Perbuatan baik tidak meninggalkan jejak, tetapi skandal dapat menyebar sejauh ribuan mil. Itu adalah bagian dari kehidupan yang tidak akan pernah berubah.
. . .
Di sebuah kedai teh yang tampak biasa-biasa saja di kota Yangguan, dua pria muda yang berpakaian seperti sarjana duduk di sebuah meja di luar kamar pribadi.
"Sudahkah kamu mendengar? Sesuatu yang besar telah terjadi!"
"Ai..." Sarjana yang duduk di depannya menghela nafas berat ketika dia mendengar itu. Dia mengambil secangkir teh berbusa untuk menyesapnya.
Pintu ke kamar pribadi itu terbuka dengan suara berderit. Mendengar suara itu, para cendekiawan itu mengangkat kepala mereka, dan melihat seorang tuan muda tinggi dan anggun yang mengenakan pakaian mewah keluar dari ruangan. Kedua orang itu tercengang sejenak. Kota Yangguan terletak jauh di sisi barat laut Kerajaan Li, dan hanya berjarak seratus delapan puluh mil dari perbatasan. Kedua orang ini telah tinggal di sini sepanjang hidup mereka, tetapi mereka belum pernah melihat tamu terhormat seperti itu.
"Bolehkah aku bertanya kepada kalian berdua apa yang sebenarnya terjadi di kota Yangguan ini?"
Mendengar ini, kedua cendekiawan itu berbagi pandangan, menemukan jawaban yang sama di mata satu sama lain.
Jadi, mereka berdua segera bangkit dari kursi mereka. Setelah mempertimbangkan sejenak, salah satu dari mereka memberi hormat dengan tangannya, lalu dia berkata kepada tuan muda itu: "Tuan, kamu mungkin tidak mengetahui hal ini. Kota Yangguan masih cukup damai, tetapi perbatasannya yang bermasalah..."
"Oh? Bisakah kamu menjelaskannya lebih lanjut?"
"Jenderal Li Mu telah menggantung tanda gencatan senjata, menghindari pertempuran. Sekarang, semua pengawal di kota Yangguan telah menemukan alasan untuk pergi dan berlindung..."
"Itu memalukan!"
Tuan muda berpakaian bagus itu mengibaskan lengan bajunya dengan amarah yang menjulang. Dia berjalan pergi sebelum mereka selesai berbicara, meninggalkan mereka berdua berdiri di tempat mereka, tidak yakin apa yang harus dilakukan.
Dipenuhi amarah, Tuan muda yang berpakaian bagus itu melangkah kembali ke pintu kamar pribadi. Namun, dia tiba-tiba berhenti di depan pintu.
Di depan pintu kamar pribadi, Tuan muda itu menarik napas dalam-dalam. Dia menyesuaikan penampilannya dengan kesan penting, lalu dia mengangkat tangannya untuk mengetuk pintu kamar pribadi dengan ringan.
"Masuk."
Begitu dia mendapatkan izin dari orang di dalam kamar pribadi, Tuan muda itu membuka pintu sedikit dan masuk.
Melihat bahwa 'Tuan muda itu' telah pergi, salah satu dari cendekiawan itu duduk kembali. Namun, dia melihat temannya masih berdiri di sana tanpa bergerak, tercengang seperti ayam kayu. Oleh karena itu, dia menarik lengan baju temannya saat dia bertanya: "Apa yang sedang kamu lakukan? Duduklah, apakah kamu menjadi bodoh?"
Namun, temannya membiarkannya menarik lengan bajunya bahkan setelah mendengar itu. Ketika dia akhirnya duduk di kursi dengan goyah, matanya menatap ke pintu kamar pribadi tanpa berkedip, seolah-olah dia tidak tahan untuk berpaling sejenak.
"Ai, ada apa denganmu? Apakah kamu kesurupan?"
Akhirnya, cendekiawan yang linglung itu kembali ke akal sehatnya. Sambil menutup mulutnya, dia menatap temannya. Wajahnya benar-benar merah, seolah-olah dia menghabiskan semua usahanya untuk menemukan kata-kata yang tepat. Pada akhirnya, dia hanya meraih lengan temannya saat dia tergagap: "Cantik! Sangat cantik!"
"Putri, apakah kamu mendengar semua itu? Li Mu telah menggantungkan tanda gencatan senjata terhadap orang Hun yang biadab! Wajah Kerajaan Li kita telah dibuang!"