Hersa?

510 73 7
                                    

Pagi ini Dirga gak bangun telat, padahal kemarin dia baliknya tengah malem. Kok bisa? Ya bisa lah, kan dia nggak tidur semalem!

Semalem perutnya mules bukan main, Dirga jongkok berjam-jam di toilet sampe kakinya kesemutan. Ternyata cuma kentut doang, tapi dia tetep cebok. Pas keluar dari kamar mandi, udah jam 03.42 tinggal beberapa menit lagi adzan subuh.

Alhasil Dirga gak jadi tidur deh. Nanti dia mau numpang tidur di UKS aja bareng Chendra. Trus kalo laper tinggal minta tolong Hersa ambilin bekalnya.

"Heh!" Yodha tiba-tiba muncul di ambang pintu kamarnya.

"Apaan sih?"

"Sarapan."

"Iya iya!" Dirga buru-buru masukin bukunya ke dalam tas, sebenernya dia cuma bawa buku tulis doang ke sekolah.

Dirga tau guru-guru lagi sibuk rapat karena sekarang udah mendekati ujian akhir, makanya kelas sering jamkos dan kadang cuma dikasih tugas. Itupun kalo gurunya inget punya murid, kalo gak inget ya full jamkos.

"Hersa udah di bawah?" Dirga menenteng tasnya sambil benerin kancing seragamnya.

"Belum gue panggil, lo aja yang panggil."

Habis itu Yodha langsung pergi, tuh orang kalo nyuruh selalu seenaknya aja. Dirga bukannya mau nurut, tapi kebetulan aja dia mau ambil balik buku fisikanya yang di pinjem Hersa kemarin.

Dirga pun meluncur ke kamarnya Hersa, dari dalam terdengar suara nyanyian riang. Udah jelas itu nyanyian siapa.

"Marilah seluruh wedus berkaki sikil
Nglempiti klambine Mariyadi (hak'e hak'e) Mariyadi botak kinclong marai ngakak diketak genah wes mesti penak (Hueh?)"

Kayaknya Hersa lagi good mood. Dari tadi dia nyanyiin album Mariyadi mulu.

"Sa, gue masuk ya!" Dirga langsung masuk ke kamarnya setelah di iyain.

"Napa?"

"Buku gue mana?"

"Oh iya!" Hersa yang lagi nyisir rambut langsung menggeledah meja belajarnya, sisirnya dibiarin nyangkut di rambutnya.

Sambil nungguin Hersa, Dirga liat-liat isi kamarnya. Ada foto mereka yang dipajang, foto adiknya Hersa juga ada, trus beberapa lukisan pemandangan yang menurut Dirga itu bagus banget.

Trus dia nggak sengaja salfok sama tumpukan sertifikat yang dibiarin gitu aja di rak paling bawah. Dirga langsung kepoin sertifikat-sertifikat itu, ternyata Hersa udah ngikutin banyak lomba.

"Wih kelazz dapet juara semua!"

"Juara 1 ... Juara 2 ... Juara 1 ... Juara 3... Juara 1 ... Juara 1... Juara 2 ... Juara 1..."

Semua sertifikat itu kalo dihitung bisa sampe puluhan kayaknya. Dirga kaget banget, rupanya teman senasib sialnya punya bakat di bidang seni.

Jangan-jangan lukisan-lukisan yang dipajang itu Hersa sendiri yang lukis?

Ini sih bukan cuma berbakat tapi dah selevel jenius! Kayaknya cocok kalo Hersa jadi seniman aja daripada jadi pengusaha.

"Liat apa lo?" Hersa nanya sambil nyariin bukunya Dirga yang lupa dia taruh mana.

"Ini sertifikat lo banyak banget, lo mau masuk jurusan seni ya?" Dirga masih kepo sama sertifikatnya, kebanyakan dari tahun-tahun kemarin tapi ada beberapa dari tahun 2018-2019.

Mungkin Hersa emang nyiapin ini semua buat daftar kuliah nanti.

Tapi kayaknya nggak deh, tepat setelah Dirga ngomong begitu Hersa tiba-tiba terdiam. Raut wajahnya berubah aneh, tapi Dirga nggak tau karena Hersa berdiri membelakanginya.

[LIKE A FAMILY]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang