Malam hari, aku bercerita tentang kerjaanku kalau dirumah jakarta.aku menceritakannya diruang tv, aku menceritakan sambil nyemil cemilan yang aku simpan di dalam lemari sambil memuaskan hati karena tvnya dinyalain yang biasanya selalu dikerubungi semut karena antenannya dilepas, ya ceritanya biar aku tidak nonton tv.
selagi aku bisa nonton tv remot tv aku yang pegang dan aku langsung nonton sinetron yang selalu nomer satu dalam hatiku.
“vi kamu kalo dirumah kerjaan kamu ngapain aja”
“ya pasti nonton korea,sinetron pasti itu kan”
“pandai sekali kak ardan ini bisa menebak apa yang aku kerjakan”
“gimana nggak tahu ayah kamu aja malem-malem sebelum kamu kesini aja cerita semua tentang kamu”
“oh ya? pa kata ayahnya viba kak?”
“katanya viba pemalas,adanya makan tidur nonton korea, sinetron sampai hafal semua sinetron yang ada di layar televisi, tukang berhayal, sukanya nebak-nebak nggak jelas , sukanya ngomong sendiri, terus apa lagi ya? Banyak banget pokoknya, wah nggak punya pengalaman dilur rumah paling Cuma kalo kemall bahkan sama tetangga sebelah rumahnya aja nggak kenal”
“iya itu lah kerjaaan aku makannya saat aku disini kaget kerjaan ku banyak banget cuci baju sendiri apalagi cucinya pakek tangan, sampek tanganku serasa udah keriting”
“tapi kamu disini udah mayan mandiri apa lagi pas kita kemah kemarin pasti kamu dapat pengalaman baru yang banyak kan?”
“ya si”
“aku diceritain ayah mu katanya gini masak saat viba lagi duduk di depan teras rumah terus, ada orang yang dateng lalu tanya sama viba tanya rumah mbak santi terus viba jawab santi siapa? Saya nggak kenal sama mbak santi, padahal mbak santi itu yang setiap hari ngelondryin baju viba padahal rumahnya didepan rumah tapi nggak kenal akhirnya ibunya viba dateng dan nunjukin rumahnya”
“iya pas itu aku kan nggak kenal”
“kamu tu yang aneh masak yang tiap hari ngelondry baju kamu aja nggak kenal”
“ salah siapa nggak kenalan aku kan kalo dateng ke londrynya Cuma pangil mbak mau ngelondry dah gitu dong jadi aku nggak kenal”
"kamu tuh ya"
"Makannya besok kalo mau buka londry dan orangnya pengen terkenal buat sepanduk londry Mbak Santi tulisannya yang besar biar orang-orang bisa baca" Ardan dan amanda tersenyum kecil dan menggelengkan kepalanya
***
Setelah beberapa waktuku ku habiskan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan dilingkungan rumah ardan dan amanda. Ini adalah hari yang ke berapa pun aku lupa hari itu aku baru tahu bahwa mereka, ardan dan amanda memiliki konveksi, aku tahu karena pagi itu ardan entah pulang dari mana dia bawa gulungan kain yang jumlahnya mayan banyak didepan rumah.
“kak kok banyak gulungan kain buat apa?”
“buat pakian dong buat apa? Buat bungkus kamu?
“kak ardan tuya kalo ditanya pasti jawabannya nggak ngenakin”
" Ya kali mau tambah entah kasih gula kan nanti enak!!"
“man kok banyak gulungan kain buat apa?”
“buat di konveksi”
“konveksi? Konveksinya siapa?"
“aku sama kak ardan dong siapa lagi? Mbak-mbak tukang soto??"
“wah kalo bercanda keren banget”
“siapa yang bercanda emang kamu pikir, selama kamu tinggal disini kau makan beli ini itu pakek uang siapa uang kak ardan dari usah konveksi kali masak dari pohon”
“kok kalian hebat banget udah punya konveksi, aku kok baru tahu si”
“ngapain kasih tahu kamu nggak ada untungnya buat apa,kan kalo kamu dirumah ada untungnya jadi ada yang beres-beres rumah masak dan lain sebagainya.”
“kamperet....”
Setelah aku tahu itu aku bantuin mereka untuk mengangkati gulungan kain itu dari mobil. dan setelah selesai kita duduk diruang tamu dan menanyakan bagaimana awal mereka merintis bisnis mereka.
Mendengar cerita mereka aku benar-benar iri dengan kondisi mereka yang seperti itu mereka masih semangat untuk menjalani kehidupan ini. Bahkan jika aku ada di posisi mereka aku mungkin sudah nggak tahu harus ngapain, tapi mereka benar-benar sangat hebat.
Panjang lebar berbicara dan bercerita dengan mereka dan aku ingin mencoba belajar dengan mereka seperti apa pekerjaan mereka itu aku ingin ke konveksi mereka dan belajar membuat pakaian dan lainnya.
ya itu salah satu perubahan ku juga aku memiliki rasa ingin tahu dan ingin belajar yang sebelumnya aku tidak pernah memerdulikan papun yang orang disekitarku lakukan karena aku hanya berpikir “ mereka, ya mereka urusan mereka ya bukan urusan aku, aku nggak peduli dan nggak mau tahu apa yang mereka lakukan, aku ya aku urusan ku ya aku yang tangguang sendiri dan urusan aku bukan tanggungan mereka untuk ikit campur”
***
Malam hari mbaknya yang menemuiku saat siang bolong itu datang kerumah dia datanag saat ardan dan amanda pada dikamar.
"Duk,Duk,duk.... assalamualaikum "
"Iya, waalaikumsalam, eh mbaknya yang waktu itu, ayo masuk"
langsung aku Jak dia ke ruang tamu dia membawakan makanan yang namanya getuk aku baru sekali melihatnya dan baru pertama mendengar nama makanan itu ternyata enak rasanya,ada krupuk goreng wedi, gelek, sumpil, klepon dan aku merasa aneh sekali dengan makanan itu katanya lalu sumpil, terus kripik terus apa lagi gitu makanan khas kaliwungu.
“mbaknya ini aku bawain makanan khas kalo yang ini khas mana aku juga kurang tahu”
“makanan khas?"
“iya k..h..ass..”
“ya biasa aja kali nggak usah gitu mulutnya”
“ya biar jel...las...”
Karena mbaknya itu baik aku mencoba berkenalan dengannya ternyata dia juga salah satu karyawan dari konveksi “mada” itu nama konveksi amanda dan ardan.
“mbaknya itu kok datang malam-mlam si?”
“kan saya kelalawar kalo pagi sampai sore kerja kalo malam keluyuran hahah..”
“ kelelawar kali” senyumku dan mengelengkan kepala “bukannya kelelawar kalo pagi sampai sore tidur kalo malam cari makan”
“kan aku kelalawar bukan kelelawar”
“oh iya ya kelalawar” lanjutan bicara” ngomong-ngomong mbaknya kerja dimana?” tanyaku sambil makan getuk bawaan mbaknya
“aku kerja di Mada konveksi”
“ mana tu?”
“ masak nggak tahu konveksinya bos ardan sama bos..manda”
“oh nama konveksinya MADA,aku aja baru tahu kalo mereka punya konveksi tadi pagi-pagi pas kak ardan bawa pulang gulungan kain”
“oh gitu kasian banget nasip sampena mbak (oh gitu kasihan banget nasip kamu mbak)"
“kampret” sambil nyubit lengan mbaknya yang duduk di sampingku
“ah udah lah aku balik dulu yo, suwi-suwi aku neng kene awakku loro kabeh di jiwiti( ah udah lah aku balik dulu ya, lama-lama aku disini badanku sakit semua di Cibitin)"
“o... pancen kampret tenan( o..memang kampret beneran)” ucapku sambil mau cubit mbaknya, malah udah lari sampek pintu” awas aja kamu mbaknya sampek ketemu lagi sama aku aku cubit-cubit sampek biru kalo perlu mbak-mbaknya” ucapku sambil mengunci pintu “tapi baik juga bawain makanan tahu aja tu mbaknya kau laper, habisin ah” ucapku sambil ambil makanannya dimeja tamu.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
TERLALU! [ END ]
HumorSesuatu yang dipaksakan itu tidak baik, tapi jika untuk kebaikan?. Bersulit-sulit untuk bersenang-senang!. Karya 2019 Aminah Hanima