(135) Bersyukur maka tidak insecure

7 4 0
                                    


Bersyukur maka tidak insecure.

Jika kita bersyukur, dengan izin Allah SWT, kita akan terbebas dari insecure. Teks Khutbah Jumat "bersyukur" berikut ini akan menjelaskan secara lebih detail tentang bersyukur dan cara melakukannya dalam Al-Quran.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَكْرَمَ مَنْ اِتَّقَى بِمَحَبَّتِهِ وَأَوْعَدَ مَنْ خَالَفَهُ بِغَضَبِهِ وَعَذَابِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَالدِّيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ،
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ الله وَخَيْرِ خَلْقِهِ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ، أَمَّا بَعْدُ،
فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَاتَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Hadirin, jama'ah shalat Jumat yang dimuliakan oleh Allah ta'ala.

Al-Quran menyebut kata syukur dan derivasinya sebanyak 75 kali, sebagai gambaran bahwa syukur merupakan hal yang penting dalam ajaran Islam. Ada 2 kata perintah syukur berbentuk mufrad dan ada 5 kata perintah bersyukur berbentuk jama', yang artinya kita bersyukur atas apapun yang kita terima sebagai individu dan sebagai kolektif umat manusia.

Al-Quran merekam beberapa tokoh yang disebut sebagai sosok syakur atau orang yang banyak bersyukur. Dalam surah al-Isra ayat 3, Nabi Nuh disebut banyak bersyukur walaupun ratusan tahun berdakwah selalu mendapat cibiran dan hinaan (QS. Al- 'Ankabut ayat 14 dan Nuh ayat 1-28).

Nabi Dawud banyak bersyukur sebelum dan setelah dirinya menjadi raja (QS. Al-Baqarah ayat 251 dan Saba' ayat 13). Nabi Ibrahim yang mendapat tentangan keras dalam berdakwah dari ayahnya sendiri dan sempat dihukum bakar oleh raja, juga mendapat label manusia yang banyak bersyukur (QS. Alnahl ayat 120-123).

BERSYUKUR MAKA TIDAK INSECURE
INSECURE?TANDA KURANG BERSYUKUR.

Islamic bookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang