Kalian tahu penyortiran kepribadian berdasarkan zodiak, golongan darah, asrama Harry Potter, arti nama, dan lain—lain. Bersiap—siaplah untuk memperluas ilmu psikologi kalian!
//apa sih.
//Yang punggungnya dinaikin teddy bear bersemangat api, silakan baca. Yang kepalanya ditemplok koala gamer, silakan skip.
MBTI atau Myers—Briggs Type Indicator adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.
Dalam Tes MBTI ini, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia:
Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)
Dimensi memahami informasi dari luar : Sensing (S) vs. Intuition (N)
Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
Dimensi pola hidup : Judging (J) vs. Perceiving (P)
Berdasarkan dimensi dasar tersebut dihasilkan 16 tipe kepribadian manusia yang merupakan kombinasi dari 4 dimensi dasar tersebut. Kombinasi kepribadian MBTI ini adalah:
ESTJ : Extrovert, Sensing, Thinking, Judging
ENTJ : Extrovert, Intuition, Thinking, Judging
ESFJ : Extrovert, Sensing, Feeling, Judging
ENFJ : Extrovert, Intuition, Feeling, Judging
ESTP : Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving
ENTP : Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving
ESFP : Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving
ENFP : Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving
INFP : Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving
ISFP : Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving
INTP : Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving
ISTP : Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving
INFJ : Introvert, Intuition, Feeling, Judging
ISFJ : Introvert, Sensing, Feeling, Judging
INTJ : Introvert, Intuition, Thinking, Judging
ISTJ : Introvert, Sensing, Thinking, JudgingIntrovert [I]
Manusia dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial, lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction. Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis.
Ekstrovert [E]
Kebalikan dari introvert, kepribadian ekstrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, dengan banyak interaksi dan aktivitas sosial. Tipe kepribadian ini lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, mudah bosan dengan kesendirian, dan lebih senang bercerita daripada mendengarkan. Keunggulan dari tipe ekstrovert adalah kepercayaan diri antusiasme yang tinggi, mudah bergaul, aktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.
Sensing [S]
Seorang sending menilai bahwa apa yang dilihat, didengar, dicium, diraba adalah dasar baginya untuk mencari, menghadapi dan memahami informasi yang didapatnya. Baginya, fungsi indrawi sebagai alat ukur nyata dalam memandang situasi. Ia lebih yakin dengan bukti konkret, fakta yang terlihat, dan apa yang dialaminya secara langsung. Ia lebih suka dengan hal-hal praktis untuk menghasilkan sesuatu yang rill sehingga lebih cermat dalam mengamati hal-hal dari sebuah informasi.
Orang dengan tipe diri ini juga melihat hal-hal fisik daripada metafisik.Dalam mengalasis malasah, ia akan menguraikan berdasarkan pengamatan pada peristiwa yang terjadi dilapangan dan selalu memperhatikan tata tertib yang berlaku dalam lingkungannya.Baginya, pengalaman menjadi pegangan yang kuat untuk menghadapi situasi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Desime Diaries
RandomTeori, pendapat, one-shot, imagines, dan lain-lain dalam tema Deadly 7 Inside Me. Ikuti terus goodies berupa karya tulis yang menanti kalian, para penggemar Desime.