Bab.11

190 5 0
                                    


Bulan bersinar purnama di tengah malam. Langit malam terang dipenuhi taburan ribuan bintang- bintang yang berkelip- kelip terlihat begitu sahdu . Udara malam terasa dingin. Angin berhembus pelan membuat daun- daun pepohonan di dalam hutan alas roban bergerak- gerak menari- nari. Binatang- binatang malam mulai memperlihatkan geliatnya mencari mangsa atau sekedar hadir menyemarakan suasana malam yang sunyi di alas roban.

Seorang wanita paruh baya dengan rambut panjang sebatas pinggul terurai . Wanita tersebut terlihat tidak mengenakan sehelai benangpun di tubuhnya yang masih terlihat putih kencang dan mulus. Perempuan itu telanjang bulat. Berjalan seorang diri ditengah alas roban. Ditanganya secawan berisi kemenyan dengan asap mengempul ia pengang. Ia melangkah dibawah pohon- pohon yang tumbuh menjulang ke atas. Ia berjalan perlahan diatara pepohonan rindang masuk lebih dalam.

Angin menebarkan helaian rambut panjangnya . Perempuan itu terus melangkah tak memperdulikan beberapa monyet alas roban yang memperhatikan dirinya dari atas pohon dengan rasa ingin tahu yang besar.

Tak berapa lama kemudian. Perempuan itu sampai di sebuah sendang yang berada di tengah hutan alas roban , sebuah telaga berair jernih.

Dengan langkah lemah gemulai, perempuan itu meletakan cawan berisi kemeyan diatas batu dipinggir sendang. Semenit berselang ia duduk ber simpuh sebelum masuk perlahan ke dalam aliran air telaga. Berendam di tengah malam didalam hutan. Matanya terpejam, mulutnya komat- komit menghapal matera- matera pemanggil sang peri penunggu sendang.

*****************

Semalaman Jefri tidak bisa memejamkan kedua mata, ia masih terus tergiang- giang tentang Atika yang telah meninggal. Ia harus kembali mendatangi Hartono meminta lagi pertolongan kepadanya. Guna mencari tempat tinggal Atika di daerah Surodadi. Ia akan mendatangi pusara mediang Atika,meminta- maaf pada arwahnya di makam gadis itu. Mengharap diampuni kesalahannya dimasa lalu.

   ALAS ROBAN 3Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang