Manusia Kuat

600 140 6
                                    

       Babeh Guntur berlari tergopoh gopoh menuju rumah kost tengah hari. Wajahnya terlihat panik dan khawatir. Setibanya ia disana, Ada Kenan, Julio dan Panji yang sibuk dengan kegiatan masing masing.

       "Jul, Yang lainnya kemana?" Tanya Babeh Guntur. Julio hanya mengangkat bahu.
      "Satria, Satria mana Satria?" Rupanya Babeh Guntur mencari anak rantau itu.
       "Satria belum pulang Beh." Ucap Kenan tanpa mengalihkan pandangannya dari layar ponsel.
       "Kalian semua tau kalo Satria sakit?"

      Kenan, Panji dan Julio terkejut. Mereka seolah tersambar petir di siang bolong.
      "Babeh jangan becanda Beh, Ucapan adalah doa." Kenan ikut khawatir mendengar kabar dari pemilik kost yang ia tinggali.

      Tak mau dianggap bercanda, Babeh Guntur lantas merogoh saku celananya dan mengambil sebotol obat dengan nama Satria yang tertera disana.

       "Eh beneran ternyata, Tapi Mas Satria sakit apa Beh?" Panji mengambil obat itu dan memutar mutar botol untuk mencari informasi.

       "Bisa bisanya anak itu sakit ngga bilang sama Babeh. Babeh ngga tau dia sakit apa tapi Babeh nemu obat ini di kamar mandi tadi pagi."

●●●

       Malamnya, Satria dan anak anak lain menikmati hidangan makan malam seperti biasanya.

       "Mas, Ada ngga yang mau Mas Satria ceritain ke kita?" Satria menautkan alis mendengar pertanyaan Panji. Ia lalu menggeleng dan melanjutkan makan.
       "Aneh aneh aja lo Nji, Orang lagi makan disuruh cerita." Celetuk Nando. Sementara Panji hanya mencibir.
       "Mas Satria abis makan ke rumah Babeh, Tadi Babeh kesini nyariin."
       "Ngapain Babeh nyariin gue? Perasaan belum waktunya bayar kost deh."

       Setelah makan, Satria pergi menuju rumah Babeh Guntur yang letaknya tepat berada di depan kost.

       "Assalamualaikum, Kata Panji, Babeh nyari saya?"

       Babeh Guntur yang sedang mengelap mobil segera berhenti dan menyuruh Satria untuk masuk ke dalam rumah. Satria yang tak tahu apa apa hanya menurut dan duduk di sofa ruang depan. Tak lama Babeh datang dan duduk berhadapan dengannya.

       "Babeh mau nanya sesuatu, Tapi Satria janji sama Babeh, Jawab sejujur jujurnya." Suasana seketika menegang. Satria hanya bisa mengangguk dan berharap harap cemas.
       "Ini obat apa nak? Obat Satria kan? Babeh nemu di kamar mandi rumah. Satria sebenernya kenapa? Cerita sama Babeh." Babeh Guntur meletakkan botol obat yang ia tunjukkan pada Panji tadi siang diatas meja. Ekspresi Satria seketika berubah menjadi begitu panik.

       "A- Anu Itu Beh, Itu ehm, Itu punya..." Satria tergagap, Di satu sisi ia tak mau orang lain tahu tentang sakitnya, Disisi lain orang didepannya meminta ia untuk berkata jujur. Akhirnya setelah menarik napas dalam ia siap mengungkap semuanya.

       "Itu obat pereda nyeri Beh. Saya divonis mengidap Aneurisma Otak satu bulan sebelum saya tiba di Jakarta."

       Babeh Guntur terkejut bukan main. Penyakit yang diderita anak kost nya bukan penyakit sembarangan. Ada rasa bersalah di dirinya karena terlambat menyadari kondisi salah satu anaknya.

      "Kenapa Satria ngga ngomong sama Babeh dari awal? Kenapa malah diumpetin dari semua orang?"
      "Saya ngga mau nyusahin Babeh, Saya juga takut kalo saya cerita nanti Babeh ngga ngizinin saya ngekost disini. Saya pikir obat itu udah hilang jadi saya beli lagi." Tutur Satria, Tangannya meraih botol obat didepannya dan menggenggam erat erat benda itu.

      "Satria, Babeh tau Satria orang kuat, Bisa jagain orang orang disekitar. Babeh tau Satria salah satu orang yang jadi tempat keluh kesah anak kost lainnya. Tapi sekuat apapun, Ngga seharusnya Satria tanggung ini sendiri. Kalo kaya gini Babeh ngerasa ngga berguna jadi orang tua."

      Mendengar penuturan Babeh Guntur, Satria semakin bingung harus berbuat apa.
       "Babeh, Jangan usir saya ya. Susah ngeyakinin ibu sama ayah dirumah. Butuh waktu buat Ibu dan Ayah izinin Satria pergi ke Jakarta dan tinggal di kost ini."

       Babeh guntur mengangguk pelan dan tersenyum. Ada rasa sedih yang mencuat dari hati pria tinggi besar itu. Melihat seorang anak berhati hangat yang diberi ujian begitu berat membuatnya tak tega.

      "Terus untuk perkembangan penyakit itu gimana? Apa mau ada tindakan?"
      "Ada Beh. Liburan nanti mau operasi. Doain lancar ya Beh. Nanti saya ceritain lengkapnya besok, Saya pamit balik ke kost." Jawab Satria tegar, Namun tak setegar biasanya. Terlihat matanya berkaca kaca.

       "Satria, Sini peluk. Biasanya lo yang meluk dan nenangin adek adek lo kan? Kali ini biarin Babeh meluk lo dan ngasih lo semangat."

       Satria tersenyum dan memeluk orang yang sudah ia anggap ayah itu. Tangan Babeh Guntur mengelus punggung Satria perlahan dan mengucapkan beberapa kalimat untuk menyemangati anak itu.

      "Manusia kuat, Lain kali jangan disimpen sendiri ya. Pasti bisa sembuh. Satria anak yang hebat, Yang semangatnya tinggi untuk mencari ilmu jauh dari rumah dengan kondisi kurang sehat. Semangat! Pasti bisa sembuh."

       Suasana haru menyelimuti mereka untuk beberapa saat sampai akhirnya Babeh Guntur melepas pelukan dan menuntun Satria keluar dari rumah. Didepan rumah, Semua penghuni kost sudah menunggu dengan wajah sedih. Rupanya mereka semua sengaja menguping obrolan Satria dan Babeh Guntur.

       "Mas Satria semangat ya." Kenzo orang pertama yang menghampiri Satria dan memeluk laki laki itu, Disusul yang lainnya sehingga mereka saling peluk mengelilingi Satria. Momen ini benar benar menggetarkan hati Babeh Guntur hingga ia meneteskan air mata. Dirinya tak menyangka rumah kost yang ia miliki menjadi tempat beberapa orang dengan masalah masing masing yang saling menyemangati satu sama lain.

      Air mata Satria yang sedari ia tahan tahan akhirnya tumpah juga. Dipelukan mereka, Satria menangis bahagia. Semua menyayangi Satria, Orang baik yang selalu bersikap dewasa dan terlihat baik baik saja padahal ada rasa sakit yang menyerangnya tiap saat.

      "Udah yuk pulang. Udah cukup nangis nangisnya nanti tetangga ngira Babeh Guntur ngusir kita, Iya kan Beh? Loh kok Babeh nangis juga?" Satria tertawa disela sela tangisnya melihat Babeh Guntur terisak.

      "Udah sana lo semua balik ke kost, Istirahat udah malem. Malah nangis nangis lo pada di rumah gue."
      
      Sebelum pergi meninggalkan rumah Babeh, Nando menyempatkan untuk memotret Babeh Guntur yang sedang emosional.

      "Babeh, Senyuuuum." Ucap Nando sambil memotret Babeh Guntur dengan wajah aibnya.
      "Emang laknat lo ya, Kaga berkah itu. Apus ngga?!"

      Semua orang tertawa lalu berjalan beriringan menuju kost. Malam ini Satria merasa lega, Pasalnya ia tak perlu lagi sembunyi sembunyi mengonsumsi obat dan berlari ke kamar mandi tiap kepalanya terasa sakit.

       "Makasih ya guys, Gue sayang kalian semua."


Huwaaaa keep strong Satria, Btw jgn lupa vote sebelum lanjut baca ya hehehe love u all♡

     

   

      

DIBAWAH ATAP KOST (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang