negeri Saba ³

2.3K 136 2
                                    


Fakta pemindahan

Pada situs candi Ratu Boko ditemui stupa yang sangat mirip dengan yang ada di Arupadatu, Borobudur.

"Ini membuktikan, bahwa sebelum berada di tempatnya sekarang, Borobudur pernah dipindahkan dari tempat lain." Terang Gilbar. "Orang-orang menyebutnya: STUPA YANG TERTINGGAL." Lanjutnya.

"Kaya perasaan aja, Pak, tertinggal." Celetuk Zahira yang diam-diam baper juga.

"Ha!" Gilbar melongo.

"Itu judul lagu, Pak. Lagunya ST12—Rasa Yang Tertinggal." Jelas Zahira.

"Oh, kayanya pernah denger sih. Lagu lama ya itu." Pikir Gilbar sambil memperhatikan Zahira yang tengah mengamati gambar di ponsel Gilbar.

"Tapi ini agak beda ya, Pak sama yang di Borobudur

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Tapi ini agak beda ya, Pak sama yang di Borobudur. Kalau ini, kan ke-blok semua bangunannya, kalau Borobudur kan ada lubang kotak-kotaknya." Pikir Zahira.

"Lubang hati." Sahut Gilbar.
Sekarang gantian Zahira yang kaget sampai membulatkan matanya.

" Itu judul lagu, Zaa. Lagunya letoy." Gilbar tersenyum lebar.

"LETTO, Pak!" Koreksi Zahira agak nyolot.

Gilbar  tertawa ringan. " Iya tahu. Ngetes aja. Ternyata kamu masih fokus."

"Jadi gimana, Pak?"

"Lagunya?"

Zahira kesal tertahan sambil menunjuk gambar di ponsel Gilbar. " Ini kenapa beda sama yang di Borobudur?"

"Oh itu, kan udah diubah, Zaa." Jawab Gilbar simpel.
Gampang sekali Gilbar menjawab, sedang Zahira susah sekali memikirkan itu. Bukankah sudah didiskusikan tadi.

"Kok bisa ya ketinggalan? Padahal jin loh yang pindahin," heran Zahira.

"Mungkin sengaja ditinggal biar jadi   bukti bahwa Al Qur'an benar mengenai pemindahan itu. Dan cara Allah membuktikan adalah dengan menjaganya."

"Untuk setiap kabar ada faktanya, dan nanti kamu akan mengetahuinya." Al Qur'an surat al-An'am ayat 67.

"...dan tuhanmu, maha pemelihara segala sesuatu." Qur'an surat Saba ayat 21.

"Gimana kalau sebenernya istana Ratu Balqis itu ada di Yaman?" Zahira bertanya lagi.

"Tapi potongan stupanya di Candi Ratu Boko, Zaa."

"Ya bisa aja kan potongan stupa yang itu mrucut¹ di tengah jalan saat pemindahan?"

"Mrucut?" Gilbar menautkan kedua alisnya.

mencarimu lewat ISTIKHARAH menemukanmu dalam DHUHA (SEASON1)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang