"Hai pak tua, apa kabar?" Jiraiya bertanya dengan riang.
"Aku baik-baik saja, Jiraiya," dia menjawab dengan nada yang hampir monoton, dan bertanya, "Bagaimana kabarmu?" tanpa repot-repot untuk melihat dari dokumennya, tidak memperhatikan seringai Jiraiya.
"Aku baik-baik saja! Penelitianku berjalan dengan baik dan aku bersemangat untuk melatih si kembar setelah ulang tahun mereka ketika aku kembali ke Kushina. Sayangnya, aku tidak akan kembali ke pesta tepat waktu dan aku akan merindukannya. semua wanita bangsawan cantik itu," Rengeknya, Hiruzen menghela nafas dan hanya menggelengkan kepalanya pasrah. Jiraiya tidak berubah sama sekali selama bertahun-tahun.
"Hei, bagaimana kabar anak itu... siapa namanya?" dia bertanya dengan jari di dagunya.
Hiruzen berhenti menggerakkan kuas kaligrafinya. Dengan seringai kesal dan kecewa, dia perlahan menatap Jiraiya dan menjawab dengan tidak percaya, "Serius, Jiraiya? 'Siapa namanya'? bahkan tidak bisa mengingat nama anak baptismu sendiri?"
"Hah?" Jiraiya menjawab tanpa mengerti sebelum membalas dengan marah, "Apa maksudmu? Aku peduli dengan keluarga Minato. Aku selalu memastikan untuk mengawasi Mito dan Narumi!"
"Benarkah, sekarang? Dan jika mereka tidak terikat dengan Nubuatan Yang Mahakuasa, apakah kamu akan tetap peduli?"
Jiraiya mengerutkan kening dan bertanya dengan nada rendah, "Dan apa artinya itu, sensei?"
Tidak terpengaruh, Hiruzen melanjutkan untuk menegur muridnya, "Jiraiya, keluarga mendiang siswamu jauh lebih berarti bagimu daripada ramalan ini, yang telah memberimu rasa penting diri yang sangat berlebihan! Satu-satunya alasan kamu bahkan mengingat nama Mito dan Narumi adalah karena kamu yakin bahwa mereka adalah Anak-anak Nubuat ini, dan aku hanya tahu itu karena melatih mereka dan hubungannya dengan ramalan adalah semua yang kamu bicarakan!"
Hiruzen kemudian menambahkan dengan sarkastis, "Minato pasti melihat ke arahmu dari alam baka dengan sangat bangga, terutama dengan betapa kamu peduli pada putranya, 'Siapa namanya'."
Kerutan gelap Jiraiya meninggalkan wajahnya setelah itu, digantikan dengan kerutan malu. Sebelum dia bisa mengatakan apa-apa lagi, Hiruzen angkat bicara, "Tapi untuk menjawab pertanyaanmu, 'Naruto' baik-baik saja, meskipun dia anak yang sangat kesepian. Dia tidak bisa berteman sama sekali karena orang dewasa di desa jauhkan anak-anak mereka darinya."
"Oh...yah, aku senang mendengar dia baik-baik saja. Dan kukira dia akan mendapatkan teman pada waktunya..." Jiraiya menawarkan, meskipun rasa malu dan keraguannya terdengar dalam nada suaranya.
"Dia mengikuti ayahnya," Hiruzen memberitahunya, membawa tatapan Jiraiya tepat ke arahnya dengan ekspresi sedih, "Dia adalah citra yang meludah darinya, dan tidak hanya dalam penampilannya. Dia juga mewarisi kecerdasan tingkat jenius Minato. Dalam Bahkan, aku berani mengatakan dia jenius yang lebih hebat daripada Minato. Jika aku bisa melakukannya, aku akan menganggapnya sebagai muridku sendiri," mata Hiruzen menyipit pasrah, "Tuhan tahu akan menyenangkan memiliki siswa yang tidak berakhir sebagai kegagalan dan kekecewaan total sebagai manusia seperti yang kalian bertiga lakukan."
Kesedihan Jiraiya menjadi bercampur dengan luka atas pernyataan Hiruzen. Dia pernah melihat ekspresi itu di wajah sensei sebelumnya. Hiruzen telah menyerah pada mantan muridnya.
Jiraiya mulai melihat sekeliling ruangan mencari sesuatu untuk menarik pandangan dan pikirannya. Dia melihat foto Naruto ketika dia masih bayi dalam pelukan Hiruzen di atas mejanya dan mengambilnya. Naruto memakai popoknya dan segel di perutnya terlihat jelas. Jiraiya, sekarang tertarik, menyipitkan matanya dan mulai melakukan inspeksi visual pada segel di foto itu. Kompleksitas segel jauh melampaui apa pun yang pernah dilihatnya. Minato telah mengalahkan bahkan yang terbesar dari Sealmaster Uzumaki dengan menggabungkan dua segel yang kuat bersama dengan beberapa segel kecil dengan sempurna, dan telah menyinkronkannya dengan sempurna. Di saat-saat terakhirnya, Minato Namikaze memang telah menciptakan mahakaryanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Naruto : Kelahiran Si kilat Kuning
FanfictionUpdate Di usahakan Setiap Hari "Sarutobi, ambilkan aku tiga gulungan kosong, dan kuas dan tinta." bisik Minato. Hiruzen mengangguk, memberi perintah kepada ANBU melalui tanda tangan rahasia yang membawakannya barang-barang yang dibutuhkan dalam sede...