Rumah Nenek (2)

174 33 8
                                    

Setelah deeptalk tipis-tipis, Satria sama Sidan lanjut nyari trio kwek-kwek. Sidan bilang Cahya udah bangun duluan tapi dia nggak ada, berarti mungkin aja Cahya ikut main ke kebon sama mereka.

Beberapa saat mereka jalan sambil ngobrol, Satria sama Sidan dikejutkan dengan keberadaan Cahya yang terkapar di tanah. Posisi miring, tak sadarkan diri.

"Ca, Cahya! Lo kenapa? Bangun woi!" Panik lah mereka, dua-duanya langsung lari ngehampirin Cahya. Ditepuk-tepuk tuh pipinya supaya sadar.

Butuh waktu beberapa saat sampe Cahya membuka mata. Sidan juga langsung ngecek sekeliling, nyari keberadaan trio kwek-kwek di sekitad mereka.

"Ca, Lo oke kan? Kok lo bisa pingsan?" Satria nanya sambil bantu Cahya duduk.

Si bontot mereka diem aja, kayak orang linglung, matanya ngelirik kecubung disamping tangannya. Seketika matanya melotot, Cahya langsung lompat menjauh sambil teriak ketakutan.

"Mas Satria lari mas! Ada bom! Bahaya!"

"Bom apaan sih, Ca? Disini mana ada bom?"

"Itu disitu! Di bawah! AAAAAA! LARI!"

"Bom apasi? Ini tuh kecubung! Bukan bom— eh?"

Seketika Satria menghentikan gerakannya, lalu natap Sidan yang lagi ngeliat dia juga. Oke, kayaknya mereka tau penyebab Cahya ngereog macam barongsai.

"Dan, lo balik trus seret Yodha. Kalian cari trio kwek-kwek sampe ketemu. Biar gue yang ngurus Cahya," Satria menginstruksi, Sidan ngangguk trus langsung lari kenceng balik ke rumah nenek.

Sementara dia pergi ngejar Cahya yang lari udah lumayan jauh. Satria terus ngejar Cahya, dia nggak berhenti lari walaupun udah diteriakin suruh berhenti. Sebenernya mereka cuma lari muter-muter di kebon, trus Cahya belok ke rumah nenek.

Satria akhirnya bernapas lega, karena dia nggak perlu susah-susah bawa Cahya balik, anaknya udah balik sendiri. Dia masuk ke dalam rumah dan nemuin Cahya yang lagi muterin meja makan sambil mulutnya komat-kamit. Satria bingung kenapa Cahya muter-muter trus berhenti di putaran ketujuh.

"Ca, lo ngapain sih?" Satria nanya, berhasil menarik perhatian Cahya.

"Loh, mas umroh juga?" Cahya malah balik nanya ke dia. Satria yang denger itu seketika ketawa sampe kakinya lemes. Pantesan Cahya baca bacaan talbiyah sambil muterin meja 7 kali. Dikiranya dia lagi muterin Ka'bah kali ya, mana bacaan yang seharusnya dibaca bukan itu pula.

Pas dia lagi ngakak ngakaknya, tiba-tiba aja Cahya duduk dibawah meja sambil merenung. Satria kira dia ngambek karena diketawain jadi dia mau bujuk Cahya biar mau keluar.

"Ca, kenapa diem?"

Diajak ngomong nggak nyaut, mau ditarik keluar malah tiba-tiba lompat ke depan, pas ditanya sama Satria lagi ngapain Cahya jawabnya, "Loh? Aku kan debu..."

Sekali lagi Satria ngakak sampe lemes.

GUBRAK!

Sayangnya tawa Satria langsung berhenti pas ada suara kenceng yang kedengeran dari atas genteng. Cahya langsung berlindung dibawah meja sambil teriak heboh.

"AAAAAAAAA! GEMPA BUMI!"

Firasatnya Satria udah nggak enak. Dan bener aja, dia yang panik langsung lari lewat pintu belakang —ngebiarin Cahya bertingkah— pas ngeliat ke atas genteng, rupanya itu kelakuan Chendra yang kepeleset daun kering.

"Chen, lo ngapain di atas? Turun sekarang!"

Satria langsung panik nyuruh dia turun. Gawat banget kalo Chendra kepleset sekali lagi, bisa bolong atap rumah nenek.

[LIKE A FAMILY]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang