"Bahagia atau tidaknya hidupmu itu kamu sendiri yang memutuskan. Bahagia tidak harus kamu cari tapi bisa kamu ciptakan sendiri"
-Yasmine*Jangan lupa vote sebelum baca
H a p p y R e a d i n g ✨
Menjadi anak pertama bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi wanita. Banyak beban yang harus dipikul di bahu. Anak pertama harus siap sedia saat dibutuhkan oleh orangtua dan adik-adiknya. Kadang mereka sampai harus mengesampingkan urusan pribadi, menekan ego, dan berusaha semaksimal mungkin agar terlihat baik-baik saja.
Yasmine masih memandangi layar laptopnya, padahal sekarang sudah menunjukkan pukul 02.05. Yasmine memang memiliki kebiasaan yang aneh, jika sudah melewati pukul 22.00 maka dia akan susah tidur. Entah kapan kebiasaan itu dimulai, mungkin sejak dia duduk di bangku SMA. Jika tidak bisa tidur, biasanya Yasmine memilih mengerjakan hal lain seperti menyelesaikan koreksi tugas, menulis, atau sekedar bermain gawai hingga rasa kantuk mendera.
Bunyi alarm membangunkan Yasmine dari tidur singkatnya. Diriliknya jam beker yang berada di atas nakas. Hari ini, Yasmine tidak bisa tidur lebih lama lagi karena ada jadwal mengisi kuliah pagi. Yasmine segera bangkit dari tempat tidurnya, menuju kamar mandi untuk berwudhu dan segera melakukan kewajiban paginya. Sebelum berangkat ke kampus, Yasmine memasak sarapan yang simple untuk dirinya sendiri.
🌼🌼🌼
"Jadi, metabolit sekunder adalah senyawa yang tidak esensial bagi pertumbuhan organisme. Senyawa ini tidak diproduksi secara terus menerus, melainkan dalam keadaan tertentu saja. Fungsi metabolit sekunder adalah untuk mempertahankan diri dari kondisi yang tidak menguntungkan. Ada yang bisa menyebutkan contoh metabolit sekunder?" Yasmine mengarahkan pandangannya ke seluruh penjuru kelas.
"Saya, tahu bu" Ujar seorang mahasiswi berjilbab yang duduk di depan.
"Ya coba sebutkan, oiya sebutkan nama dan NIM kamu terlebih dahulu" Ucap Yasmine sembari menatap mahasiswinya itu.
"Nama saya Ayudia Annisa NIM B1A026094, Contoh metabolit sekunder antara lain, terpenoid, fenol, tanin, saponin, dan flavonoid" Ucap gadis berjilbab hitam itu diakhiri dengan senyuman.
"Bagus sekali, contoh-contoh yang dikatakan ayu itu benar, jadi jenis-jenis metabolit sekunder itu sangat banyak. Adanya metabolit sekunder ini dapat menjadi pembeda antara tumbuhan satu dengan yang lain. Kandungan metabolit sekunder ini juga bisa digunakan untuk identifikasi tumbuhan. Nah terus bedanya metabolit sekunder yang metabolit primer itu apa? Ada yang tau?" Yasmine mengalihkan pandanganya ke seluruh penjuru kelas.
Mahasiswa yang duduk di belakang mengangkat tangan "Saya izin menjawab bu."
"Silahkan"
"Nama saya Rio Adrian NIM B1A026081, izin menjawab bu, perbedaan keduanya terletak pada jalur pembentukan dan kegunaanya bu. Metabolit primer memiliki fungsi yang essensial bagi proses metabolisme tubuh, jadi senyawa ini akan dibentuk terus menerus. Contoh senyawa metabolit primer adalah karbohidrat, dan dibentuk melalui proses fotosintesis."
"Wah wah sepertinya kalian sudah paham semua ya, apa ibu tidak usah ngajar saja ya" Ujar Yasmine diakhiri dengan senyum.
"Jangan bu!" Mahasiswa dan mahasiswi langsung memprotes Yasmine dengan lantang.
Jam sudah menunjukkan pukul 08.36 artinya sebentar lagi waktu kuliah akan berakhir.
"Baiklah jika tidak ada yang mau bertanya lagi, ibu akhiri pertemuan pada pagi hari ini, semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum wr.wb" Ucap Yasmin mengakhiri kelas pada pagi hari ini disusul dengan riuhnya keadaan kelas.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pastel Sweater and Mr. Right (Completed 🌼)
Любовные романы[Romance] Yasmine, adalah anak pertama dari empat bersaudara yang semuanya perempuan. Sejak kecil, dia diharuskan hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang tuanya. Dia rela berusaha keras dan mengorbankan segalanya demi kebahagiaan keluarganya...