10 part 1 🐈

3.5K 511 109
                                    

Jaemin adalah anak sulung dari pasangan Lee Taeyong dan Ten... Ten... oh, Ten aja katanya. Oke, yaudah, diulang.

Jaemin adalah anak sulung dari pasangan Lee Taeyong dan Ten aja. Ten ini ya, nama asli yang lebih panjangan sebenernya ada sih, tapi dia bilang gak usah disebut lengkap juga nggak apa-apa. Soalnya juga, tokoh utama kita hari ini ya bukan dia, melainkan anak sulungnya tadi yang udah disebutin namanya. Lee Jaemin.

Jaemin adalah anak kelas 1 SD yang pintar. Dia udah bisa baca, berhitung, terus lancar bicara juga. Buktinya? Sekarang dia lagi asik baca buku di ruang tamu, di deket adeknya yang emang udah rutin banget tiap sore pasti anteng di depan TV, nonton kartun.

Buku yang biasa Jaemin baca itu novel. Kalau misalnya Jaemin bukan lagi baca novel, paling ya buku cerita bergambar, atau ensiklopedia juga lumayan sering. Komik juga nggak jarang sih, tapi dia bilang dia rada pusing sama urutan panelnya baca dari mana ke mana, jadi dia kurang demen komik.

Jadi, dari novel, buku cerita bergambar, ensiklopedia, dan komik, buku apa yang lagi Jaemin baca? Ten, coba tanyain dong!

"Kak, kamu baca apa lagi sih?" Ten akhirnya nanya soalnya berasa ada yang nyuruh dia buat nanya. Dia nyempilin kepala dari belakang sofa yang Jaemin tempatin, mau ngintip, ceritanya. "Buku harian Anne Frank? Apaan tuh."

Bukannya jawab, Jaemin malah cuma bales liatin doang. Barangkali dia mikir, ngejelasinnya bakal rada susah, jadi dia bilang itu buku harian tokoh dunia. Udah. Dan Ten juga jadi nggak tertarik buat nanya-nanya lebih jauh lagi. "Oh, iya. Papa kayaknya pulang minggu depan. Kamu pengen nitip sesuatu gak ke papa?"

"Nitip apa?"

Yeuh, nanya balik. "Apa kek. Makanan, barang, atau apa. Biar nanti sekalian papa beliin."

Hmm... menggoda sih. Tapi Jaemin pikir lagi, dia nggak lagi kepengen apa-apa. Jadi dia bilang, mending coba tanya Jisung aja soalnya dia gak kebayang mau minta apa.

Iya, udah biasa kayak begini. Jaemin itu udah pinter, anaknya juga cenderung kalem, anteng, gak banyak mau. Tapi kadang sifatnya yang begitu juga bikin resah Taeyong, papanya. Saking Jaemin gak pernah ada maunya, Taeyong juga gak yakin sebenernya Jaemin tuh pernah punya permintaan atau keinginan yang biasanya dimiliki anak-anak seumuran dia atau gak sih? Paling banter juga, dia tuh mintanya beli buku baru... Taeyong masih ingat soal cerita akhir-akhir ini. Jaemin minta beli buku soal matematika kelas 2 SD. Katanya, dia pengen belajar perkalian gara-gara di kelasnya udah pernah dikasih soal tentang perkalian tapi dia gak bisa ngerjain.

"Kelas 1 belum sampai perkalian, bukannya...?" itu respon Taeyong di telfon pas dia denger laporan harian dari Ten tentang keadaan di rumah.

"Iya, tapi nggak tau tuh. Aku tanya ke Doyoung, dia malah jadinya nyombongin ke aku, katanya Jeno udah diajarin perkalian malah dari sebelum SD. Aku nanya soal anaknya aja juga nggak. Nyebelin." Ten malah jadi curhatin yang lain. Nggak apa-apa sih. Taeyong seneng malah dengerin istrinya ngedumel. Cuman, Taeyong juga ketimbang dengerin soal proses belajar Jeno yang notabene anaknya tetangga, dia lebih pengen denger soal anaknya sendiri, gimana kabarnya....

Kalau mau disimpulkan sih, Jaemin itu anak pintar yang suka sekali buku dan senang sekali belajar. Walau begitu, dia juga bukan anak kutu buku yang tidak mengenal pergaulan. Dia punya teman-teman yang relatif banyak di daerahnya tinggal. Berkali-kali Taeyong bahkan mendapati Jaemin pasti mulai bertingkah seperti anak kecil pada umumnya selalu hanya saat dia juga dikelilingi anak kecil lainnya. Sepahamnya Taeyong juga, Jaemin paling sering kelihatan main itu dengan Jeno, lagi-lagi anaknya tetangga sebelah, dan Haechan, anaknya pak RT yang rumahnya di sebelahnya lagi. Kedua anak itu, Taeyong perhatikan, sebenarnya sangat bertolak belakang, tapi keduanya tetap bisa membuat Jaemin mengeluarkan sisi anak-anaknya pada mereka.

Mungkin anak yang seperti Jaemin itu memang tipe anak idaman banyak orangtua, tapi Taeyong nggak mau terima gitu aja. Dia pengen juga denger Jaemin merengek minta sesuatu yang sampai bisa membuatnya mencari sampai ke ujung dunia kalau itu artinya dia bisa mengetahui apa yang jadi kesenangan anaknya selain soal buku, buku, dan buku lagi.

Dan kebetulan sekali, di hari Taeyong pulang, Jaemin terus-terusan diam yang lebih diam dari diamnya dia yang biasa. Instingnya mengatakan, Jaemin sedang menginginkan sesuatu.

"Kakak Jaemin, ada apa, kak?" Taeyong menahan semua semangat dalam dirinya yang sebenarnya sudah tumpah ruah. Gak, dia gak boleh keliatan ngebet. Gak boleh juga keliatan maksa. "Coba dong, bilang sama papa, sama mama juga. Kamu kepikiran apa?"

Percakapan ini berlangsungnya di meja makan, pas lagi makan malem. Ten yang lagi nyuapin Jisung sebenernya gak nyadar sama sekali sih kalo Jaemin hari ini ada yang beda sampai Taeyong yang nanya langsung.

Jaemin berkali-kali bilang, "Nggak. Nggak ada apa-apa tuh," tapi Taeyong yang udah bener-bener percaya banget sama insting kebapakannya, nggak bakal ngelewatin kesempatan macam ini gitu aja. Dia yakin banget banget banget, Jaemin ada yang dimauin.

Taeyong terus ngebujuk, bahkan sampai lewat jam makan malem juga dia masih ngekorin Jaemin. Ke ruang TV, ke ruang baca, ke kamar, ke kamar mandi... nggak deng. Tapi iya, Taeyong tetep nungguin di depan kamar mandi.

Aksi Taeyong yang begini tuh juga jarang-jarang, jadi Jaemin lama-lama luluh juga. Pas dia minta Taeyong buat jongkok dan dengerin apa yang mau dibisikin, Taeyong udah bersorak dalam hati, "Iya, apa? Apa? Bilang aja, papa pasti bakal usahain."

Pasti bakal usahain? Duh, denger papanya ngomong gitu tiba-tiba Jaemin jadi enggan. Tapi udah sampai sini, masa dia bilang nggak jadi?

"...mau...."

"Hm? Hm?"

"...cing."

Cing? Kencing? Lah, tadi dia udah dari kamar mandi kok. Kayaknya Taeyong salah denger, jadi dia minta Jaemin ngomongnya lebih keras lagi.

"...mau pelihara kucing."

Oh. Kucing, toh.

Hm? ...Kucing?

Gara-gara Taeyong sempet nge-hang, gak ngebales apa-apa soal omongan dia, Jaemin jadi pengen kabur aja balik ke kamar. Tapi pas banget dia udah mau lari, Taeyong langsung nahan tangannya, "Kucing? Kakak mau kucing?" Jaemin ngangguk. Taeyong mukanya langsung sumringah banget, "Boleh! Kalo kakak, pasti bakal telaten ya ngurusnya! Mama juga kayaknya bakal seneng kalo ada kucing di rumah! Boleh, boleh banget! Nanti papa carikan ya, kucingnya. Kakak mau kucing apa? Himalayan? Persia? Angora? Siam?"

Dalam bayangan Taeyong, kucing yang dimauin Jaemin pastilah kucing yang seperti itu. Kucing ras yang keaslian breeding-nya butuh dilengkapi sertifikat-sertifikat menjemukan. Taeyong sebenarnya gak paham-paham banget sih soal peliharaan, kucing juga salah satunya, tapi seenggaknya yang pernah dia denger tuh ya seperti itu. Cenderung merepotkan, tapi ingat apa yang tadi dia bilang soal keinginan Jaemin? Sampai ujung dunia pun Taeyong akan usahakan!

"Mau... kucing yang di sekolah."

Tapi ya, sekolah Jaemin itu deket, lho. Gak sampe ke ujung dunia. Ras si kucing yang di sekolah itu juga kayaknya bukan dari salah satu ras yang Taeyong sebutkan tadi. Ya! Pasti itu kucing liar yang kotor dan banyak jamurnya. Apa... keinginan Jaemin yang ini tetap akan Taeyong usahakan?

.
.
.
.
.

END Chapter 10 part 1

A/n. Jaemin juara karakter ter-gak stabil versi perfenfikannya tagor 🤪

— 2 juli 2020
Jarak update setahun WKKW

Ada Apa dengan Tetangga? (Nct)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang