Bukan orang baru

488 91 2
                                    

       Jane berjalan gontai menyusuri trotoar. Sudah satu minggu gadis cantik itu mencari pekerjaan setelah diberlakukan pemberhentian kerja di kantor lamanya. Mata Jane terus memperhatikan satu persatu selebaran yang ditempel di toko toko. Namun hampir semua selebaran itu ditempel berbulan bulan yang lalu dan tidak berarti apa apa.

       Hingga tibalah Jane di sebuah kafe yang sedang mencari karyawan part time. Segaris senyuman timbul di bibir Jane. Untuk sementara waktu mungkin ia bisa bekerja disana sembari mencari pekerjaan lain yang lebih baik.

       Dengan penuh semangat Jane memasuki kafe tersebut, Bertanya pada seorang karyawan perihal lowongan pekerjaan. Jane diarahkan untuk langsung berbicara pada si pemilik kafe yang kebetulan ada di sana.

       "Permisi kak, Saya mau menanyakan tentang pekerja part time yang kakak cari untuk kafe ini." Ucap Jane pada laki laki yang duduk membelakanginya. Laki laki itu menoleh, Tersenyum ramah padanya.

       Mata Jane terbelalak begitu melihat wajah calon bosnya. Berulang kali dirinya mengerjapkan mata, Memastikan siapa sosok yang ia lihat kali ini.

       "Duduk dulu, Biar enak ngobrolnya." Jane menuruti ucapan laki laki tersebut dan duduk di depannya.
   
       "Uhm maaf lancang tapi... Ini Kak Krist temennya Kak Mike bukan? Hehehe." Rasa penasaran Jane sudah tak terbendung lagi.

       "Loh kamu kenal Mike? Iya aku temennya Mike. Kamu siapanya dia? Saudara?"
       "Oh bukan kak. Kita satu sekolah. Coba inget inget lagi deh, Waktu acara ulang tahun sekolah pas Kak Krist kelas 12. Kakak ada di panggung sama satu cewek yang pake wig. Itu aku."

       Krist berusaha keras mengingat ingat hingga akhirnya mata laki laki itu membulat.

       "Ohhhh iya iya inget. Wah ngga nyangka banget kita ketemu lagi. Kalo ngga salah waktu itu aku juga pernah anterin kamu pulang. Pas ban sepeda kamu bocor. Iya kan?"

       Jane mengangguk. Ia masih tak percaya bisa bertemu lagi pada sosok yang cukup berarti di masa SMA nya. Laki laki yang sukses memberi debaran debaran kecil di hati Jane setiap hari. Bahkan hingga hari ini, Debaran itu masih terasa.

       Puas membicarakan masa SMA, Krist dan Jane mulai membahas tentang pekerjaan. Jane kini resmi bekerja di kafe milik Krist mulai sore hari hingga kafe tutup.

       "Kamu bisa kerja mulai sore ini. Tapi kalo keberatan kamu bisa mulai besok kok." Ucap Krist.
       "Aku kerja mulai besok ngga papa kan kak? Janji deh besok aku dateng cepet."
       "Ngga papa Jane. Oh iya kamu pulang naik apa? Mau aku anterin?"

       Jantung Jane seperti tengah bersiap melompat pergi dari tempat asalnya. Setelah bertahun tahun tak bertemu ia kembali ditawari oleh Krist tumpangan untuk pulang. Masih teringat jelas bagaimana Jane merasakan nyamannya memeluk pinggang Krist, Menikmati jalan pulang di atas motor.

       "Boleh sih kak kalo ngga ngerepotin."
       "Ah mana mungkin ngerepotin. Yaudah ayo."

       Krist merangkul Jane dan berjalan keluar meninggalkan kafe menuju mobilnya. Saat Jane hendak membuka pintu mobil, Krist menahannya.

       "Sorry Jane, Tapi kalo kamu ngga keberatan aku minta kamu duduk di jok belakang aja ngga papa kan? Jok depan buat anak aku."
       "Ah iya ngga papa kak."

       Jane memenuhi permintaan Krist dengan duduk di jok belakang. Mungkin sekalian jemput anak pulang sekolah, Batin Jane. Ada sedikit rasa kecewa saat Krist menyebutkan kata 'anak' yang itu berarti Krist sudah memiliki pasangan.

       Sepanjang jalan mereka berdua berbincang bincang hingga tibalah mereka di sebuah topik yang sedikit mengejutkan bagi Jane.

       "Jane, Kamu belum ngasih tau dimana alamat kamu loh. Aku juga dari tadi mau nanya tapi lupa."
       "Loh kita ngga jemput anak Kak Krist dulu?"
       "Hah? Kok tiba tiba jadi jemput anak aku?"
       "Iya... Kita mau jemput anak Kak Krist di sekolah atau di les dulu barangkali?"

       Keduanya diam untuk beberapa detik hingga akhirnya Krist tertawa. Jane yang sudah bingung dibuat semakin kebingungan melihat respon lawan bicaranya.

       "Anak aku mah udah meninggal Jane. Ngapain dijemput? Mau jemput ke surga?"
       "Hah? Tadi katanya jok depan buat anak kakak, Jadi aku pikir mungkin sambil nganter aku pulang Kak Krist sekalian jemput anak. Maaf kak aku ngga tau."
       "Aduh Jane bisa bisanya kita miskomunikasi hahaha. Aku larang kamu duduk di samping karena ini tempat duduk favorit almarhum anak aku. Banyak banget kenangan tentang dia."

       Nada bicara Krist terdengar sedikit sedih. Meskipun diselingi tawa, Jane masih bisa menangkap perasaan terluka yang meluncur bersamaan dengan penuturan Krist.

       "Jalan Aster nomor 8." Ucap Jane sebelum akhirnya ia memilih diam. Krist pun ikut diam, Fokus memperhatikan jalanan dan mengantar Jane ke alamat yang dituju.

       "Terima kasih ya kak udah repot repot anterin aku."
       "Sama sama Jane. Jangan lupa besok masuk kerja. Aku permisi dulu ya."

       "Kak Krist... Semangat ya." Gumam Jane setelah mobil Krist pergi.

Don't forget to vote
      

NEPENTHE ( Sequel Of 1000 Angsa Kertas )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang