DELIA PUTRI
Duduk di singgasana kerja. Rendy sedang melihat laporan setiap Controller di tiap cabang. Adalah jabatan Controller yang menangani segala operational administrasi di cabang. Selain tim Sales, Gudang, kepala cabang, Supervisor maupun kepala gudang. Semuanya berada di bawah tanggung jawab Rendy. Controller mengatur mulai dari sisi keuangan, tim penagihan dan juga tim admin (Print PO maupun admin lainnya). Sebetulnya controller, levelnya sama dengan Sales Supervisor, namun bahkan Kepala Cabang di tiap cabangnya pun akan selalu segan padanya.
Semua karyawan jelas memahami resiko jika mencoba melakukan pelanggaran sekecil apapun di perusahaan. Di setiap cabang pun, di tempelkan sebuah informasi dirrect call tim Audit jika mengetahui, mendengar maupun melihat adanya kecurangan di perusahaan.
Perusahaan bisa bertahan bahkan berkembang sejauh ini, karena semua buah dari pemikiran Rendy dari sisi good handling Operational perusahaan. Setelah di lakukan proyek 'Sun Guard' Maka dari itu selama 3 tahun belakangan, sales atau karyawan yang melakukan fraud sudah sangat sedikit terjadi. Setiap tahun tak lebih dari 1 atau 2 orang saja melakukannya dan tidak dengan jumlah yang besar. Paling besar hanya 25 juta saja. Itupun pihak yang bersangkutan (sanak keluarga) melakukan pergantian dari pada karyawan tersebut akan di masukkan ke dalam penjara.
Proyek Sun Guard ini meliputi banyak hal. Salah satunya, adalah system verifikasi piutang tim admin cabang ke semua pelanggan baik yang melakukan pembayaran Cash maupun system TOP. Timbullah pertanyaan dan sempat menjadi perdebatan, mengapa pembayaran cash harus juga di verifikasi ? Tujuannya adalah, dapat mengetahui apakah ada karyawan khususnya tim sales yang melakukan kecurangan dengan mengambil persen untuk memperkaya diri sendiri. Contohnya, jika sales menjual barang secara cash, meminta persetujuan untuk memberikan diskon full dari program perusahaan, namun ternyata diskon tersebut hanya sebagian saja di berikan kepada pelanggan sisanya masuk di kantong pribadi karyawan tersebut. Apalagi untuk pelanggan yang mendapat fasilitas TOP. Setelah 1 x 24 Performa invoice telah di terbitkan oleh Controller, maka admin harus melakukan verifikasi. Karena biasa terjadi, sales akan gali lubang tutup lubang, mencari dana cash untuk menutup piutang yang telah ia ambil dari tagihan toko sebelumnya. Pokoknya banyak kecurangan yang akan terjadi jika dari sisi admin cabang saja tidak menjalankan proyek Sun Guard tersebut.
Maka dari itu, kebanyakan kepala cabang selalu dongkol dengan cara kerja tim Controller & Admin.
Setelah memeriksa laporan Daily Controller, raut wajah Rendy berubah. Kening mengernyit lalu ia membaca ulang laporan yang menyatakan adanya sesuatu yang terjadi di salah satu cabang mereka di Jakarta Selatan.
"Ckckckckck... ada yang mau bermain curang lagi." Gumam Rendy sesaat.
Setelah itu ia memanggil Controller Manager yang menangani wilayah Jakarta dan jawa barat. Adalah Pak Aidil melalui saluran telpon. Kebetulan ruangan para Controller Manager yang berjumlah 6 orang itu berada di lantai 3.
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm Not A Foreign
RomansaKetika dia di hadapkan pada situasi yang bahkan siapapun tak akan pernah memikirkan akan kejadian tersebut. Namun... Kebahagiaan itu hanya seumur jagung saja, dan siapa yang sangka... Semua kebahagiaan yang ia miliki, berubah menjadi mimpi buruknya.