Udah dari tadi sore mereka berempat pulang sekolah. Sayangnya karena hari ini Cahya ada ekskul —wajib untuk kelas 11 ikut PMR— alhasil si bontot mereka pulang lebih lambat dari biasanya.
Hari-hari mendekati mendekati ujian dan kelulusan, trio kwek-kwek pada fokus belajar. Mereka bertiga termasuk angkatan terakhir yang pake Kurikulum 2013 (KTSP) di sekolahnya. Jadi ya gitu deh, ada enaknya dan ada ga enaknya. Tapi banyakan nggak enaknya.
Belajar buat ujian aja hampir bikin mereka kena tipes. Gimana kalo udah kuliah nanti? Apa ngga sakratul maut tuh. Mikirin sampe situ aja capek apalagi harus ngejalaninnya. Udah stress dikit lagi gila nih, pikir Satria gitu.
Ngomong-ngomong, Dirga mau pergi ke rumah temennya atas dasar paksaan karena —Hanna Senagara— bener bener butuh bantuannya, masa depan dan nyawanya dipertaruhkan di ujian ini.
Tapi harusnya kan yang butuh yang dateng, kok malah Dirga yang disuruh ke rumahnya. Sebenarnya Dirga mau protes gitu tapi dia ga berani, soalnya tuh bocah tantrum lagi PMS. Mending diturutin aja daripada nanti malah jadi perkara.
Tadi sempet Satria tawarin anteran tapi Dirga bilang nggak usah karena temennya tinggal di perumahan sebelah. Jalan kaki 10 menit doang dah nyampe. Katanya sih dia mau belajar bareng, —lebih tepatnya ngajarin— temennya yang kurang berotak.
Lalu Satria liat udah jam segini, seharusnya ekstrakurikuler Cahya udah selesai. Jadi dia pergi jemput si bontot.
Di depan gerbang sekolah, Satria duduk ngelamun di atas motornya sambil nungguin Cahya. Sampe nggak sadar kalo Cahya udah ada disampingnya, saking banyaknya hal-hal yang dia pikirin.
"Mas Satria!" Cahya goyangin badan Satria. Dipanggil-panggil tapi gak nyahut, untungnya dia sadar duluan sebelum kerasukan setan.
"Ha?" Satria cengo dulu.
"Ayo pulang," kata Cahya, dia nggak tanya Satria ngelamunin apaan. Pikirnya, Satria cuma lagi kecapekan. Jadi mending dia ngga tanya-tanya, takut nanti malah nambah ngebebanin Satria.
Cahya biasanya pergi ke dapur buat ambil minum kalo kebangun tengah malem, sering banget dia nemuin Satria ketiduran bareng laptop tercintanya di ruang keluarga atau di meja makan.
Setelah Satria nyalain motornya, Cahya naik dan dia tancap gas pulang ke perumahan. Sepanjang jalan Satria ngelamun, sedangkan Cahya cuma diem doang. Satria aja nggak sadar dirinya sendiri lagi ngelamun, tau-tau udah nyampe rumah. Untung di jalan nggak kejadian apa-apa.
"Assalamu'alaikum."
Mereka berdua masuk rumah, disambut Yodha sama Sidan —eh nggak juga sih— yang jawab salam dari dapur lagi masak, satunya lagi rebahan nungguin makanan jadi. Sementara dua makhluk tukang rusuh itu entah kenapa terkapar di lantai.
"Kenapa lagi ni?" Satria nendang Kai, kakinya ngehalangin jalan.
Sidan yang tau alasannya pun langsung nyahut, "Lagi galau tuh... bentar lagi ada KKN tapi pas banget barengan sama libur semesternya."
Satria reflek bilang "idih", gitu doang mah dia udah pernah ngalamin. Habis Satria ngomong gitu, Surya sama Kai langsung mendongak dan gelayutan di kakinya.
"Hueee! Bang, gue gamau KKN!" Rengek Surya sambil nangis, Kai juga wajahnya kelihatan melas banget. Kasian sih, tapi puas juga liat mereka begini. Berasa karma terbalaskan, ini nih akibat suka ngusilin orang.
KKN mereka tuh 30 hari. Libur semesternya kepotong gara-gara KKN, jadinya sisa 4 hari doang. Satria ngga ambil pusing. Lagian mau gimana lagi kalo memang harus begini? Ini udah ketentuan kampus.
"Bang... libur semester gue... libur semester gue yang berharga..." Kai masih nggak bisa terima kenyataan, dia ikutan ngadu ke Satria sambil guling-guling di lantai. Hari-hari yang harusnya dia pake buat males-malesan di rumah digantikan oleh KKN.
KAMU SEDANG MEMBACA
[LIKE A FAMILY]
Fanfictionkisah keseharian sembilan manusia ganteng yang milih buat tinggal serumah