"Biasanya gue paling ogah nunggu hujan reda di sekolah. Tapi, lihat lo berdiri di ujung sana. Malah bikin gue berdoa biar hujan lama reda nya."
*****Pagi ini, cuaca mendadak mendung. Matahari yang biasa menampakan diri sekarang seperti bersembunyi dibalik awan. Langit abu, bisa kapan aja menumpahkan hujan tanpa ragu. Cuaca kaya gini emang mendukung banget buat rebahan di atas kasur ditemani dengan selimut tebal dan alunan lagu. Tapi, gue tetep harus sekolah karena ada pengumuman tentang jadwal bimbingan belajar untuk persiapan try out nanti. Gue gak bisa bolos dengan alasan mager, sadar diri sekarang gue udah kelas berapa. Udah bukan waktunya lagi males-malesan kalo pengen dapet hasil akhir yang memuaskan.
Gue merapatkan jaket, rasa dingin menyeruak masuk ketika semilir angin berhembus di lapangan sekolah yang luas ini. Gue pun mempercepat langkah kaki menuju kelas.
Tapi, langkah gue terhenti mata gue menangkap sosok Rian yang berjalan dari arah parkiran. Jaket warna hitam dengan merk Adidas itu terlihat cocok ditubuh jangkung cowok yang berhasil buat gue ngerasa gak karuan setiap malam.
Gue masih gak berani nyapa dan ngajak jalan bareng ke kelas, meskipun ini bisa dibilang kesempatan. Nyali gue masih melempem kalo berhadapan langsung sama Rian, gue memilih jalan dibelakangnya.
"Ada Rian. Rian." Keramaian dari kelas yang berada dilantai dua berhasil membuat gue mendongakkan kepala.
Gue ada di lorong yang menjadi pemisah antara gedung SMK dan SMA, gedung ini saling berhadapan. Kegaduhan dilantai dua yang gue yakini adalah kelas 12 SMK membuat gue percaya apa yang Herna bilang waktu itu benar adanya.
Gue meringis menyadari bahwa cewek yang manggil Rian tadi jauh cantik dibandingkan gue, sedikit gue kasih tau ya... Siswi SMA dan SMK itu beda banget, beda yang gue maksud ini... Beda dari segi penampilan, cewek dari SMK itu udah jago-jago banget moles muka. Make up. Jauh banget sama cewek dari SMA rata-rata cuma pake bedak bayi doang yang ketiup angin dijalan langsung ilang.
Meskipun gak semua, ada juga yang dari SMA jago make up begitu sebaliknya dengan SMK. Cuma kebanyakan cewek SMK terkenal dengan muka yang glowing gak kaya SMA butek-butek mukanya.
"Rian! Rian!"
Entah sejak kapan cewek-cewek itu udah berjajar dipagar. Berlomba-lomba memanggil nama Rian dan berusaha menarik perhatian, mempersembahkan senyum terbaik mereka buat Rian yang sama sekali gak nengok ke arah dimana namanya dipanggil.
Gue yang jalan dibelakangnya pun cuma bisa nelen ludah.
Seriusan? Ini yang didepan gue Rian kan? Rian yang pendiem, Rian yang kalem ternyata banyak juga yang suka. Mana cantik-cantik, gue mah apaan atuh. Pake bedak juga kalo ibu ngomel-ngomel, katanya 'pake aja sedikit. Supaya muka kamu gak terlalu gelap.'
Ricuh suara cewek-cewek diatas masih menyita perhatian gue dan beberapa siswa yang lewat lorong ini pun ikut mendongakkan kepala mereka sebentar. Segala jenis tatapan dari banyaknya pasang mata gak menyurutkan semangat cewek-cewek itu, malahan mereka semakin bersemangat memanggil nama Rian meskipun gak dapet tanggapan.
"Rian baru dateng ya? Bisa dong kasih senyum ke aku." Kata cewek yang rambutnya di kuncir kuda.
Gue geli dengernya. Tong sampah mana tong sampah? Mau muntah gue. Eee... Gue gak boleh gitu, siapa tau tanpa gue sadari gue juga alay kaya mereka pas ngintip-ngintip Rian lewat jendela kelasnya. Ya, tapikan gue gak ditempat umum begini juga kali. Gak teriak-teriak juga, gue bergerilya dan bersembunyi-sembunyi.
Gerakan yang Rian lakukan cuma membenarkan letak topi di kepalanya. Semakin menutupi sebagian mukanya, langkah kakinya dipercepat. Seakan gak mau terjebak dalam situasi memalukan itu, Rian menghilang dibalik pintu kelasnya meninggalkan helaan nafas kecewa dari cewek-cewek yang ada dilantai dua. Koor bernadakan 'Yahhh' mengakhiri pertunjukan yang sempat menjadi tontonan sesaat, Rian berlalu begitu aja tanpa tanggapan sedikitpun.
KAMU SEDANG MEMBACA
RINAY
Ficção AdolescenteDari awal emang gue udah jadi bucin. Tapi, gak sadar. Hahaha Cowok kelas 10 yang gak pernah lepas dari topi sekolahnya, mau pas istirahat, ke toilet, ke perpustakaan, ke bagian Tata Usaha, gue gak pernah lihat itu topi lepas dari kepalanya. Mungkin...