Penyesalan emang selalu dateng belakangan. Dan itulah persisnya yang gue rasain sekarang. Seandainya gue bisa muter ulang waktu, gue pasti nggak akan menyia-nyiakan kesempatan yang udah gue punya. Gue nyesel kenapa waktu kemarin pas mau berangkat ke Surabaya gue nggak jadi nyatain perasaan gue. Gue nyesel kenapa gue nggak nurutin omongan nyokap sama kakak gue buat segera ngelamar si Bila. Dan sekarang penyeselan gue kayaknya udah nggak ada lagi gunanya.
Semenjak keluar dari rumah sakit, hubungan gue sama Bila bukannya dekat tapi malah semakin menjauh. Gue nggak tahu gimana awalnya. Gue akui gue emang sibuk banget belakangan ini. Ada seminar penting yang wajib gue hadiri di Bandung dan hal itu ngebuat gue selama lima hari ini absen dari rumah sakit.
Terakhir kali gue kontak dia adalah malam sebelum keberangkatan gue ke Bandung. Setelah itu gue nggak pernah lagi ngehubungi dia karena jadwal kegiatan disini yang padet banget. Balik dari hotel pun udah larut malam dan gue bener-bener capek sampai akhirnya ketiduran. Ngabarin nyokap aja gue nggak sempet kalau nggak nyokap sendiri yang neleponin nanyain kabar gue.
Sebenernya gue sengaja juga sih kasih sedikit jarak ke Bila. Gue penasaran aja sama reaksi dia gimana seandainya gue ini menghilang beberapa hari dari kehidupannya. Gue pengen tau apa dia khawatir atau bahkan kangen sama gue. Gue pengen tau perasaan dia ke gue kayak gimana. Gue tahan diri buat nggak ngehubungi dia duluan. Tapi selama lima hari itu pula Bila nggak sama sekali ngehubungi gue. Gue coba berpikir positif, mungkin dia juga sama sibuknya kayak gue disini. Sampai pada akhirnya kabar itu berhembus, membuat gue kecewa untuk yang kedua kalinya.
Awalnya sih gue sempet nggak percaya sama kabar itu. Sampai pada akhirnya, waktu gue balik dari Bandung dan mau nyamperin Bila ke ruangan, gue liat dengan mata kepala gue sendiri, Bila lagi ketawa-ketiwi sama Yudha di lobby. Mereka keliahatan akrab. Bahkan Bila nggak nolak waktu Yudha mengusap-usap rambutnya.
Sejak kenal sama Bila, ini adalah untuk pertama kalinya gue ngeliat dia bisa ketawa lepas sama laki-laki lain selain Bagas. Padahal selama ini dia selalu bersikap jutek dan jarang banget ketawa. Dan Saat itu juga entah gimana hati gue rasanya kecewa. Semua rencana panjang gue yang belakangan ini gue susun pun hancur dalam sekedipan mata. Kenapa? Kenapa bukan gue yang bisa membuat Bila ketawa kayak gitu? Kenapa bukan gue yang dia pilih? Gue bertanya-tanya sendiri sampai akhirnya gue pun pasrah.
Iya, pasrah. Tapi bukan berarti gue nyerah. Gue pingin menjauh sebentar aja. Mikirin lagi gimana cara nya ngerebut hati dia dari Yudha. Dan gue juga pengen kasih waktu aja sama si Bila, mugkin dengan menghilangnya gue dari kehidupan dia, si Bila bisa menyadari keberadaan gue selama ini. Gue sadar sih selama ini gue selalu memaksakan kehendak gue. Gue selalu ngejar-ngejar dia tanpa peduli perasaan dia yang sebenernya sama gue.
Gue emang berhasil menjauh dari Bila beberapa hari ini. Kebetulan banget jadwal gue pagi terus, kalaupun terpaksa ketemu sama si Bila gue mencoba bersikap biasa aja. Gue lihat sih Bila belakangan ini tampak sedih. Gue sendiri nggak tau kenapa. Sampai akhirnya Kinar cerita semuanya sama gue.
Gue ngerasa seneng dan sedih sekaligus setelah denger semua cerita dari Kinar. Gue seneng karena ternyata Bila tuh belum memberikan hatinya buat Yudha. Apalagi setelah gue tahu bahwa nyokapnya Yudha ternyata nggak setuju sama hubungan Bila sama anaknya. Kinar juga cerita katanya Bila sedih karena sikap gue yang beda akhir-akhir ini. Dan gue mendadak jadi semangat buat memperjuangkan Bila sekali lagi. Tapi gue juga sedih waktu Kinar bilang Papa Bila yang ada di Surabaya lagi sakit. Kinar bilang Bila mau ke pergi ke Surabaya sore itu juga. Tanpa pikir panjang gue pun memutuskan buat ikut dia ke Surabaya. Gue minta tolong sama Bagas buat sekalian belikan tiket pesawat gue sama Bila.
Gue nggak mikir apa-apa waktu mutusin buat ikut Bila ke kampung halamannya. Bahkan nyokap kaget waktu gue pamit lewat telepon. Gue bahkan rela nyogok bu Merlin demi ijin gue yang serba dadakan ini. Jujur aja sih gue khawatir sama Bila kalau dia sendirian ke Surabaya. Gue juga merasa bersalah karena udah menjauhi dia. Dan alasan gue yang lain, sebenernya gue pengen kenal lebih jauh sama keluarga Bila yang ada di Surabaya.
Bila kelihatan kaget ngeliat gue dateng bareng Bagas sama Kinar. Dia bahkan ngelarang gue buat ikut pergi ke Surabaya. Tapi gue tetep keukeuh, lagian gue udah terlanjur ijin dan tiket pesawat juga udah ditangan. Tinggal berangkat aja masak dibatalin. Akhirnya Bila pun pasrah. Dan gue dengan senang hati akan selalu menjaga dia selama diperjalanan.
Bila kelihatan capek banget, matanya bahkan sampai sipit begitu kebanyakan nangis. Selama di pesawat, Bila gue suruh tidur aja. Jantung gue berdegup cepat saat dia meluk tangan gue dan bersandar di dada gue. Badannya yang kurus dan mungil keliahatan rapuh banget di mata gue. Meski terlihat kuat diluar, gue tahu Bila ini menyimpan banyak rasa sakit dalam hatinya. Dia menyimpan semuanya sendiri. Tiba-tiba ucapan nyokap, Dhisti dan Kinar kembali terngiang di telinga gue.
Mama tuh kasihan sama Acha, Ram. Dia hidup sendirian disini.
Buruan lamar aja kenapa sih, Ram. Keburu diambil yang lain tau rasa lo.
Mamanya meninggal dan Papanya sekarang sakit parah. Hubungan Acha sama papanya nggak harmonis.
Apa yang dibilang nyokap dan kakak gue emang bener. Dan apa yang diceritakan Kinar beberapa jam lalu ngebuat gue makin yakin. Gue tau ini bukan waktu yang pas buat bilang perasaan gue ke Bila yang sebenernya. Tapi gue nggak mau lagi kehilangan kesempatan ini untuk yang kedua kalinya. Ngelihat keadaan Bila yang rapuh begini, ngebuat gue jadi makin pengen ngelindungin dia dari kejamnya dunia.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
RAMA
RomanceSide story of Hey, Bi! ps : disarankan untuk membaca cerita Hey, Bi lebih dulu.