Canggung

348 74 8
                                    

       "Kamu beneran ngga ada masalah mas sama Jane?"
       "Ahh saya yakin kok nggak pernah bikin masalah sama dia. Saya aja kaget banget waktu dia tau tau dateng dan nampar."

       Krist menghela napas. Setelah gagal berbicara dengan Jane, Ia mencoba berbicara dengan Singto. Dirinya meminta Singto untuk mencoba mengingat ingat barangkali ada sesuatu yang terjadi antara dirinya dan Jane.

       "Oh iya saya inget. Waktu saya clubbing, Saya ngga sengaja ketemu Jane. Tapi saya yakin kita ngobrol baik baik kok."
       "Waktu itu kamu mabuk ngga mas? Barangkali waktu kamu mabuk mulutmu itu ngomong macem macem."
       "Soal itu saya ngga yakin sih. Udahlah Krist, Saya udah lupain masalah ini kok tenang aja." Ucapan Singto memberi kesan seolah ia adalah sosok pemaaf dan murah hati.

       Ucapan Jane tentang Fiat terus mengganggu pikirannya. Bagaimana mungkin Singto mengecewakan putranya yang jelas jelas sudah meninggal? Namun Jane tak mungkin sepercaya diri itu jika ia hanya mengarang cerita.

       "Kamu ngomongin Fiat sama Jane ngga mas malem itu?" Tanya Krist. Singto menggeleng, Ia tak merasa membicarakan Fiat bersama Jane.

       "Kok tiba tiba jadi ke Fiat sih Kit? Kita dari tadi ngomongin Jane kan?"

       Sebenarnya Krist agak bimbang. Di satu sisi ia ingin menceritakan semuanya pada Singto, Namun di sisi lain ia takut Singto tersinggung.

       "Hei, Kenapa diem aja? Ada yang lagi kamu pikirin?"
       "Kemarin aku berantem sama Jane. Dia nampar kamu karena... Kamu ngecewain Fiat. Aku ngga tau kenapa dia bisa ngomong gitu, Tapi aku jadi mikir kalo Fiat sebenernya emang masih ada di sekitar kita."

       Singto tertawa mendengar penuturan Krist. Ia tertawa cukup lama sebelum akhirnya diam dan menggapai jemari lentik Krist.

       "Aduh Kit, Kamu sendiri yang anter Fiat ke pemakaman kan? Selama dia hidup dia juga sama kamu, Kalo dia kecewa sama saya, Pasti kamu tau. Saya tau kamu kenal Jane dari SMA, Tapi Jane dan Fiat ngga pernah ketemu kan? Kamu hati hati deh sama orang yang kaya gitu, Orang modelan Jane tuh biasanya tipe orang yang manipulatif dan suka menghasut."

       Krist mengangguk dan tersenyum pada mantan suaminya itu. Akan tetapi meskipun penjelasan Singto cukup masuk akal, Krist masih merasa ada sesuatu yang belum ia ketahui.

●●●

       Jane menghela napas berat setelah jam kuliahnya berakhir. Akhirnya ia bisa pulang dan melanjutkan menonton series yang belum sempat di tamatkan.

       "Kak Jane beneran ngambil cuti doang kan?" Fiat bertanya pada Jane. Dengan gestur tubuh seolah sedang menelepon seseorang, Jane menjawab pertanyaan Fiat.

       "Beneran lah, Besok gue balik kerja lagi."
       "Emang ngga canggung? Kalian kan abis berantem."
       "Peduli amat, Yang penting gue dapet duit terus urusan lo selesai."

       Fiat tahu uang bukanlah alasan utama Jane bekerja. Pasalnya gadis itu terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Pekerjaan itu hanya digunakan untuk mengisi waktu luang dan menambah uang jajan.

        Jane rela mengesampingkan egonya demi membantu Fiat. Meskipun berulang kali Fiat meminta Jane untuk berhenti membantunya, Jane tetap bersikeras membantu Fiat menyelesaikan urusan dunianya agar bisa pergi ke akhirat.

       "Malem itu papa mau minta maaf tau sama Kak Jane."
       "Gue tau kok. Biarin aja, Dikira keren kali bentak bentak cewe."
       "Hahaha. Kak Jane, Ke kafe papa yuk."

NEPENTHE ( Sequel Of 1000 Angsa Kertas )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang