Ye Won membenarkan letak kacamata bulatnya ketika ia mendongak menatap jam yang menempel didinding berwarna hijau mint yang teduh. Ia melepas tatakan jarum pentul yang melingkar di pergelangan tangannya lalu menaruhnya dimeja, sekalian ia juga menutup laptop dan mengambil tas selempangnya, bersiap untuk pergi.
Sudah menjadi rutinitas Ye Won sehari hari, Ye Won selalu mengantar dan menjemput Ye Jin sekolah setiap hari. Walaupun setiap menjemput ia tidak pernah tepat waktu tapi Ye Won selalu berusaha agar Ye Jin tidak menunggu terlalu lama. Namun hari ini Ye Won sengaja menghentikan aktifitasnya di butik lebih awal karena tidak ingin membuat Ye Jin menunggu dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan Ye Jin.
Ucapan Ye Jin semalam membuat Ye
Won tersadar kalau selama ini ia terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga tidak bisa memenuhi kewajibannya sebagai ibu sekaligus ayah yang baik untuk Ye Jin."Jin-ah... " Ye Won melambaikan tangan dengan ceria saat melihat Ye Jin keluar dari gedung ditemani wali kelasnya. Entah apa yang terjadi, biasanya anak itu keluar sendiri atau diikuti oleh gadis kecil yang selalu menempel pada Ye Jin. Lambaian tangan Ye Won juga tak begitu ditanggapi. Ye Jin terlihat murung.
Ketika mereka berhadapan, wali kelas langsung bercerita tanpa menunggu Ye Won bertanya. Wali kelas mengatakan kalau materi hari ini adalah bercerita didepan kelas tentang pengalaman paling menyenangkan bersama ayah. Ye Jin merasa sedih karena dia tidak bisa melakukannya, lalu salah satu temannya mengejeknya karena Ye Jin tidak memiliki ayah.
Ye Won menatap Ye Jin dengan sendu. Ia tahu hari seperti ini akan datang, tapi ia tidak menyangka akan secepat ini. Ye Won tak sanggup membayangkan anak sekecil itu harus menghadapi bulian dari teman temannya setiap hari hanya karena tidak memiliki ayah.
Ye Won menggengam tangan Ye Jin lalu berpamitan untuk pulang. Wali kelas mempersilakan dengan ramah dan merunduk berkali kali memohon maaf atas ketidak nyamanan yang Ye Jin alami hari ini.
"Dimana mobilnya?" Tanya Ye Jin ketika ibunya terus menggandengnya berjalan melewati deretan mobil mobil yang mengantri menjemput anak pulang sekolah. Sepertinya anak itu merasa tidak nyaman dengan sekelilingnya seolah ingin segera menghilang dari sana.
"Hari ini kita jalan kaki." Jawab Ye Won.
"Wae?"
"Karena eomma ingin makan eskrim stroberi diujung jalan sana." Ye Won menunjuk kedai eskrim yang ada didekat lampu merah. "Kau mau makan eskrim bersama eomma?" Tanya Ye Won, ia mendengar puteranya itu menghela nafas lelah, namun kemudian kepalanya bergerak mengangguk walau masih tetap menunduk.
"Bagaimana kalau setelah makan eskrim kita pergi bersenang senang sampai terbenam matahari?" Tawar Ye Won berusaha bersikap ceria agar mood Ye Jin kembali membaik. Ya walaupun dia tidak sepandai Seung Wan dalam memperbaiki mood, tapi setidaknya Ye Jin bisa melihat ketulusannya.
"Memangnya eomma tidak sibuk?" Tanya Ye Jin mencubit kecil bagian hati Ye Won. Dibanding bertanya kemana mereka akan pergi bersenang senang, Ye Jin justru menanyakan kesibukan sang ibu.
Tidak ada yang salah dengan pertanyaan Ye Jin, yang salah adalah sikap Ye Won. Betapa selama ini dia begitu tenggelam dalam pekerjaan hingga tak menyadari jika putranya merasa kesepian.
Dan Ye Won menerima kesalahannya. Tak ada alasan untuk mencari pembelaan. Walaupun tujuan Ye Won bekerja keras adalah demi masa depan Ye Jin, namun menghabiskan waktu untuk bekerja tanpa menyisakan lebih banyak waktu luang untuk anak, tetap tidak dibenarkan.
Ye Won menurunkan tubuhnya, bertumpu pada dua lutut hingga matanya sejajar dengan mata Ye Jin.
"Kalau eomma sibuk, eomma akan terlambat menjemput Ye Jin walaupun eomma mengemudi dengan kecepatan tinggi." Jawab Ye Won menyindir dirinya sendiri. Anak itu hanya mengerjap pelan menatap ibunya yang tersenyum dengan sangat manis. Namun matanya penuh dengan sorot kesedihan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Behind The Perfection [JINRENE]
PoetryOne night stand dengan selebriti. Lalu hamil. "Aku tidak percaya ini. Kau tidak punya pacar ataupun sedang dekat dengan pria manapun. Bagaimana bisa hamil? Siapa ayah bayi itu?" cecar Seung Wan. "Kalau aku bilang ini adalah anak Dylan Kim, apa kau a...