Masa depan.

14 8 2
                                    

Masa depan adalah sebuah rahasia. Hal yang kita semua tidak akan pernah tahu. Masa depan kita akan seperti apa dan bagaimana, semuanya misteri. Kita tidak akan pernah tahu hingga nantinya kita menjalani waktu yang saat ini masih kita sebut masa depan.

Aku sering bertanya-tanya, akan seperti apa aku di masa depan. Sepuluh tahun lagi, bagaimana hidupku? Aku pun tidak tahu. Begitu juga orang lain. Yang bisa kita lakukan adalan belajar menjadi lebih baik di hari esok daripada hari kemarin.

Seseorang bertanya padaku perihal masa depan, katanya, "Kamu ada rencana gak buat ke depannya?dan masa depan seperti apa yang ingin kamu bangun?"

Rencana. Sejujurnya ada banyak rencana dan impian yang sangat ingin aku lakukan di masa depan. Ada yang terdengar sangat mustahil dan adapula yang sederhana. Bukankah manusia memang dipenuhi oleh mimpi? Entah akan tercapai atau tidak, setidaknya aku mampu bermimpi. Aku tidak berpikir terlalu banyak tentang apa yang akan aku bangun di masa depan, itu masih terlalu jauh. Aku lebih senang memikirkan bagaimana hariku besok jika aku masih bangun di pagi hari? Apakah akan baik-baik saja? Lalu saat banyak hari berlalu aku akan kembali bertanya pada diriku sendiri. Luka seperti apa lagi yang akan aku terima di masa mendatang? Apakah jauh lebih menyakitkan? Mungkin saja.

Manusia tidak pernah tahu masa depan seperti apa yang sudah Tuhan persiapan. Alangkah baiknya kita mempersiapkan hal itu dari sekarang. Kita harus terus belajar dari pengalaman di masa lalu. Terus berbuat baik, mencintai diri sendiri dan orang sekitar, juga berusaha dan berdoa. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan sudah berkehendak, itu yang kuyakini.
Bagiku, daripada berusaha mengubah masa lalu yang terdengar mustahil, lebih baik menjadi lebih baik di masa depan. Kesalahan ada bukan hanya untuk disesali dan direnungi saja, belajarlah dari kesalahan yang kita punya. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau belajar dan berkembang.

Seseorang yang sekarang sedang kesusahan dan hidupnya tertekan, mungkin 20 tahun lagi akan menjadi orang sukses dan bahagia. Kita tidak pernah tahu. Akan seperti apa akhir dari kehidupan seseorang. Perbaiki diri selagi ada waktu. Itu lebih baik.

Aksara Rasa [ TAMAT ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang