07.

45 4 0
                                    

Singkat cerita, Usia Kafi sudah 2 tahun.

"Mas! Bawa Kafi kesini" Teriak Relin memanggil suaminya.

"Unaa afi auss" Relin memberikan sebotol susu pada putranya.

"Pa, kita udah lama ga pulang ke Jawa. Kangen sama Pakde"

"Iyo dek, mas bakalan ambil cuti seminggu. Kita pulang ke Jawa besok"

Keesokan harinya. Seperti biasa, keluarga kecil itu membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam untuk sampai ke Jawa.

Sesampainya di desa, Wisnu yang sedang bermain kelereng bersama teman²nya pun sontak memeluk keponakan kesayangannya.

"Om nuuu!"-Kafi.

"Jare pakde loro nu?"

"Iyo mas, wingi siup neh ning sawah. Jar e dokter jantung pakde lemah karo opo sih jenenge lali aku" jelas Wisnu.

"Ya ampun.. Trus sekarang pakde dimana?"-Relin

"Itu dikamar orangnya, lagi tidur"

Relin berjalan memasuki kamar Pakde. Terlihat pria paruh baya yang tengah terbaring lemas dengan infus yang tertancap di tangannya. Serta selang Oksigen yang menggantung di hidungnya.

"Pakde.. Ini Elin bawa makanan buat Pakde, makan dulu yuk" Ucap Relin sembari membantu Pakde duduk.

"Pakde wes ra kuat lin.. Anakmu ndi..?"

Kafi masuk dan langsung memeluk sang kakek.

"Embaaa, embah akit?"

"He'eh, ni mbah di suntik.. Sakit sekali.."

"Embaa cepat cehat yoo" ucap balita itu lalu di balas kekehan dari Pakde.

"Mas, kayanya Pakde di rawat di RS aja deh.. Takut kenapa-napa"

"Iyo dek, mas telp ambulan ya. Kamu beresin baju sama keperluan lain sama Wisnu"

Relin mengangguk lalu beranjak dari duduknya. Ambulan pun datang. Pakde harus di rawat inap selama beberapa minggu. Karena minggu depan mereka pulang ke kota, Gibran memutuskan untuk mengirim beberapa rekannya untuk membantunya merawat Pakde.

"Pakde, kulo balek sek yo"

"Nu, buat urusan RS, udah kaka bayar. Ini buat pegangan kamu selama beberapa bulan ya, nanti tiap pagi Pakde di jaga sama kak delia sama deka. Kamu jaga kesehatan oke..?" Relin menangis memeluk Wisnu.

Relin dan keluarga kecil nya oun kembali ke Kota.

Baru 1 bulan di rumah, Wisnu mengirim pesan bahwa Pakde telah meninggal dunia pukul 13.47.. (Syedihh)

Flashback..

[Di RS detik-detik pakde uda ga ada]

Wisnu tengah duduk sembari memandangi jendela rumah sakit. Entah mengapa sejak kemarin perasaannya tak enak.

"Nu.." Wisnu sontak menoleh pada Pakde.

"Napo pakde..?"

"L-le.. Nek pakde wes melu gusti, k-koe kudu dadi w-wong sukses yo.. O-ojo nyusahke m-mas mu.." Perasaan Lelaki itu semakin tidak karuan.

"Napo ngomong ngunu pakde.. Ga oleh sampean ngomong ngunu.." Wisnu menitihkan air matanya. Pakde memberikan sebuah kotak berwarna coklat yang di tutupi oleh kain batik pada Wisnu.

"Iki.. Koe oleh buka adah iki pas Pakde wes di makam ke yo.. Iki wes wayahe Pakde pamit.. Pakde sayang karo koe karo Mas mu.. hah...." Suara nyaring yang berasal dari monitor ICU menggelegar di ruangan itu. Garis lurus berwarna hijau terpampang jelas di layar membuat Wisnu panik dan langsung menangis histeris.

"PAKDEEE!!"

Flashback off..

Sesampainya di Jawa, Gibran langsung masuk ke dalam rumah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sesampainya di Jawa, Gibran langsung masuk ke dalam rumah. Kali pertama ia menangis histeris di hadapan orang².
Gibran menangis sambil memeluk tubuh Pakde yang sudah terbujur kaku dan di tutupi dengan kain.

"PAKDE!! OJO LUNGO DISIK PAKDE! KULO URUNG NYENENGI SAMPEAN DE..!"

Tubuh Relin seketika melemas dan berakhir jatuh pingsan.

Pemakaman Pakde di laksanakan pada pukul 18.12

Keesokan harinya..

Gibran menatap kosong kamar Pakde. Mengingat kenangan yang ia jalani dengan keluarga kecilnya.

"Kak, kemarin aku di kasih ini sama Pakde. Katanya boleh di buka pas pakde udah di makamkan"

Relin mengerutkan keningnya.

"Kotak apa ini nu? Kok di bungkus kain batik?" tanya Relin penasaran.

"Ngga tau kak, buka coba"

Relin perlahan membuka kotak itu. Matanya berkaca² membaca surat yang tertulis di sebuah robekan kain putih.

Gib, nu, lin..

Iki pakde, nek kalian moco

Iki, Pakde wes ra ono..

Pakde cuma arep ngomong,

Terimakasih wes ngrumati Pakde selama iki..

Pakde minta maaf nek pakde akeh salah karo kalian.

Ojo lali karo Pakde yo? Pakde sayang karo kalian.

Gae Wisnu, putu ku seng ganteng.

Le, pakde sayang karo awakmu..
Koe ojo nganti lali karo pakde yo le..

saiki wes ga enek seng mbok jak cerito neh curhat opo..

Ning adah iki, enek buku karo pulpen nggo awakmu nulis cerito mu.

Ngko pakde seng moco hhhh.

Ning adah iki yo enek klambi batik seng pakde tuku nggo koe karo masmu. Enek poto, cincin, kalung, karo sandal..

Gae Gibran, putu ku seng pinter.

Gib, koe wes dadi wong sukses..

Ojo nganti lali karo pakde yo.

Ning ngisor kasur, enek bantal..

Isi ne duek seng pakde kelumpukne nggo sepatu adimu..

Tamatke sekolah adimu nganti kuliah yo.. Arep² pakde mek koe.

Relin menangis membaca surat itu.

~~~~~~~~~~~
Maaf suratnya ga jelas

Mimin ga pinter bikin surat soalnya hehe

Janlup vote dan tinggalin jejak komentar ya!

Lopee

Gibran's Family [Guanren Place]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang