12. L untuk 'Lamanya Buat Yang Lain'

631 89 7
                                    

"Katanya tadi bilang mau cari buku bentar. Ternyata lama, ya?"
















«A.L.F.A.B.E.T»
















"Maa! Mama!"

Tante Jihan yang lagi masak di dapur, kaget denger anaknya teriak-teriak. Si tupai kalau teriak emang suka bar-bar. Kadang Tante Jihan sampe minta maaf ke satpam komplek, gara-gara takut keganggu sama teriakannya Jisung. Padahal satpamnya enggak denger apa-apa. Ya gimana mau denger kalau jaraknya pos satpam depan ke rumah Jisung aja jauh pake banget.

Tau kok, teriakan Jisung itu kenceng. Tapi ya, enggak sampe tembus berkilo-kilometer. Ya kalau tetangga deket rumah si jelas dengernya.

"Maa!" Jisung turun sambil manyun.

"Iya, sayang! Aduh, kenapa, sih? Dari tadi teriak-teriak." Tante Jihan cuci tangan yang abis megang ikan terus nyamperin anaknya.

"Kena-loh? Kok bawa baju? Kamu mau minggat?" tanya Tante Jihan, kaget liat Jisung bawa baju di tangannya. Enggak banyak sih sampe bisa di bilang mau minggat.

"Ih, mama. Bantuin Jiji."

"Bantuin minggat?"

"Mama! Kok minggat, sih? Jiji enggak mau minggat. Jiji mau jalan sama Kak Chan. Bantuin pilih bajunya."

Oh oh! Ternyata si tupai bingung pake baju buat kencan, ye? Tante Jihan cuma geleng-geleng kepala liat tingkah anaknya. Suka enggak ngerti gitu sama Jisung.

"Bajunya bagus semua, kok. Kamu mau pake baju apa aja juga masih tetep manis."

"Ih, mama. Enggak asik. Pilih dong." Jisung ngangkat dua baju yang dia bawa.

"Yang ini bagus, deh. Kamu pake aja." Tante Jihan nunjuk kemeja kotak-kotak merah item sama kaos warna putih. Simpel tapi ya enggak norak juga.

"Ini, ya? Oke! Makasih, ma!"

Jisung senyum lebar terus lari balik lagi ke kamarnya. Tante Jihan geleng-geleng kepala terus balik lagi ke dapur buat lanjut masak. Baru mau ambil ikan buat di potong, Tante Jihan udah denger suara orang lagi lari nurunin tangga.

"Jisung! Jangan lari-lari nanti jatuh!" teriak Tante Jihan. Ketauan sih siapa yang tingkahnya begitu.

Jisung yang sampe di lantai bawah - dengan selamat - cuma nyengir. Dia jalan ke ruang tengah yang bisa langsung liat Tante Jihan di dapur.

"Loh? Enggak jadi pake baju yang mama pilihin?" tanya Tante Jihan waktu liat anaknya pake hoodie biru.

"Enggak ehehe."

"Terus kenapa teriak-teriak tanya mama kalau ujungnya enggak di pake juga, ih?"

"Enggak tau. Pengen aja. Lagian Jiji baru inget kalau Kak Chan beliin hoodie ini. Jadi, Jiji pake aja buat jalan sama Kak Chan."

"Seneng banget, sih? Mau jalan kemana emangnya?" tanya Tante Jihan.

"Kak Chan ngajakin ke toko buku yang ada di mall biasanya."

"Toko buku? Jalannya bermanfaat, ya. Sambil baca buku."

"Enggak. Jiji nanti ke timezone buat main. Terus baru cari buku."

"Terus mau berangkat kapan?"

"Sekarang, ma. Kak Chan udah nunggu di depan." jawab Jisung.

"Udah di depan? Tumben enggak masuk? Biasanya masuk terus pamitan sama mama." Tante Jihan ngerutin dahinya heran.

ALFABET || MINSUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang