Bab 1991: Dunia Membusuk
Orang Tua Reverence Moon berbalik dan memasuki Boundary Ancestral Mountain. Saat batasan di sekitar gunung muncul, Orang Tua Bulan Yang Terhormat menyelinap melalui penghalang.
Huang Xiaolong dan tuan muda Dunia Naga, Ao Ping, merasakan rahang mereka jatuh karena terkejut. Ketika orang lain mencoba menerobos ke Gunung Leluhur Batas, mereka dikirim terbang oleh batasan di sekitar gunung. Namun, tidak ada yang terjadi pada Reverence Moon Old Man!
“Brat, kenapa kamu berdiri di sana? Cepat masuk! ” The Reverence Moon Old Man direcoki ketika dia melihat bahwa Huang Xiaolong berdiri terpaku di tempatnya.
Huang Xiaolong menarik kembali perhatiannya dan buru-buru berlari ke pegunungan. Karena dia telah menghidupkan kembali roh dari empat belas jiwa malaikat bersayap, batasan di sekitar gunung tidak akan bisa menghentikannya. Huang Xiaolong bisa masuk dan pergi sesuka hatinya.
Setelah memasuki Boundary Ancestral Mountain dengan Reverence Moon Old Man, lelaki tua itu membawa Huang Xiaolong ke istana di puncak gunung. Ekspresi penyesalan muncul di wajah lelaki tua itu ketika dia berdiri di depan pintu masuk istana. “Dalam sekejap mata, beberapa ratus juta tahun telah berlalu … Orang tua ini masih hidup dan bersemangat, tetapi kamu tidak lagi di sini.”
Dia memikirkan tentang waktu ketika dia mendirikan Perpustakaan Bulan Penghormatan bersama Leluhur Radiance.
Huang Xiaolong berdiri di samping karena dia tidak berbicara sepatah kata pun.
Orang tua itu baru mulai berjalan ke istana setelah satu menit penuh. Ketika dia masuk, dia melihat interior yang telanjang dan menegur, “Bocah kecil, kamu benar-benar tahu bagaimana cara menyapu harta …”
Huang Xiaolong hanya bisa tertawa menjawab, “Ahem … karena mereka di sana mengumpulkan debu, tidak ada gunanya meninggalkan mereka di sana.”
The Reverence Moon Old Man tertawa terbahak-bahak. “Bocah kecil, kamu benar-benar tahu harus berkata apa!” Dia berjalan ke salah satu planet dan duduk di puncak gunung bersama dengan Huang Xiaolong.
“Kamu benar-benar mirip dengan Ke Shun …” Orang Tua Yang Terhormat Moon tiba-tiba berbicara.
Huang Xiaolong tertegun sejenak. Ke Shun? Bukankah orang tua itu berbicara tentang Radiance Ancestor? Apakah nama Leluhur Radiance Ke Shun?
“Di masa lalu, Kaisar Langit Kuno dan Leluhur Buddha telah bergandengan tangan dan bertempur melawan Ke Shun. Saya berada di Dunia yang Membusuk saat itu, dan saya tertahan oleh sesuatu. Saya gagal untuk segera kembali. ” Setelah Reverence Moon Old Man mengingat masa lalu, ekspresi penderitaan melintas di matanya. “Jika bukan karena aku bersikeras menerobos ke Dunia yang Membusuk, aku bisa bertarung bersama Ke Shun! Tidak ada yang akan terjadi padanya… ”
Huang Xiaolong terdiam sesaat sebelum menghibur orang tua itu. “Senior Reverence Moon, tidak perlu menyalahkan dirimu sendiri. Itu bukan salahmu. ”
Orang Tua Reverence Moon menggelengkan kepalanya, dan ekspresi sedih muncul di wajahnya. “Saya telah menyalahkan diri saya sendiri sepanjang hidup saya. Aku sangat berhutang budi pada tuanmu… Setelah kembali dari dunia yang membusuk dan menerima berita, aku pergi mencari Kaisar Langit Kuno dengan amarah. ”
Dia telah lama menyadari bahwa Huang Xiaolong adalah penerus Radiance Ancestor, dan itu berarti Huang Xiaolong adalah murid Radiance Ancestor. Itu juga mengapa Pak Tua Bulan Yang Terhormat bergerak melawan Bai Hui, Bin Ge, dan yang lainnya.