Antara Program Kerja dan Rasa Untuk Dia

530 70 45
                                    

"Luarnya aja keliatan tegas, garang, harus serba bener

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Luarnya aja keliatan tegas, garang, harus serba bener. Aslinya tetep ambyar dan mleyot juga kalo udah kenal sama cowok ganteng, gentle, dan mempesona. Ya, namanya pernah jadi budak cinta"

- Kanza Erina Tanaka -

➖ KKN ➖

Minggu kedua pelaksanaan kegiatan KKN. Kalo di kalender pelaksanaan, seharusnya minggu ini program besar KKN udah mulai terlaksana. Seperti halnya kelompok 17 juga punya rencana buat realisasiin satu-persatu program besar mereka mulai minggu ini. Tau sendiri kelompok ini punya pak ketu yang super perfeksionis dan bu ketu yang disiplin abis, jadinya planning yang ada harus dieksekusi secara terstruktur and not missing little thing about this.

Dalam waktu dekat ini, Erina mau realisasiin program sosialisasi pembuatan pupuk kompos cair. Sosialisasi ini diambil Erin karena selain nerapin ilmu yang dia dapat dari kampus, Erin lihat di Desa Bangun Asih mayoritas warganya petani karena memang didukung geografis desa yang cocok buat kegiatan pertanian. Dan setiap rumah di desa ini juga punya lahan pribadi buat nanam tanaman seperti cabai dan tomat.

Makanya, Erin bikin sosialisasi pupuk kompos cair. Biar petani disini jadi petani mandiri, ngga selalu ngandelin pupuk kimia yang punya dampak kurang baik buat lingkungan. Dan sekaligus nanti hasil produksi pupuk mandirinya bisa jadi pemasukan buat desa. Dan tentunya juga sebagai bentuk upaya mengurangi limbah dapur masyarakat sekitar.

Tapi yang jadi kendala, Erin pernah buat dan hasilnya gagal. Erin mau mulai bikin lagi tapi dia juga takut gagal lagi, soalnya kalo dia gagal otomatis sosialisasinya ngga maksimal dan malah ngabisin duit kas buat beli bahan-bahannya.

Emang Erin pengen sosialisasi ini bisa jalan sempurna, tanpa kendala. Makanya semenjak kompos cair yang dia buat pertama gagal, sekarang Erin bikin jadwal konsul sama pak kades. Dan kebetulan juga pak kades kedatangan Pak Gunawan, si ahlinya urusan pertanian di Desa Bangun Asih.

"Gimana persiapan sosialisasi kamu Erin? Pupuk komposnya berhasil kamu buat? tanya Pak Bimo saat Erin berkonsultasi soal pembuatan pupuk kedua yang akan dia lakukan.

"Persiapan sejauh ini masih kurang pak, soalnya pupuk cair pertama saya gagal dan saya masih ragu untuk mulai pembuatan lagi. Saya masih nyari tau kenapa bisa gagal. Kalau saya paksa bikin lagi tapi ngga tau dimana kesalahan yang kemarin bisa jadi hasilnya juga gagal dan sosialisinya jadi percuma" ujar Erin.

"Ya bapak setuju, memang untuk hal semacam ini harus ada persiapan yang matang. Apalagi kamu juga mau bikin demo buat pupuk komposnya, kalo gagal bisa fatal Rin. Kebetulan hari ini bapak kedatangan tamu, siapa tau kamu bisa nanya-nanya dan belajar sama beliau" ujar Pak Bimo sambil mengenalkan seseorang yang duduk di sebelah Pak Bimo.

Erin tersenyum ke arah orang itu, beliau pun juga balas tersenyum manis ke Erin. Sampe Erin ngebatin, "Senyumnya manis banget kayak malaikat"

KKN | SKZONETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang