Gue termasuk kategori beruntung masih bisa dapat jawaban dari beribu pertanyaan tentang masa lalu gue bersama Rian. Kenapa Rian bersikap cuek, tega ngediemin gue, apa alasan pacaran sama Ica, kenapa gak nahan gue ketika gue pengen putus, dan bukan cuma tentang pertanyaan masa lalu sih, ada juga pertanyaan yang gak pernah mengenal waktu. Kaya pertanyaan 'apa Rian masih sayang gue?' entah kenapa pertanyaan itu berlaku disepanjang hidup gue.
Kebohongan gue yang udah bikin kepercayaan Rian hilang, ego gue yang selalu menganggap apa yang gue lakukan baik buat Rian padahal nyatanya cuma baik buat gue, semua adalah pelajaran. Yang perlu diambil hikmahnya dan jangan diulang.
Mungkin banyak orang yang masih bertanya-tanya kenapa masa lalunya bersikap begini begitu atau apa orang di masa lalu masih sering mikirin dan sayang? sama seperti mereka yang mungkin ada yang masih memikirkan dan menyayangi orang dari masa lalu itu. Masih banyak, mungkin sampe detik ini pun mereka belum menemukan jawabannya. Ada yang memilih lupa walau kadang gak benar-benar lupa, ada yang memilih acuh buang jauh-jauh masa lalu, dan ada juga yang memilih membiarkan biar waktu yang menghapuskan. Semua adalah pilihan, manusia punya pilihan masing-masing.
Bagi yang belum mendapatkan jawaban atas pertanyaan di masa lalu. Gue doain semoga cepat dapat jawaban, tapi satu. Tolong terima apapun itu, mau menyakitkan atau menyenangkan.
Pasti sih, kalo jawabnya bikin seneng langsung diterima dengan lapang dada. Ya, sikap alamiah manusia.
Asalkan habis itu cepatlah baikan sama diri lo di masa lalu, maafkan diri. Dan melangkah mantap menyambut hari baru.
"Kamu udah sarapan Nay?" Pertanyaan pertama yang Rian tanyain ke gue pas gue baru keluar dari kos'an.
"Udah, kamu belum emang?"
"Yahh kenapa udah sih? Padahal aku pengen ngajak sarapan bareng."
"Gimana kalo makan barengnya pas malem aja? Hari ini aku harus datang pagi-pagi ke kantor, mau ada meeting sama Bos."
"Oke cuy... Yuk berangkat, Abang Rian siap mengantar sampai tujuan dengan selamat."
Gue cuma ketawa ngakak.
Rian masih duduk diatas motornya. Tangannya ngasih helm ke gue. Rutinitas pagi gue berubah, berangkat kerja bukan naik bus lagi. Mulai sekarang udah naik motor sama Rian, dibonceng lagi. Dan gue selalu suka hal itu.
Pas sampe di depan kantor gue turun dari motor Rian beberapa temen kantor gue pada ngelihatin, abis ini. Kayanya bakal dapet banyak pertanyaan bernada kepo deh.
"Kamu langsung berangkat interview?" Tanya gue ke Rian karena semalam dia ngabarin dapet panggilan interview disalah satu perusahaan di Jakarta.
Rian mengambil helm yang tadi gue pake. "Iya, doain ya biar lancar."
"Pasti aku doain. Kamu yang semangat, aku masuk dulu ya."
Setelah melambaikan tangan gue berbalik badan meninggalkan Rian.
"Naya, kamu gak kelupaan sesuatu gitu?"
Gue berhenti, menoleh kebelakang. perkataan Rian tadi bikin gue mikir keras.
Kelupaan apa ya gue?
"Lupa apa? Aku kan gak nitip hape di kamu."
"Kamu lupa bilang," Rian menahan senyumnya. Tuh kan, dia mah godain gue terus sekarang. "Jangan lupa chat aku ya." Katanya, senyum tipis Rian terlukis diwajahnya.
Gue tertawa pelan. Ternyata Rian masih inget kebiasaan waktu kita masih pacaran dulu, hampir tiap kali gue di anter pulang sama Rian atau Rian anter gue sampe gue naik angkot. Gue emang terus-terusan bilang 'jangan lupa chat aku ya' pas kita berdua pisah karena jarak tempuh rumah yang beda. Padahal gak diingetin pun, Rian gak bakal lupa. Entahlah, itu jadi kebiasaan yang harus gue ucapakan.
Rasanya gue pengen ngucapin makasih.
Makasih ke Mama Rian yang udah melahirkan anak yang manis seperti Rian.
Makasih ke Tuhan karena udah mempertemukan gue lagi sama Rian.
Makasih ke Segala hal yang udah terjadi karena bikin gue banyak belajar.
Makasih ke diri gue sendiri karena udah berusaha keras dalam segala hal.
Dan, makasih ke Rian karena dari dulu sampe sekarang ternyata gue lah yang dia sayang.
*****
Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin~
KAMU SEDANG MEMBACA
RINAY
Teen FictionDari awal emang gue udah jadi bucin. Tapi, gak sadar. Hahaha Cowok kelas 10 yang gak pernah lepas dari topi sekolahnya, mau pas istirahat, ke toilet, ke perpustakaan, ke bagian Tata Usaha, gue gak pernah lihat itu topi lepas dari kepalanya. Mungkin...