Gue lagi di salah satu departemen store di Jakarta. Dari tadi kerjaan gue cuma ngintilin Kak Jev yang sibuk milih-milih barang elektronik.
Iya, niatnya kita berdua bakalan beli kado pernikahan buat Bang Brian. Karena kemarin kita semua di ajak ke rumah barunya Bang Bri sama Kak Sasa yang nanti bakal ditempatin masih kosong banget, akhirnya Kak Jev inisiatif buat kasih kado sebuah kulkas 6 pintu.
Gila emang cowok gue.
"Ra, bagusan yang ini apa yang ini?" tanya Kak Jev sambil nunjukkin kulkas yang warna agak hitam mengkilap sama abu-abu.
"Yang item bagus kak."
Kak Jev menganggukkan kepalanya dan beralih untuk manggil pegawai yang bakal ngurusin pembayarannya. Udah gue bilang kan dari tadi gue cuma ngintilin aja? Sekarang gue udah kayak bocah yang takut kehilangan mamanya saat di mall, megangin jaket belakang Kak Jev yang lagi ngeluarin kartu debitnya.
Setelah nyelesaiin semuanya, Kak Jev kini menggandeng gue untuk keluar dari toko. Berjalan masih terus megangin tangan gue dan berakhir masuk ke McD.
"Lo mau apa?" tanya Kak Jev sambil mencet-mencet menu yang mau dipilihnya.
"Happy meal."
"Kenyang nggak nanti?"
"Kenyang kak."
"Awas ya laper lagi, jangan ngincer maenannya doang."
Gue nyengir ke arahnya. Tau aja dah gue cuma ngincer maenannya.
"Tambahin burgernya lagi ya?"
Akhirnya gue cuma bisa pasrah ngeiyain Kak Jev. Kak Jev itu kayaknya niat banget deh bikin gue gendut. Padahal sendirinya nggak gemuk-gemuk tapi makannya banyak. Lah sedangkan gue? Minum air aja bisa ngembang.
Gue sama Kak Jev duduk di sudut deket jendela. Kak Jev mulai makan begitu juga dengan gue. Kebiasaan gue yang kalo makan harus ngeliat sesuatu entah itu nonton drakor ataupun maen hp kini udah nggak sejak sama Kak Jev. Soalnya kalo ketauan kayak gitu, Kak Jev bakal ngomel-ngomel sampe makanan gue yang tadinya munjung di piring sampe abis nggak tersisa. Makanya gue nggak mau nyari penyakit dan malah jadi kebiasaan sekarang gue makan ya fokus makan aja.
"Kak Jev."
"Hm?"
"Lo gapapa kak nunggu gue? I mean seumuran lo udah pada nikah, lo pasti juga pengen kan nikah?"
Kak Jev mengernyitkan dahinya, "tiba-tiba banget bahas ini?"
"Ya gapapa, gue jadi mikirin pas itu aja."
"Semua orang juga pasti pengen nikah Ra, tapi gue nggak buru-buru kok. Gue tungguin lo sampe lo siap, lo lulus, lo ngejar impian lo, kalo lo udah siap baru kita nikah. Lo mau kan nikah sama gue?"
Gue menganggukkan kepala gue, "tapi apa nggak kelamaan buat lo kak?"
Kak Jev tersenyum sambil ngelus kepala gue, "udah gue bilang gue juga nggak buru-buru. Nikah bukan cuma nikah aja Ra."
"Ada banyak yang harus disiapin, bukan cuma materi tapi kesiapan diri juga. Kalo udah nikah juga udah harus siap buat punya anak, ngurus anak, ngedidik anak, jadi orang tua nggak gampang Ra. Makanya gue juga nggak maksa buat buru-buru."
Gue sedikit terharu sama perkataannya Kak Jev. Sedewasa itu laki-laki di hadapan gue ini. Lagi-lagi gue bersyukur di pertemukan sama Kak Jev yang sebegini dewasanya, sengerti itu soal gue, dan juga sesayang itu sama gue.
Gue tersenyum lalu mengenggam tangan Kak Jev yang ada di atas meja.
"Kak gue sayang lo banget."
Kak Jev tertawa, "pasti lo mau minta es krim kan nih jadi cringe begini?"
Gue memukul lengannya pelan, "gue serius tauu, tapi kalo lo mau beliin es krim ya hayuk."
Kak Jev lagi-lagi tertawa dan menyentil dahi gue pelan. Ia berdiri dan mengambil slingbag gue dan dipakainya sama dia. Iya tas gue dibawa sama dia. Perhatian kecil tapi bisa buat dada gue berdetak lebih cepat. Seberuntung itu gue bisa milikin Kak Jev.
"Yaudah ayuk kita beli es krim."
"BR ya?"
"Kan, ngelunjak lo."
Gue terbahak dan ikut bangun dari tempat gue. Mengejar Kak Jev yang sudah jalan terlebih dahulu. Gue mengaitkan tangan gue pada lengannya, berjalan menuju tempat untuk membeli es krim.
Setelah acara tadi ribut beli eskrim gara-gara repot milih rasa, kini gue sama Kak Jev udah jalan lagi buat ke arah parkiran. Iya kita mau pulang setelah jalan-jalan dan sukses bikin Kak Jev ngeluh capek gara-gara gue seret ke sana sini di drugstore buat beli perlengkapan makeup gue yang abis.
"Tadi karcis parkir sama lo kan Ra?"
"Lah tadi kan udah gue kasih lo kak."
"Lah masa si?"
Kejadian yang sering banget gue alami dan pasti bukan gue aja. Kalian semua pasti pernah ribut gara-gara karcis parkir kan?
Kak Jev sibuk meriksa kantongnya sama nyari di dompetnya. Gue yang masih santai banget makan eskrim ngeliatin dia aja yang kebingungan.
"Tadi kan gue taro di tas lo Ra?"
"Emang iya? Yaudah coba cari."
"Lah kan tas lu? Lu yang cari."
"Tas gue kan lagi dibawa sama lu ya."
Kak Jev menepuk dahinya pelan, "oiya lupa."
"Emang umur nggak ngeboongin sih."
Kak Jev natap gue sinis dan ngubek-ngubek isi tas gue. Dan setelah sekian lama berdiri diparkiran akhirnya itu karcis ketemu juga. Sering banget sih lupa begini.
Waktu itu juga ada kejadian Kak Jev nyariin earpodsnya. Nyari kemana-kemana sampe kamarnya berantakan dan berujung dia nemu lagi nyangkut di telinganya. Mana sewot banget lagi pas nyari. Heran gue tuh.
Baru aja Kak Jev mau nancap gas mobilnya, telponnya yang ada di saku jaketnya kini berdering. Gue nggak tau dari siapa. Kak Jev langsung ngangkat telponnya dan ngomong sama si penelepon. Nggak lama dia kembali naruh ponsel di sakunya dan menatap gue dari samping.
"Mama lagi di Indonesia."
"Mama?"
Kak Jev menganggukkan kepalanya, "ketemu yuk?"
Gue masih diem sambil natap Kak Jev di samping gue. Sejujurnya gue belum pernah ketemu sama Mama Kak Jev. Mama Kak Jev sama Papanya itu tinggal di Argentina. Sama kayak Kak Jev cuma diumur 5 tahun Kak Jev pindah ke Indonesia sampe sekarang. Tapi karena urusan bisnis akhirnya Mama Papanya ninggalin Kak Jev di sini dan kembali ke Argentina waktu Kak Jev SMA kelas akhir.
"Kak, takut."
"Lah kenapa?"
"Nggak pernah ketemu kan."
"Ya makanya sekarang ketemu."
Gue menggigit bibir bawah gue dan menautkan kedua tangan gue. Tangan Kak Jev kini terulur dan genggam tangan gue erat.
"Nggak usah takut, emang Mama gue gigit apa?" kata Kak Jev lalu tertawa.
"Bukan itu ih."
"Terus apa?"
"Terus nanti gue bilang apa aja dong sama Mama lo?"
"Ya bilang aja calon istri gue."
"Kak ih serius."
Kak Jev lagi-lagi terkekeh, "yaudah kayak biasanya aja Ra, tenang gue nanti sama lo terus."
"Beneran ya?"
"Iya sayang."
"Yaudah berangkat ni ya?"
Gue menunjukkan deretan gigi gue. Menganggukkan kepala ke arahnya, "meluncurrr kak."
Kak Jev dengan kekehannya kini mengendarai mobil menuju rumahnya. Dengan tangannya yang tak lepas menggenggam tangan gue, membuat gue lebih tenang dari sebelumnya.
–Tbc.
KAMU SEDANG MEMBACA
My Salty Boyfriend [Day6]
Fanfiction"Sabar kek, gue belom dandan anjir." - Tiara "nggak usah dandan, nanti yang laen pada naksir sama lo." -Jevrandy Started on January'21