takbir yang berkumandang bangunin Jisung dari mimpi indahnya. Setelah ngumpulin nyawa dan sadar kalo hari ini adalah hari spesial, dengan heboh dia bangunin Felix yang masih molor sambil peluk boneka anak ayam kuningnya.

“Bangun! Lebaran, Fel!” katanya sambil goyangin tubuh Felix. Si Bungsu mengerang ngga terima lantaran tidurnya diganggu. Akhirnya buka mata karena Jisung ngga berhenti teriak di telinganya.

“Iya, ini bangun. Diem, ih! Kamu berisik kaya Soonie.” Katanya sambil kucek matanya. “ayo mandi biar Bunda ngga marah-marah.”

Akhirnya buntelan gemes itu keluar kamar, nemuin Bunda yang lagi berdiri nata sarapan di meja makan. Sunnah Rasul, sarapan dulu sebelum solat.

“Wah, jagoan Bunda udah bangun. Mandi, gih, airnya udah siap.” Kata Bunda sambil senyum lihat Si Kembar.

Karena nggak sabar mau solat di masjid, dua puluh menit setelahnya si Kembar udah siap pake baju koko baru. Jisung pake setelan warna coklat tua sedangkan Felix pake setelan warna coklat susu. Sama Bunda juga dipakein peci yang warnanya senada. Ngga lupa bawain sajadah kecil buat Si Kembar. Habis sarapan, bareng sama Ayah Bunda, mereka berangkat ke masjid bareng. Eh, waktu keluar juga nemuin Hyunjin yang pake setelan biru sambil dadah-dadah ke si Kembar.

“Met lebaran!” teriaknya waktu lihat Si Kembar di depan rumah. Dengan semangat lari ke arah Si Kembar dan rangkul bahu mereka akrab. “Mamaku masak rendang. Aku tadi makan dua kali.”

Felix lirik perut Hyunjin, “perutmu ngga meledak?” tanyanya.

Hyunjin ketawa, “mana bisa meledak.” Katanya sambil tepuk perutnya sendiri. “harusnya kamu khawatir sama pipi gembulnya Jisung.”

“emang pipiku kenapa?” Jisung tanya sambil pegang-pegang pipinya.

Hyunjin ikut pegang pipi Jisung. Dengan watados tarik pipi gembil Jisung, “ini kalo kamu kebanyakan makan nanti bakal meledak.”

Jisung melotot ngga terima, “enak aja kalo ngomong.” Katanya sambil tarik tangan Hyunjin dari pipinya.

“itu kak Minho.” Kata Felix tiba-tiba.
Di depan rumahnya, Minho pake baju warna abu-abu lagi gendong Dori yang pake peci punya Minho. Di belakangnya ada Soonie yang lagi grooming sama Doongie yang nguap lebar banget. Ada Ayah Ibunya juga yang lagi ngunci rumah, sama-sama udah siap buat pergi ke Masjid.

Di kediaman Mami Chan juga sama. Chan lagi jongkok mainin rumput pake baju warna merah. Waktu dideketin Felix ternyata Chan lagi ngobrol sama semut.

“ini semutnya lagi salam-salaman, Fel. Tuh, lihat, mereka salaman pake antenanya sambil bilang gini, ‘maafin aku, ya, kalo ada salah’, gitu.” Kata Chan yang jelas diangguki Felix.

“lucu, aku juga pengen minta maaf.” Felix jongkok di sebelah Chan, sodorin telunjuknya ke arah semut-semut di bawahnya yang mana malah buat semutnya mati mecedel saking semangatnya Felix minta maaf.

Setelah adegan maaf-maafan barusan, Felix sama Chan diseret sama Jisung sama Minho soalnya Felix udah mau nangis aja lihat semut yang mati karena ulahnya.
Satu jam setelahnya, acara solat di perumahan selesai. Waktunya maaf-maafan sama Ayah Bunda.

“Bunda, Jisung minta maaf, ya, karena nakal sama Felix, nakal sama Hyunjin, nakal sama Kak Minho, Kak Chan, Kak Chnagbin juga. Kadang juga suka jahilin Seungmin sama Jeongin. Maaf, ya, Bunda. Kalo Jisung nakal lagi ntar Jisung minta maaf lagi, deh. Janji.”

Acara maaf-maafan yang harusnya penuh haru itu justru malah jadi lucu karena kalimat minta maaf Jisung. “iya, Bunda maafin. Jadi anak baik ya, Jisung. Sekolah yang rajin biar besok gede punya uang banyak kaya Om Brian.”

(discontinued) twinsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang