Assalamualaikum guys, kali ini ana memberanikan diri untuk ngepublis hasil karya ana sendiri, jadi Afwan kalau ceritanya nggk nyambung🙏🏻
{Happy reading}
🍃🌹🍃
°§•§°§•§°§•§°§•§
Seorang gadis kecil yang masih berumur 10 tahun ini sudah tertorehkan oleh banyak luka di dalam hatinya, ia dan keluarganya seperti hidup seorang diri di lingkungannya, padahal ia sangat menjaga sekali adap dan kelakuannya, agar keluarganya bisa di pandang seperti orang orang pada umumnya,
tetapi hasilnya tetap sama, tidak ada perubahan sedikitpun,tapi ia tetap bertahan di sifat yang lemah lembut nya itu, karena ia yakin pasti suatu saat orang yang selalu beranggapan buruk terhadap keluarga nya akan jenuh dan merasa bosan dengan sendirinya.
ia juga tak tau kenapa keluarga nya selalu di pandang buruk oleh kalangan masyarakat, padahal keluarga nya itu tidak pernah macam macam dan tak pernah ikut campur atas masalah mereka.
Sehingga gadis kecil itupun memutuskan untuk tinggal di rumah kakek dan neneknya, yang rumahnya berjarak lumayan jauh dari rumah orang tuanya itu. Ia merasa lebih nyaman tinggal di lingkungan kakeknya itu, karena kakeknya itu termasuk orang yang penting di kalangan masyarakat tersebut, maka tak heran jika kakeknya itu selalu di hormati di lingkungannya.
Kakeknya itu memiliki sifat yang sangat keras dan tegas, walau begitu kakeknya itu ialah seorang penyayang, maka dari itu saat kakeknya meminta hal apapun darinya ia selalu patuh, walau perintah itu tidak sesuai dengan kehendaknya,
tetapi ia percaya bahwa kehendak kakeknya itu ialah hal yang terbaik untuknya. Jadi setiap kakeknya sudah berkehendak, maka sudah tidak ada kata tidak lagi baginya.
Hingga suatu saat kakeknya berkendak agar cucunya itu mengaji di ponpes milik sahabatnya."Aira sayang, sini nak kakek mau bicara sama kamu, bentar aja" pinta kakek
"Iya kek ada apa ya" ucap Aira sembari menuju ke kakeknya "daripada kamu main terus kaya gini mendingan kamu ngaji aja ya nak"
"Tapi ngajinya di pondok " potong kakek sebelum Aira menjawab."Tapi kan ana nggk punya temen disana kek, nanti kalau ana kesepian gimana"
"Aira sayang, dengerin dulu gih, nah Aira di sana tu niatkan hanya untuk mencari ilmu nak, jadi kalau nggk ada teman itu bukan suatu hal yang harus dipermasalahkan, karena dalam menuntut ilmu itu jika tergantung ada atau tidak adanya teman, nggk bakal berhasil nak,
kecuali teman yang tepat, tapi jika sebaliknya, maka kamu akan ikut terseret ke jalan yang salah nak. Maka dalam memilih teman juga tidak boleh sembarangan nak, jika teman itu baik, maka jangan lepaskan tapi jika sebaliknya tinggalkanlah"
"Terus teman yang baik itu kira kira yang seperti apa ya kek?"
"Teman yang baik bukan teman yang selalu menuruti keinginanmu tapi yang mau menunjukkan jalan benar ketika kamu salah,mendukung kamu ketika kamu benar,bersama kamu ketika kamu dalam kesulitan , merasa gembira ketika kamu senang, nah untuk mencari teman yang baik kamu hanya perlu melihat pergaulan dari orang yang akan kamu jadikan teman,bila teman pergaulannya baik temanilah dia,
sebaliknya bila teman pergaulannya tidak baik hindarilah dia secepatnya, teman yang tidak baik bagaikan bara akan membakar kamu menjadi abu hancur lebur tidak ada gunanya, sementara teman yang baik bagaikan pupuk yang akan mengembangkan kemampuanmu dan mendorong kamu untuk menghasilkan semaksimal kemampuan kamu."
"Nah itu penjelasan dari kitab Alala bab dalam memilih teman nak"
"Mau dengerin nadhomannya apa enggak nak?"
"Wah boleh kek, kan biar Aira tau"
"عَنِ الْـمَرْءِ لاَ تَسْأَلْ وَسَلْ عَنْ قَرِيْنِهِ #
فَكُلُّ قَرِيْنٍ بِالْـمُقَارَنِ يَقْتَدِيْ
فَاِنْ كَانَ ذَا شَرٍّ فَجَنِّبْهُ سُرْعَةً #
فَاِنْ كَانَ ذَا خَيْرٍ فَقَارِنْهُ تَهْتَدِيْJO TAKON SONGKO WONG SIJI TAKONO KANCANE.KERONO SAKTEMENE KANCA MANUT KANG NGANCANI.YEN ONO KONCO OLO LAKONE NDANG DOHONO.YEN ONO KONCO BAGUS ENGGAL NDANG KANCANONO."
"Artinya apa ya kek?"
"Artinya:Janganlah engkau bertanya tentang kepribadian orang lain, lihat saja temannya.
Karena seseorang akan mengikuti apa yang dilakukan teman-temannya, bila temannya tidak baik maka jauhilah dia secepatnya, dan bila temannya baik maka temanilah dia kamu akan mendapatkan petunjuk.""Itu artinya nak, gimana sekarang dah paham belum tentang memilih teman dalam kitab Alala?"
"Alhamdulillah udah kek"
"Jadi gimana nih, mau apa enggak kalau kakek daftarkan ke pondok untuk ikut ngaji bareng anak pondok?"
"Emm yaudah deh iya, Aira mau kok kek"
"Alhamdulillah, kalau begitu kakek akan segera mendaftarkan kamu"
"O iya kek, kan Aira belum izin ke bunda,kalau Aira mau ngaji ke sana"
"Tenang aja kalau itu kakek udah diskusikan sama bunda kamu, dan bunda kamu sangat menyetujuinya, dan kamu bisa berangkat besok lusa ya, kalau memang besok ada teman yang mau kamu ajak gpp ajak aja,dan berangkatnya sama om Zikri ya, om Zikri juga salah satu ustadz di sana loh Ra"
"Wah om Zikri jadi ustadz di sana kek"jawab Aira antusias
"Iya mangakanya kalau di sana jangan nakal nakal ya, harus sungguh sungguh"
"Pasti dong kek" ucap Aira sambil mengacungkan jempol nya.
----------------------
.
.
.
.
.
.
.
.Hay guys,udah cukup sampai disini aja dulu ygy chapter 1 nya😇
Afwan kalau ceritanya nggk nyambung 🙏🏻 dan Afwan juga kalau terdapat typo pada penulisan nya
Jangan lupa vote dan komennya ygy😉
Bantu follow akun ana juga kuy👆🏻
KAMU SEDANG MEMBACA
Gus Rizal My Husband [HIATUS]
EspiritualCerita tentang seorang Gus yang dingin dengan masa lalu yang membuatnya trauma akan percintaan, dan akhirnya ia kembali menemukan cinta namun ternyata cintanya itu bertepuk sebelah tangan, dan akhirnya ia pun dijodohkan dengan cucu dari sahabat abuy...