Haiii
Emm... sebelumnya aku mau minta maaf sebesar-besarnya karena aku belum bisa melakukan sesuai sama harapan aku kemarin, yang berharap sebelum desember cerita ini akan usai.
Namun ternyata gak segampang itu:(
Mulai dari tugas-tugas yang menumpuk dan kesibukan lainnya membuat aku gak ada waktu untuk nulis sama sekali.
Kalau pun ada idenya, ide itu suka hilang tiba-tiba, atau cara menjabarkan imajinasiku itu susah. Aku siap nulis cuman ada waktunya aku kesusahan untuk menyampaikannya.
Kalo boleh jujur, menulis itu tak segampang kelihatannya. Mungkin ada orang yang merasa menulis itu mudah tinggal menjalankan ceritanya seperti ini kemudian selesai.
Tapi, menulis gak semudah itu. Perlu memikirkan konsep-konsep, alur cerita, tokoh, watak tokoh, peristiwanya, serta inti satu chapter itu.
Meski baru tahun ini membaca wattpad, aku tahu mana yang beneran niat nulis sampai mempelajari tentang kepenulisan dan mana yang ada niat tapi menyepelekan konsep kepenulisan. Mungkin karena hobi membaca jadi aku tahu kali ya.
Sama seperti aku diawal-awal, dimana ada banyak sekali kesalahan dalam kepenulisan. Perlahan-lahan tapi pasti aku mempelajarinya, mulai dari men-follow akun-akun yang mengajarkan tentang kepenulisan, sampai mencarinya di go*gle.
Yah perjalananku di wattpad baru berjalan 6 bulan, terasa lama tapi jika dibandingkan dengan yang lain itu hanya sebentar.
Banyak hal yang aku lalui hehe. Aku juga masih ingat waktu pertama kali mempublikasikan cerita ini, aku membagikan linknya ke teman-teman dekat mau yang online or offline.
Minta mereka promosiin karena aku dulunya gak punya IG. Awalnya malu sih kasih tau ke mereka, tapi salah satu teman aku bilang "Ngapain malu, itu karyamu sendiri, bukan hasil nyolong karya orang."
Dialaj orang yang buat aku mulai berani. Sampai akhirnya ada satu orang yang hadir/ngelihat cerita aku, yang buat aku syok kek "Loh, ada yang lihat?"
Ternyata yang baca juga seorang penulis pemula hehe, dia komen bilang mampir juga diceritanya, ya udah aku mampir. Nah disini aku ngerasa ada banyak kesalahan dalam kepenulisannya. Sebelum publikasikan cerita ini aku baca-baca cerita karya penulis besar dulu.
Aku mau komen cuman, aku masih sangat pemula waktu itu. Dia udah lebih dulu disini, anggap aja dia senior dan aku junior, gak mungkin kan aku kritik senior? Nanti dikira sok lagi:(
Lagipula pembacanya banyak, tapi gak ada satupun komen kek yang mengkritik dia. Setelah berbulan-bulan aku tahu dan sadar, kalo sebenarnya dia ada banyak feedbackan, makanya gitu seperti aku dulu.
Gak ada yang beneran niat buat kasih tau yang benar yang mana dan yang salah yang mana. Yah intinya 'orang itu' udah balas nge-feedback kan?
Itulah gak enaknya, tapi ada juga kok orang feedbackan yang ngasih saran dan kritik juga. Yahh.... kalo mau, kita duluan yang harus kasih saran dan kritik itu, jadi teman feedbackan juga akan membantu/mencari kesalahan dalam kepenulisannya dan akan langsung memberikan saran yang benar.
Begitulah kira-kira awal-awalnya ya hehe.
Haduhhh.... ceritanya kepanjangan:)
Sesuai judulnya chapter ini Announcement yang artinya pengumuman. Aku mau ngasih kabar buruk:(
Aku mau hiatus boleh? Soalnya aku besok udah mulai PAS, jadi mau fokus kesana dulu.
Maaf banget yaa🙏😭
Gak tau sampai kapan, pokoknya kalo aku udah ulangan + udah ada chapter yang mau di up, aku bakal up.
Pantengin aja terus yaa.
Oh iya, aku mau nanya nih gambar orang dicerita baruku nanti enakan up setelah cerita ini selesai atau sebelum cerita ini selesai? jadi kejutan gitu gak tau chapter berapa hehe.
Udah sekian dulu ya, mau belajar buat PAS soalnya. Papay pembaca tercintaaaa.
Semangat buat kalian yang sedang PAS, semoga kita semua bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, Aamiin ya Allah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Someday [Selesai]✔
Teen FictionCerita udah tamat. Gak lanjut revisi lagi karena mau fokus cerita satunya. Part lengkap yaa^^ "Someday, all will surely feel happiness." . "Ra?" -Abigail "Gue gak apa-apa" -Aretha •••••••••• "Someday. Pasti adakan hari dimana mereka menyayangi Ara s...