Seluruh penghuni kost udah pada berdiri sejajar dengan tubuh tegap dan mata yang fokus menatap ke depan. Mendengarkan dengan seksama instruksi dari seorang wanita yang hari ini rambutnya penuh dengan roll.
Siapa lagi kalo bukan Bu BoA.
Bu BoA nggak habis-habisnya membacakan sesuatu yang terdapat di secarik kertas. Kalo menurut perhitungan gue, ini udah yang kesepuluh dia ngebacain.
Anak-anak kost udah pada mengumpat. Sumpah serapah udah keluar dan ditujukan untuk Bu BoA. Daehwi udah ngerengek karna kepengin pipis tapi nggak dibolehin. Guanlin udah ngehentak-hentakin kaki panjangnya, pegel.
Gue stay cool. Padahal di dalem hati udah ngomel-ngomel nggak karuan.
Sore ini Bu BoA menyuruh anak-anak kost buat gotong royong. Lebih tepatnya membersihkan seluruh halaman kost. Depan-belakang. Halaman di sini luas banget, jadi nggak bisa kalo cuma dikerjain sendirian. Terutama halaman depan yang banyak ditumbuhi pepohonan, yang membuat banyaknya daun-daun yang berguguran. Udah gitu berhadapan sama jalanan, jadi gampang banget keliatan kotor.
"Daehwi, Guanlin dan Jihoon membersihkan got halaman belakang." Bu BoA mulai memberikan tugas buat tiap-tiap anak.
Tiap ada gotong royong, Jihoon selalu kebagian ngebersihin got. Kenapa? Karna got sering mampet gara-gara dia sering buang sampah di situ. Bahkan boker pun di situ. Yakali.
Tapi itu nggak sesusah ngeguntingin rumput halaman depan. Siap-siap aja deh buat yang dikasih tugas itu. Soalnya halaman depan tuh belum diaspal gais. Lebih tepatnya sih, enggak diaspal, masih rerumputan. Bu BoA sengaja nggak mau diaspal, karna katanya bagusan pake rerumputan, biar keliatan asri.
"Buat yang ngeguntingin rumput; Baejin, Wendy dan Kokom."
Ah, sialan.
Takdir lagi nggak memihak sama gue.
"Trus saya ngapain ya, Bu?" seluruh pandangan anak kost teralihkan ke cewek tinggi dan berkerudung. Dobleh. Iya, Dobleh sama Encum ikut serta karna mereka yang mau. Males katanya kalo diem doang di kamar. Pulang juga mau ngapain, kagak ada temen.
Bu BoA sedikit menyipitkan matanya demi ngeliat wajah Dobleh. Mungkin di dalem hatinya bingung, kenapa ada makhluk macam dia.
"Ouch. Kamu sama temen kamu nyapu-nyapu aja ya, sama yang lain," kata Bu BoA. Dobleh sama Encum manggut-manggut.
Prriiiittttt.
Peluit udah ditiup dan itu tandanya anak-anak kost udah harus ke posisinya masing-masing. Gue buru-buru lari buat ngambil gunting atau apalah yang bisa dipake buat ngegunting rumput. Silet juga boleh. Asal jangan pake lightstick.
Gunting rumput udah ada di tangan gue. Ya walaupun sebelumnya gue agak gemeteran pas megang nih gunting, soalnya gedean guntingnya daripada tangan gue.
Rerumputan di sini cepet banget manjangnya. Jadi tugas gue ngeguntingin rumput yang udah panjang, dan disamain lagi kayak semula. Gampang sih sebenernya, tapi kan ini luas banget cuy.
"Awas itu ada cacing, Mbak!"
"Mana?!"
"Di lubang cacing. Hehe."
"Ih, kamu apaan sih. Nanti kalo Mbak jantungan gimana?"
"Kalo jantungan ya buru-buru Aku gendong, trus bawa ke KUA deh."
"Loh, kok malah KUA, sih?"
Samar-samar gue ngedenger suara Baejin sama Mbak Wendy. Gue noleh kan tuh ke sumber suara. Baejin jaraknya agak jauh sama gue. Dia berduaan.
KAMU SEDANG MEMBACA
FANGIRL
ФанфикCie, yang tadinya suka Reggae, langsung jadi pencinta Korea. Apakah ini sebuah kurma?