SEBELAS

3.2K 270 0
                                    

Ada dua orang wanita paling penting di hidup gue. Pertama nyokap, wanita yang rela mempertaruhkan seluruh jiwa dan raganya demi membesarkan gue. Wanita yang nggak pernah sekalipun ngeluh sama semua kenakalan gue waktu remaja. Wanita yang sosoknya sangat gue kagumi dan gue sayangi, yang membuat gue berada di titik kesuksesan seperti sekarang ini.

Dan yang kedua adalah kakak gue, Adhisti. Meski sejak kecil dia selalu aja ngejahilin gue gara-gara katanya nyokap lebih sayang sama gue ketimbang dia, gue tetep menganggap Dhisti adalah sosok kakak yang perhatian sama gue. Berantem dan ributnya gue sama dia pun tetep ada rasa sayangnya. Bahkan gue sempet ngerasa sedih dan kehilangan waktu Dhisti menikah dan memilih tinggal bersama suaminya. Bagi gue, Dhisti menunjukkan rasa sayangnya dengan cara yang beda.

Tapi sekarang, wanita penting dihidup gue bertambah lagi satu. Selain nyokap dan Dhisti, dia adalah Bila. Tiga hari ini gue rela tidur di rumah sakit nemenin Bila yang lagi dirawat. Iya. Bila jatuh sakit.

Malem itu, waktu gue ajak dia makan di nasi padang, sebenernya gue udah curiga sama kondisi dia. Bila kelihatan pucat, gue paksa kerumah sakit  dia keukeuh nolak. Gue khawatir banget ninggalin dia sendirian dikosan. Nggak mungkin juga gue nginep kosan dia. Bisa-bisa gue digrebek sama ibu kos dia yang katanya galak banget itu. Sampai waktu pagi, Bila nelepon gue dengan suaranya yang serak dan mendadak gue denger dia mengaduh terus jatuh. Gue panik luar biasa waktu nemuin dia pingsan didalem kosan. Gue sampe harus tanggung jawab ke ibu kos gara-gara ngerusakin pintu kamar Bila yang gue dobrak saking khawatirnya.

"Dok, kalau mau pulang dulu tinggal aja nggak apa-apa. Kan ada saya sama Kinar disini." Kata Bagas saat liat gue bawa sekantong pakaian kotor.

Sebenernya gue emang berniat pulang bentar hari ini, soalnya baju bersih yang gue bawa udah habis stoknya. Tadinya gue ragu mau ninggalin Bila sendirian disini. Meskipun ada perawat yang bakal bantuin dia kalau butuh bantuan, tetep aja rasanya gue nggak tega ninggalin dia. Tapi sekarang udah ada Bagas sama Kinar yang baru aja pulang shift pagi, jadi gue agak tenang sementara Bila ada yang ngejagain.

"Iya. Saya mau ambil beberapa baju dirumah. Tolong jaga Bila sebentar ya."

"Deuh, perhatian banget sih dok. " Kata Kinar ngeledekin gue.

"Dokter tenang aja. Kita berdua bakal pastiin si Acha baik-baik aja." Sahut Bagas yang ngebuat gue akhirnya bisa tenang ninggalin Bila.

"Oke, thanks. Saya balik dulu ya, kalau ada apa-apa segera kabari saya."

Gue pun akhirnya memutuskan pulang dengan membawa beberapa baju kotor. Untung aja perjalanan nggak seberapa macet. Gue males kalo uda ngehadapi macetnya Jakarta di siang bolong begini. Sejujurnya badan gue pun juga udah capek banget.

Setelah satu jam dijalan, akhirnya gue sampe juga dirumah. Baru aja gue ngebuka pintu depan, si Arsy langsung nubruk badan gue minta gendong.

"Om Yamaaa..." Teriak Arsy dengan suaranya yang agak cadel.

"Halo sayang..." Gue angkat tubuh gembul Arsy, gue cium-cium pipinya yang kenyal banget kayak squishy, dan dia cuma ketawa-ketawa geli. Gemes banget gue, rasanya capek gue ilang seketika. Duh, ngeliat Arsy entah kenapa gue jadi pengen punya sendiri. Gimana ya muka anak gue nanti? Kalau cewek pasti cantik banget mirip Bila, kalo cowok pasti ganteng dong mirip gue. Lah, kenapa gue jadi mikir sampe kesana? Si Bila aja belum tau perasaan gue yang sebenernya.

"Ram! Jangan tinggi-tinggi gitu nanti jatuh anak gue." Suara galak Dhisti tiba-tiba muncul waktu gue bercandain Arsy. Dibelakangnya, ada nyokap yang udah rapi banget penampilannya.

"Lho, Ram? Kok kamu pulang sih?" Nyokap gue ini ya, bukannya disambut anaknya yang paling ganteng pulang, eh malah keliatan heran liat kedatangan gue.

"Rama mau ambil baju, ma." Ucap gue sambil nurunin Arsy. "Mama mau kemana?" Tanya gue.

"Mama sama Dhsiti kan mau kerumah sakit. Kamu diteleponin daritadi juga nggak diangkat-angkat."

Gue buru-buru ngecek hape gue, dan ternyata bener ada sebelas missed call. Empat dari nyokap, dan tujuh dari si medusa. Ternyata hape gue masih mode silent dari tadi waktu ada operasi.

"Maaf, ma. Rama lupa hapenya ke-silent."

"Terus Acha gimana keadaannya sekarang, Ram?" Tanya nyokap.

Gue jalan kedapur, ambil minum terus balik ke ruang tengah duduk disebelah nyokap. "Udah mendingan kok, ma. Demamnya juga udah turun dari kemarin. Cuma masih butuh bedrest aja."

"Kita bareng lo aja kalo gitu kesananya. Lo balik lagi kan?" Tanya Dhisti.

"Iya gue balik lagi ke rumah sakit. Gue mau mandi dulu tapi."

"Nginep lagi, Ram?" Tanya nyokap.

"Iya ma. Kasihan si Bila nggak ada yang ngejagain." Jawab gue sambil mejamin mata sejenak. Rasanya mata gue lelah banget.

"Ya udah kalau gitu, mama sama Dhisti biar diantar sama Pak Min aja. Nanti kamu capek bolak-balik nganterin mama pulang." Kata nyokap yang gue angguki setuju.

"Tapi berangkatnya bareng aja ya ma, tunggu Rama mandi bentar."

"Ya udah lo sana buruan mandi. Bau juga lo." Kata Dhisti ngusir gue.

"Iye. Gue merem lima menit bentar deh, capek banget gue."

"Kamu serius sama Acha, Ram?" Tanya nyokap tiba-tiba.

"Serius lah, ma. Mama nggak lihat perjuangan Rama belakangan ini." Jawab gue masih dengan mata merem. Sebenernya juga gue nggak tidur, mana bisa gue tidur sementara pikiran gue penuh sama si Bila.

"Ya kalau serius kenapa nggak cepetan kamu lamar aja dia, Ram?" Usul nyokap membuat mata gue yang tadinya merem mendadak terbuka lebar.

"Nggak segampang itu, ma. Bisa-bisa dia semakin jauh dari Rama. Sekarang aja Rama udah bersyukur banget si Bila udah nggak jutek lagi." Jawab gue mencoba memberi pengertian ke nyokap.

"Mama tuh kasian sama Acha. Di Jakarta dia hidup sendirian. Kamu tahu kan cerita tentang keluarganya di Surabaya?"

Gue mengangguk. Gue tahu sih, tapi nggak banyak. Yang gue tahu nyokapnya si Bila udah meninggal dan papanya nikah lagi. Bila nggak suka sama ibu tirinya itu, akhirnya dia memutuskan merantau kuliah ke Jakarta dan dapet kerja di Jakarta juga. Gue sebatas tahu itu sih dari cerita Kinar sama Bagas.

"Lagian lo nunggu apalagi sih Ram?" sahut kakak gue, Dhisti.

"Pelan-pelan, mbak. Lo tahu kan Acha kayak gimana? Perempuan kayak dia tuh istimewa, jadi gue juga harus ngedeketin dia dengan cara yang istimewa juga dong." Kata gue yang dibalas lemparan bantal sama si medusa.

"Preet. Keburu disamber yang lain baru tahu rasa lo. Acha cantik gitu, pasti banyak laki-laki yang naksir dia." Jawab Dhsiti membuat gue tiba-tiba keinget sama Yudha.

Gue benerin posisi duduk gue, lalu natap nyokap dengan serius. "Ma, Rama mau nanya. Di kampus mama ada dosen yang namanya Yudha nggak? Orangnya masih muda, seumuran Rama lah."

"Memangnya kenapa kamu tanya gitu?" Tanya nyokap heran.

"Ada hal penting, ma. Biasa urusan bisnis" Jawab gue asal.

"Bisnis apaan lo?" Sahut Dhisti curiga.

"Ssstt... Kepo banget sih." Kata gue males ngejelasin ceritanya ke medusa. "Gimana ma? Ada nggak?" Tanya gue lagi ke nyokap.

"Hmm... Mama sih nggak tahu ya cuma memang ada dosen baru dan masih muda. Tapi mama nggak tahu siapa namanya. Memang kamu ada bisnis apa sih?"

"Nggak bukan apa-apa kok, ma." Jawab gue bohong. "Yaudah Rama mandi dulu, ma. Tunggu ya." Kata gue sambil berjalan pergi menuju kamar mandi. Kayaknya gue butuh ngedinginin kepala gue.

Sebenernya gue pengen cerita sih soal Yudha sama Bila. Siapa tahu aja nyokap bisa jadi informan gue dikampus. Tapi gue selidiki sendiri dulu aja lah. Yang jelas gue nggak akan ngebiarin si kutu kupret itu ngerebut Bila dari gue.

***

RAMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang