Disinilah mereka sekarang, di pendopo di rumah Nala.
Awalnya Nala menolak, karena dia sendiri sudah muak harus membahas hal yang sama seolah hal ini ga akan berkesudahan, tapi Hanan maksa cewek itu dan akhirnya dia mau.
“Lo mau nanya apalagi, sih? Apalagi yang bikin lo penasaran tentang perasaan gue ke lo? Apa kurang jelas? Oke, gue ulangi gue suka sama lo, dari MOS dan sampai sekarang. Gue lagi dalam tahap selanjutnya buat lupain lo, gue mau berhenti dari perasaan yang kaya gini, gue-
“Bukan itu yang pengen gue dengar,” ucap Hanan sambil nurunin tali tasnya, laki-laki itu menatap lekat ke arah Nala, lalu kembali melanjutkan,
“Kenapa lo mau berhenti? Kenapa lo berpikir buat melangkah jauh dari gue?”
Terimakasih kepada Hanan dan kata-katanya yang sanggup membungkam bibir Nala, cewek itu kehabisan kata-kata untuk sejenak, dia nunduk dan kembali menyesali kenapa dia setuju buat ngomongin ini sama Hanan.
“Karena gue mau logis.” Walaupun nunduk, Hanan bisa liat air mata cewek itu turun perlahan, membasahi wajah lelah Nala, kembali ngebuat cewek itu terluka,
“Apa suka sama gue sesuatu yang ga logis, La?” mendengar itu Nala langsung mengangkat wajahnya dan menatap Hanan dengan senyuman terbaik yang dia punya.
Tapi yang Hanan liat saat itu cuma senyum yang dipaksakan.
“Di masa lalu tuh ada masalah apa sih sama hidup lo sampe bikin lo berkepribadian menyebalkan kaya gini, hah? Liat lo dengan tampang kaya gini bikin gue pengen jambak rambut lo tau ngga,” Nala ngusap air matanya kasar, ga jadi nangis jadinya malah kesel sama sikap cowok itu yang berubah-ubah. Awalnya jahat banget tuh sama Nala, lalu cuek dan ga peduli, eh sekarang malah bahas ini terus seolah-olah dia peduli aja sama perasaan cewek itu.
Bikin Nala pengen banget ngubur cowok itu saking keselnya.
“Loh kok jadi marah? Ini gue lagi serius Nala, gue kaya gini tuh ngehargain perasaan lo tau gak?”
“Ga tau dan ga mau tau. Lagian kenapa tiba-tiba lo sok peduli gini? Kemaren-kemaren ga ada tuh kaya gitu, adanya lo ngecengin gue sampe bikin gue kesel.”
“Kemarin bunda ngasih wejangan ke gue, bunda juga udah tau gue putus sama Naya, padahal udah dua minggu dan gue baru bilang kemaren. Dia bilang gue hebat karena bisa ngehargain perasaan Naya, saat itu juga gue keinget bahwa gue ga sehebat itu, karena gue sama sekali ga menghargai perasaan lo untuk gue.” Nala diam, dia sibuk mainin bulir air di gelas esnya, denger kata-kata Hanan tadi bikin dia ngerasa sedikit bersalah.
“Suka sama lo logis, kok. Cuma keadaan yang kaya gini susah banget buat gue ga makin jatuh ke lo, lo yang tiba-tiba peduli benar-benar ga membantu sama sekali, Nan. Gue gamau langkah selanjutnya makin berat buat gue jalani.”
“Gue minta maaf atas sikap gue.”
“Ini juga salah satu alasan gue berhenti, Nan.”
“Apanya?”
“Tentang lo, tentang gue, tentang usaha gue dan tentang kemungkinan. Gue berhenti karena lo dan gue itu sebuah ketidakmungkinan, sepertinya. Inget kata-kata gue waktu itu, ga? Mungkin gue akan bahagia dengan jalan gue, pun juga lo. Walaupun nantinya jalan itu jalan yang berbeda. Itu yang bikin alasan gue berhenti semakin kuat, karena dengan gue makin jatuh sama lo, gue makin memperumit semuanya.” Nala kembali mainin embun di luar gelasnya, ntah kenapa semuanya kerasa salah aja, khusunya sikap Hanan yang tiba-tiba ini.
“Kalau gue minta lo buat jangan berhenti, gimana?”
Nala melotot kaget denger cowok itu, tuh kan Nala makin yakin kalau ada yang salah sama cowok itu.
“Ih, lo kenapa, sih? Kepala lo abis kebentur sesuatu?”
“Katanya ga baik memaksakan sesuatu, La. Maka dari itu gue minta lo tunggu gue, tunggu gue buat bisa balas perasaan lo, tunggu gue, La. Gue mau biarin waktu yang bawa gue yakin atas perasaan gue ke lo.” Hanan menepikan gelas yang menjadi atensi Nala yang ngebuat cewek itu mau ga mau liat ke arah dia.
“Perasaan yang mana?” Nala menatap wajah Hanan, gurat lelah masih terpancar dari wajah lelaki Aksara itu, walaupun gitu, dia bisa liat Hanan sekarang benar-benar dalam mode serius.
“Perasaan gue ke lo, lah.”
“Lo lagi ngelucu apa gimana? Baru dua minggu putus dari Naya, lo udah ngomongin perasaan lo ke gue? Nan, rasa suka gue ke lo jangan dibikin ajang kasihani gini lah. Gue ga minta itu,” ucap Nala yang mulai ngerasa tersinggung atas sikap Hanan.
“Kalau lo kira dengan membalas perasaan gue adalah bentuk menghargai yang lo sebut, rasanya lo terlalu jahat. Lo jahat sama diri lo yang maksain buat bales perasaan gue, begitu juga sama gue, lo jahat karena lo lagi membangun angan-angan baru buat gue, jangan gini-
“Ya makanya kasih gue waktu, La!” Hanan ngacak rambutnya kesel, letak ga ngertinya Nala tuh dimana, sih? Hanan cuma minta dia buat nunggu, karena Hanan emang mau belajar buat suka dia.
“Gue mau belajar suka sama lo, La. Jadi jangan ngejauh.”
“Atas dasar apa? Dasar lo kasihan sama gue?”
“Atas dasar gue gamau liat lo ngejar gue lagi. Sekarang giliran gue, gue yang harus ngejar lo dengan yakinin perasaan gue ke lo.”
“Lo yakin? Sejak kapan lo mulai ngerasa lo mau belajar buat bales perasaan gue?”
Hening sejenak, sampai akhirnya Nala kembali nunduk. Ngerasa konyol banget, saat Hanan dengan tegasnya bilang dia mau belajar suka cewek itu, tapi nyatanya? Ditanya gitu aja cowok itu diam.
“Tuh, lo diem kan-
“Hari dimana gue sama lo bikin tugas pertama kali, di rumah gue.”
Pikirannya melayang, mengingat kembali memori beberapa minggu lalu saat keduanya kerkom berdua untuk pertama kalinya. Tapi, Nala rasa ga ada yang spesial saat itu,
“Masa iya? Gue rasa ga ada yang spesial tuh,”
“Ada.”
“Apa?
“Bunda suka lo.”
“Hah?”
“Gue mau ceritain asal lo janji sama gue.”
“Janji apa?”
“Jangan ngejauh dari gue, yang gue butuhkan cuma waktu. Waktu buat memastikan, dan waktu buat membuktikan kalau ucapan gue ga pernah bercanda. Tunggu gue, oke?” Hanan beranjak dari duduknya, ninggalin cewek itu dari pendopo tanpa berniat ngucapin apa-apa. Ga lama dari itu, Nala denger suara motor Hanan keluar dari pekarangan rumahnya, hingga tak terdengar lagi.
Meninggalkan Nala dengan segala macam pikiran abstrak dan tanda tanya di kepalanya.
---
page break 12 status : finished.
KAMU SEDANG MEMBACA
intercostal ─2hyunjin
Fanfiction☁ミ✲2hyunjin "nanti kita lihat siapa yang menang, kamu dan kisahmu yang belum usai atau aku dan harapanku yang belum pudar?" ─because at the end, all i need is him to be happy. was #1 : 2hyunjin