٢٤- Ummul Mukminin Khodijah📝

466 57 0
                                    

φ-part ١١٦| Ummul Mukminin Khodijah.
----------------------------------------------
φ-part ١١٧| Hidayah itu mahal, ia dicari bukan ditunggu.
----------------------------------------------
φ-part ١١٨| Luaskan rasa sabarmu.
----------------------------------------------
φ-part ١١٩| Wanita yang sholeha menyenangkan hati.
----------------------------------------------
φ-part ١٢٠| Sahabat yang sesungguhnya.
----------------------------------------------

Happy reading:*

بِسْــــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

part 116:

'Ummul Mukminin Khodijah'

Wahai Rasul utusan Allah, tiada lagi harta dan perkara lainnya yang bersamaku untuk aku sumbangkan demi dakwah. Andai selepas kematianku, tulang-tulang ku mampu ditukar dengan dinar dan dirham, maka gunakanlah tulang-tulangku demi kepentingan dakwah yang panjang ini.
-Ummul Mukminin Sayyidatuna Situ Khodijah Al-Kubra-

Oleh : Prof. DR. As-Sayyidi Al-Habib Muhammad bin Alwi al Maliki Al-Hasani radhiyallahu'anhu.
=================

لقد رزقت حبها فأن أحب من يحبها

"Saya telah dikaruniakan perasaan cinta terhadapnya (Khodijah). Oleh karena itu, saya mengasihi orang yang mengasihinya". (Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wa sallam).

Diantara kelebihan Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha, yang lain yang diriwayatkan dari pada imam-imam ahli hadits yang muktabar didalam kitab-kitab sunan, sirah dan atsar, bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, sering menyebut-nyebut nama Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha dan menceritakan di khalayak ramai tentang kebaikan dan keelokan Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha.

Baginda shallallahu'alaihi wa sallam, juga sering memuji Sayyidah Khodijah dengan pujian yang indah, memohonkan ampunan kepada Allah subhanahu wa ta'ala, untuk Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha dan mendoakannya. Seringkali Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, bercerita tentang kemuliaan, kelebihan dan kesempurnaan Sayyidah Khodijah serta memanjangkan cerita mengenainya tanpa rasa jemu dan bosan.

Apabila Sayyidah Aisyah radhiyallahu'anha mendengar Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bercerita tentang Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha dia merasa cemburu, lalu berkata: "Khodijah itu tidak lain, hanyalah perempuan yang kedua pipinya telah terkedut dan tua. Allah telah menggantikan untukmu dengan yang lebih baik daripadanya: seorang gadis yang masih rupawan".

Nabi shallallahu'alaihi wa sallam begitu murka mendengar kata-kata Aisyah  radhiyallahu'anha itu sehingga tidak bertegur sapa dengannya atas perbuatannya itu. Baginda shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Allah tidak akan menggantikan untuk diri saya dengan yang lebih baik daripadanya, dia telah beriman dengan saya ketika manusia kufur dengan saya, dia membenarkan saya ketika manusia mendustakan saya, dia telah memberi perlindungan kepada saya ketika orang lain menyempitkan saya dan dia telah memberikan anak-anak untuk saya ketika istri-istri saya yang lain tidak dapat memberikan keturunan kepada saya".

Telah disampaikan didalam sebagian Atsar (perkataan sahabat Nabi shallallahu'alaihi wa sallam) yang diriwayatkan dari Sayyidah 'Aisyah As Shiddiqiyah (yang benar) radhiyallahu'anha dia berkata: "Pada suatu hari, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam menyebut-nyebut tentang Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha dengan penuh penasaran. Lalu saya merasa cemburu sehingga terlontar".

WANITA TARIM HADRAMAUT Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang