Hwang Hyunjae dan Yang Jeonghan adalah teman sejak kuliah, keduanya sama-sama berada di jurusan ilmu sejarah. Karena banyak hal yang sama-sama mereka sukai akhirnya keduanya menjadi teman baik. Apalagi ditambah dengan Hyunjae yang akhirnya berkencan dengan adik Jeonghan, Yang Seohyun.Hingga pernikahan Hyunjae dan Seohyun dikaruniai seorang putra yang menjadi cucu pertama keluarga Yang, hidup mereka terasa sangat indah dan lengkap. Hyunjae yang hanya hidup dengan ibunya tidak punya pilihan lain lagi selain harus membawa ibunya hidup bersama dengan istrinya.
Itu tidak jadi masalah, karena Seohyun juga bisa menyatu dengan ibunya yang tidak lagi muda. Mereka amat menyayangi satu-satunya anak kecil dirumah itu.
Saat umur Hyunjin menginjak tiga tahun, tiba-tiba si nenek berkata pada putranya bahwa saat besar nanti, Hyunjin akan bertemu dengan sesuatu yang indah dari masa lalu namun ia harus menyelesaikan sesuatu dengan hal yang ia temukan itu. Menyelesaikan tanpa sisa.
Ayahnya tentu tidak memahami apapun saat itu, hingga seiring pertumbuhan Hyunjin, ada banyak hal yang menuju pada kesimpulan bahwa Hyunjin memang terhubung dengan sesuatu dari masa lalu. Terkadang bahkan hal-hal itu terkesan tidak masuk akal atau malah mistis.
Entah bagaimana mendapatkanya, Nenek Hwang memberikan kotak yang tidak memiliki kunci pada putranya, mengatakan bahwa itu harus disimpan dan diberikan pada Hyunjin saat usianya 19 tahun nanti. Lalu Hyunjae menemukan buku tentang siren yang memiliki pola gambar tersembunyi yang mana itu adalah kotak yang diberikan sang ibu sebelumnya.
Dari sana, Hyunjae mulai semakin tenggelam dalam sejarah kuno, jika kebanyakan dari sejarawan akan membahas dan menjabarkan tentang berbagai teori kerajaan dimasa lalu, Hyunjae justru tertarik mengulik bagaimana kehidupan sisi lain tokoh-tokoh besar jaman dahulu.
Bukunya tentang raja-raja kuno mendapat perhatian publik yang cukup besar, padahal Hyunjae tidak menulis sejarah tentang Raja Goryeo pertama dan tiga raja besar berikutnya yang sangat terkenal. Ia membahas konflik-konflik keluarga juga kisah cinta dibalik petinggi negri terdahulu.
Dan entah mengapa pada saat ia mempelajari dan mengulas raja ke 18 dinasti Goryeo itu rasanya ada sesuatu yang sangat menarik. Penyebab raja itu digulingkan oleh pasukan elitnya sendiri dan kisah cinta dibalik kesederhanaan cerita yang beredar rupanya membawa Hyunjae pada sosok bukan manusia yang terhubung pada Raja Uijong.
Tidak seperti kebanyakan penguasa yang berpesta pora dengan banyak wanita, Wang Hyeon justru jatuh dari tahtanya karena perlakuan semena-menanya pada tentara tinggi kerajaan hanya karena gagal menemukan sosok yang dicintainya. Dari sana Hyunjae menemukan banyak hal menarik mengenai hubungan Raja Uijong dengan makhluk laut yang dapat berubah wujud menjadi seperti manusia biasa.
Seiring penelusuranya, Hyunjae menemukan banyak fakta bahwa siren itu sungguh ada diantara manusia yang hidup hingga kini. Keterkarikanya menjadikan ia mengabaikan sejarah untuk sementara dan memilik mendalami tentang makhluk itu. Dan tentu saja, Hyunjae memberitahukan hal ini pada teman yang sekaligus adalah saudara iparnya. Yang Jeonghan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Fated To Love You (HyunLix)
FanfictionTentang Hyunjin yang akhirnya mengingat kembali Felix dan kisah mereka dimasa lalu. "Once you've met someone, you never really forgot them. It just takes a while for your memories to return." 100% Fiction HumanHyun x SirenLix #1 hyunlix [Sept 14...