Part ini edisi spesial karena aku akan berbagi cerita bukan dari diri aku saja tapi dari orang lain yang juga merasakan hal yang sama sepertiku.
Temen nulis yang nggak nyangka bisa sedeket ini sih. Dia adalah Arsyaaaaaa hilariousy penulis Criticalove di DayDreamProject10!
Aowkwkw nih yang ngerequest pengen aku ghibahin🤣 nongol ya di lapak ini. Aku akan nyeritain dari sudut pandang aku aja dan koreksi yaw kalau salah.
OoO
Kali ini aku pengen bahas ke'gila'an aku menghalu tokoh sampe merasa bisa bertatap muka dengan mereka, curhat, sampe diomelin dan dijudesin kalau mereka nggak suka sama scene yang aku buat.
Terutama Hazel noh sering banget saia berantem ma dia 😂🙊 (Cerita Lovenymous Prince) emang tabokable tuh bocah.
Gatau karena saking menjiwainya menulis atau aku emang rada-rada gitu ya wkwk, tapi beneran ya kerasa aja gitu.
Sesuai judulnya menghalu tokoh, pasti semua pembaca pun bisa menghalu tokoh-tokoh yang mereka baca bahkan bisa merasa sejatuh cinta itu sampe ingin banget tokoh jadi nyata, jadi pasangan idup malah🤣
Tapi nggak semua orang tahu gimana menghalunya penulis, khususnya aku dan Arsya yang aku seneng banget ternyata aku nggak 'gila' sendiri🤣
Jadi gini, mungkin beberapa penulis ketika menuliskan sebuah kisah untuk tokohnya, mereka bisa melakukan apa saja sama tokohnya. Bahkan kayanya mudah banget gitu buat minta voting ke pembaca mau dihidupin apa dimatiin tokohnya?
Heh, bagi aku mereka bernyawa oy🤣 Aku nggak bisa ngebunuh (dibikin mati) satu tokoh kalau mereka nggak mau. Kalau nggak sejalan sama pola pikir, karakter, latar belakang, pokoknya mati tuh bener-bener hal yang nggak bisa secara ajaib aku kabulkan.
Misal di satu part, dua tokoh jadian. Next part satu tokohnya kecelakaan wkwkw karena biar jadi sad ending🤣
Aku nggak bisa nulis kayak gitu...
Karena apa? Karena Tokoh aku itu Hidup. Beneran hidup :)
Pastinya aku yang ngehidupin mereka, tapi seiring berjalannya waktu dan aku makin mengenal mereka, mereka otomatis ngejalanin cerita yang aku kasih.
Aku nggak minta Si A marah kalau dicuekin, tapi kalau karakternya mudah tersinggung ya aku nggak ngapa-ngapain selain menuliskan dia marah. Intinya begitu.
Karena kalau aku memaksakan sesuatu sama mereka, aku nggak akan pernah bisa sreg sama tulisan aku. Pasti aja ada yang ganjel, terus misal udah direvisi tuh dan ada adegan yang keubah dan aku jadi sreg banget. Nah, aku anggap itu keinginan tokohnya.
Bikin aku mikir, "Oh, lo tuh maunya gini."
Eh, yang gue ajak ngomong ngangguk di samping gue :) Aku hepi kalau tokohku hepi.
Tokoh hidup itu orang nyata, kak?
Nggak. Bayangan aja. Namanya juga ngehalu wkwk.
Coba deh kalian bayangin di manapun kalian sekarang, ada ibu kalian di samping kalian lagi bawa piring isinya nasi goreng. Kebayang?
Nah, kayak gitu. Keliatan jelas kan di khayalan?
Tapi lucunya, seringnya tuh aku nggak ngatur mereka mau berekspresi seperti apa atau sedang melakukan apa. Aku tiba-tiba kebayang aja mereka sesuai sifat dan karakter yang udah melekat di tokoh itu sendiri. Jadi bener kayak hidup sendiri 🤣 Rada ngeri emang wkwk
Dan untungnya bukan hanya aku yang kayak gitu aowkwk ada Arsya juga gais...
Aku kalau ngobrol ma Arsya dan lagi bahas tokoh tuh kek lagi ngobrolin orang asli. Dia paling sering bilang, "Aku mau ngapelin Revian."
Iyain aja iyain 😂 karena aku juga suka kedatengan Hazel. Hazel paling sering nongol sih ketimbang tokoh lain di Lovenymous Prince (Karena aku lagi nulis kisah dia).
Terus aku ma Arsya tuh suka kebawa baper sampe nangis gegara kisah si tokoh-tokoh kita sendiri. Makanya nulis tuh lama updatenya. Lama ngerenung dan badmood kebawa sedih sama kisah si tokoh 🤣
Saking hidupnya tuh tokoh jadi ga tega sendiri wkwkwk apalagi Arsya. Udah ga tegaan, nulis kisah yang kek gitu. Kebayang neken batin dia segimana wkwkw🤣
Aku pernah bilang di author note cerita LP, gegara kisah Hazel🤣 aku jadi nggak nafsu makan seharian. Itu beneran :( 😭
Makanya aku suka heran sama yang penulis yang nulis penderitaan si tokoh, tapi bisa cepet banget🤣 Aku nggak bisa. Baru ngebayangin seberat apa penderitaan tokoh pun udah kayak nggak kuat dengernya...
Jadi kalau ada yang bilang, Kak jangan diginiin Hazelnya. Kakak kok jahat banget. Kapan bahagianya kak?
Aku bakal jawab, aku nggak jahat. Aku hanya menuliskan kisah dia :) Jadi jangan pada nyalahin aku🤣
Aku bukan penulis penentu takdir tokohnya, walaupun ya, kadang aku sengaja ngasih masalah yang berat, tapi seringnya si masalah itu udah nempel sendiri sama tokohnya pas di hidup. Pusing saia baca ini🤣
Aku penganut paham cerita digerakkan oleh tokoh bukan alur. Makanya kadang masalah yang sama tapi diberikan pada dua tokoh yang memiliki karakter berbeda ya jalan cerita itu juga jadi beda. Ini yang dimaksud menghidupkan cerita dengan karakter tokoh yang kuat :)
Kalau karakter nggak nyampe feelnya ke pembaca, ya mau alur cerita semenarik apapun bisa kerasa hambar. Beda kalau karakternya udah hidup, sampe pembaca tuh bisa mengira reaksi si tokoh kalau dihadapkan sama situasi-situasi tertentu. Ide cerita sederhana pasti seru buat diikutin.
Makanya, nulis Lovenymous Prince berat banget. Di part-part awal aku stres nulis ini karena dari gaya bahasanya pun aku punya ekspetasi yang tinggi. Pengen puitis, tapi malah bikin saia meringis karena susah merangkai katanya wkwkw.
Jadi beban yang alhamdulillah sekarang udah nggak terlalu kerasa karena udah mau tamat ceritanya aowkwk.
Nah, aku ma Arsya juga punya jam-jam tertentu kapan aja si tokoh bisa nongol. Kalau Arsya pasti malem-malem. Coba ceritain sya🤣
Kalau aku mau manggil tokoh tertentu tuh ya denger aja lagu yang sesuai ma mereka, atau ngulik-ngulik info apapun itu, dan yang paling utama yang wajib harus selalu aku lakukan agar Hazel, Daren, Rara, Keysha, Sherly, Gemma bisa nongol adalah aku harus bikin diri aku sakit hati 😂
Padahal kalau nulis kisah yang lain nggak gini-gini amat, nggak tahu mereka mau munculnya pas aku sakit hati aja.
Kalau udah sakit hati ya ngalir aja gitu buat nulis kisah mereka semua di cerita LP.
Sepertinya sudah kepanjangan dan aku mau bikin part dua! Karena masih ada bacotanku tentang ini aowkwk
Nggak berharap dibaca sih🤣 Karena tau lah alesannya di awal... Tapi makasih kalau tetep ada yang baca...
Love,
Onlyana
Kamis, 7 Mei 2020
Kenapa sempat kutarik ya?😂
KAMU SEDANG MEMBACA
Only Diary
RandomKetika Kata Bercerita~ Hanya tulisan suka-suka milik Ana agar tak lagi sesak di kepala. ©Copyright Onlyana 2020