Sholat Jum'at

717 105 2
                                    

Hari Jum'at tentunya waktunya sholat Jum'at bagi kaum Adam. Hersa sekarang lagi mandi sambil nyanyiin lagu kesukaannya. Sebenernya suara dia jelek sih tapi kalo pas nyanyi di kamar mandi tuh tiba-tiba kedengaran merdu banget gitu.

Yang Hersa nyanyiin cuma bagian reff-nya sih, itu pun ngawur. Apalagi liriknya pake bahasa Inggris, auto ngarang bebas yang penting di telinganya sendiri terdengar syahdu.

Sehabis mandi dia handukkan dulu baru pake baju koko warna putih sama sarung warna abu abu. Nggak lupa pake parfum yang kata Chendra baunya kayak minyak telon, persis sama yang biasa dipake anak bayi. Padahal ini parfum mahal hadiah dari Sidan.

Oke, sekarang tinggal sisiran trus pake kopiah. Udah bersih udah wangi udah cakep banget pokoknya, siap berangkat sholat jum'at ke masjid!

Setelah puas ngaca akhirnya Hersa turun ke bawah barengan sama duo rusuh juga baru selesai siap-siap. Pas nyampe dibawah dia celingukan, rasanya ada yang kurang. Dan ternyata cuma berdelapan, salah satu dari mereka nggak ada.

"Yodha masih mandi?" Tanyanya.

Keempat kepala langsung menoleh ke arah Hersa.

"Udah ke masjid." Jawab mereka serempak.

"Lah, nggak berangkat bareng?" Gantian Surya yang nanya. Batinnya ada apa nih Yodha berangkat duluan?

Masa dia kesel karena kelamaan nunggu?

"Dia diteror sama pak ustad, disuruh ngisi khutbah." Kata Sidan, para saksi pun ngangguk-ngangguk aja soalnya tadi mereka liat dengan mata kepala sendiri waktu Yodha diseret paksa sama pak ustad.

"Biasanya kan pak ustad yang khutbah, kenapa jadi Yodha?" Kai jadi penasaran, mereka semua pun keluar dari rumah dan jalan bareng ke masjid sambil ngomongin Yodha.

"Kata pak ustad harus bergiliran sama yang lain biar yang muda-muda juga dapet kesempatan memperbanyak pahala, apalagi bulan puasa gini kan." Ucap Satria, tiba-tiba mereka semua nggak bisa berkata-kata.

Pak ustad baik banget, pantut untuk dicontoh.

Mereka berdelapan pergi ke masjid jalan kaki, soalnya tiap langkah kan di hitung pahala. Jadi sengaja banget jalannya di lama-lamain biar pahalanya banyak. Ibu-ibu dan para anak gadisnya yang gak sengaja liat mereka berdelapan jalan bareng langsung terpana.

Mana mungkin nggak terpana kalo penampakan mereka cakep-cakep gitu!?

Pake sarung, baju koko, kopiah trus sajadah disampirkan di bahu!?

Yang begini gimana ibu-ibu gak kepincut jadiin mereka calon menantu?

Meskipun pemandangan ini udah sering dilihat tiap hari Jumat, tapi tetep aja nggak pernah gagal bikin terpesona. Beruntungnya mereka berdelapan nggak dihadang atau dimodusin sama ibu-ibu, makanya bisa jalan nyampe di masjid dengan lancar.

"Bang, khutbahnya tentang apa?" Tanya Hersa yang berada di samping kanannya, Sidan pun noleh ke dia. "Menahan marah dan bersabar di bulan puasa." Jawabnya.

Seketika muka Hersa langsung cengo kayak orang linglung.

"Jan boong, bang." Hersa berkata, sekarang raut wajahnya berubah nggak percaya.

"Ngapain gue bohongin lo sih." Sidan membalas dengan sabar, dia harus tahan buat nggak menjitak kepala Hersa.

"Tapi gue gak bisa percaya soalnya yang ngisi khutbah si Yodha!" Hersa berseru lantang sampe orang-orang di saf deket mereka pada noleh.

"Terserah lo aja." Balas Sidan acuh, dia malu soalnya diliatin.

Ngomong sama Hersa tuh bawaannya pengen makan orang. Tapi kalo dipikir-pikir yang dibilang Hersa ada benernya sih. Masa iya yang ngisi khutbah 'menahan amarah dan bersabar' malah orang yang paling (gak) bisa mengontrol emosi diantara mereka bersembilan?

[LIKE A FAMILY]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang