💞 Petualangan Mencari Nama Pena

1.3K 118 64
                                    

Seperti yang banyak orang ketahui, nama pena adalah nama unik sebagai identitas penulis. Bisa diambil dari nama dia sendiri, nama hal-hal yang dia sukai, atau apapun yang nantinya jadi identitas si penulis tersebut.

Onlyana adalah nama pena yang aku buat setelah perjalanan panjang eh pemikiran yang panjang deng.

Berikut nama pena yang pernah aku buat:

1. Rienl23 -> Diambil dari nama asli aku dan tanggal lahir.

Gatau alasannya kenapa dari dulu aku nggak suka kata 'Fit' dari nama aku🤣 tapi semua orang manggil aku fit, kecuali dia, ehe. (Aku benci huruf T dan angka 7) Tapi aku suka keseluruhan arti namaku :))

Punya huruf dan angka yang dibenci juga?

2. Pencillatte -> Ini kusuka banget, lucu aja. Menggambarkan seorang penulis yang sehari-harinya tuh nulis mulu kek orang yang biasa minum kopi.

Dengan nama ini, aku pernah menjuarai lomba yang kalau kalian baca cerita 'Because You Were There' pasti tahu deh.

3. Ada sih tapi aku males bahas karena aneh banget.

4. Onlyana -> Nama terakhir dan paling kusuka. Asal muasal: Karena aku ingin bagian nama aku jadi nama pena, tapi aku butuh kata penghubung yang unik. Dan aku pilih Only. Gak ada alesan awalnya, alesannya muncul setelah aku nemu wkwk.

Onlyana berarti Hanya Ana yang diharapkan akan selalu diingat dengan segala kisahnya yang suka-suka Hanya punya Ana.

Dan yah, aku menyesal mengganti nama Onlyana jadi nama asli di event BWM3 dengan cerita Memorable Chaos.

Bunda Dila (editor belia bentang) nya sih nakutin, "Coba pikir lagi nama penanya, itu bakal jadi nama yang dikenal pembaca kalau tulisannya terbit."

Padahal aku udah ngajuin nama penaku, Onlyana eh kuganti dan nyesel tapi yaudahlah ya 🤣

OoO

Ketika memilih nama pena, kita harus mikirin mateng-mateng. Soalnya nama itu adalah nama yang akan selalu diingat sama pembaca. Kalau tiap cerita beda namanya gimana caranya mau ngebangun nama penulisnya? Dan nama itu jadi hal yang pertama kali dilihat oleh sebagian pembaca. Betul, kan?

Cerita A dari penulis famous.

Cerita B dari penulis baru.

Tulisan mana yang bakal dibuka pertama kali? Jujur 😏 ya yang udah pemes lah. Karena secara nggak langsung narik perhatian, "Emang sebagus apa karyanya." eh, bagus. Keterusan baca :)

Tips membuat nama pena ala Onlyana:

1. Nama yang mudah dieja
Nama yang sulit dieja cenderung lebih mudah dilupakan, karena dibacanya aja susah apalagi diinget. Kalau bisa yang gampang-gampang aja tapi bisa jadi ciri khas.

Aku juga pernah nggak sengaja baca cerita seseorang dan aku nggak inget uname-nya apa karena rumit dibaca :( padahal pengen baca lagi. Judulnya pun aku lupa...

2. Nama yang unik, berkesan.
Kalau kalian merasa nama kalian sendiri udah bagus ya mending pake nama sendiri aja. Lebih mudah diingat lho...

Tapi kalau kalian merasa kurang pede, kek aku. Dan aku pun ngerasa nama aku sendiri kurang menjual aowkwk jadilah aku membuat nama baru yang masih bagian dari nama aku.

Makanya aku nggak pake nama asli dan aku punya alasan lain yang nggak bisa aku kasih tahu.

Oke, begitulah mengapa nama penaku Onlyana dan akan aku gunakan terus untuk semua karya aku.

Sayangnya, di wp itu nggak ada fitur ngehapus akun yang udah lama nggak kepake. Aku pengen make uname Onlyana aja nggak pake tanda (_) tapi ternyata udah ada yang make.

Padahal tu orang nggak muncul-muncul lagi di wp, tapi unamenya tetep aja kedata😂 yaudin aku tambahin (_)

Jadinya Onlyana23

Apa aku ganti aja pake angka? 🤔😂

Edited: Dan jadinya aku ganti aja pake angka aja biar bisa sama kayak instagram wkwkwk

Bandung,

Onlyana
28 April 2020

Post: 29 April 2020
Edited: 2 Juni 2020

Only DiaryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang